Brilio.net - Ingatkah kamu film "berat" apa terakhir kali yang kamu tonton? Bagaimana responsmu? Setelah mencoba merangkai kejadian demi kejadian ternyata ending-nya benar-benar tidak terduga. Otak akan berpikir, speechless, atau mungkin juga ternganga. Ada nama-nama yang khas pandai membuat "film mikir", misalnya Christopher Nolan, Night Shyamalan, David Fincher.

Kalau kamu penyuka film serupa ini, berikut ini adalah list film dengan twist ending yang paling keren, dihimpun brilio.net dari Ranker. Buat yang belum nonton, awas spoiler lho!

1. Fight Club (1999).

twist ending  © 2016 brilio.net

Film David Fincher ini mengisahkan seorang yang depresi akibat insomnia (Edward Norton) yang bertemu penjual sabun macho bernama Tyler Durden (Brad Pitt). Mereka mendirikan klub petarung bawah tanah untuk mendapat pemasukan.

Si pria depresi ternyata menderita dissociative identity disorder. Dua orang ini ternyata orang yang sama. Akhir cerita sang pria menodongkan pistol di kepalanya sendiri untuk membunuh Tyler Durden. Dor!

2. The Sixth Sense (1999).

twist ending  © 2016 brilio.net

Young Cole Sear (Haley Joel Osment) dikejar-kejar oleh bayangan hitam yang dikiranya adalah setan. Dia begitu takut sampai tak berani menceritakan pada siapapun. Hingga psikologis anak Malcolm Crowe (Bruce Willis) mencoba membantu menanganinya. Twist pada akhir cerita ditunjukkan bahwa Crowe adalah sosok setan yang sebenarnya telah tewas pada sejak awal alur film.

3. The Usual Suspects (1995).

twist ending  © 2016 brilio.net

Verbal Kint (Kevin Spacey) menciptakan sosok kriminil yang penuh teka-teki bernama Keyser Soze. Kint mengakali petugas dengan mengarang cerita bahwa ada kejahatan mistis.

4. Seven (1995).

twist ending  © 2016 brilio.net

John Doe (Kevin Spacey) melengkapi misi "seven sins". Setelah membunuh Tracy, dia meminta memaksa detektif Mills (Brad Pitt) yang merupakan suami Tracy untuk membunuhnya. Dia membunuh Tracy karena cemburu dengan kehidupan Mills. Penembakan Mills terhadap Doe merupakan penggenapan dari misi "seven sins".

5. Primal Fear (1996).

twist ending  © 2016 brilio.net

Aaron Stampler (Edward Norton) mengakali pengacara Martin Vail (Richard Gere) ketika menjadi tersangka pembunuhan uskup agung Chicago. Stampler mengaku berkepribadian ganda. Pembunuh uskup adalah sisi lain dirinya yang bernama Roy. Akhirnya Stampler mengakui pada Vail bahwa Roy adalah sosok yang tidak benar-benar ada.

6. Psycho (1960).

twist ending  © 2016 brilio.net

Norman Bates (Anthony Perkins) adalah pemilik motel di tempat terpencil. Marion Crane (Janet Leigh), seorang sekretaris menggelapkan uang perusahaan dan lari sampai di motel tersebut. Letakl twist-nya ada pada pikiran Bates bahwa dirinya (Bates) tak lain adalah sosok ibunya yang pernah dia bunuh beberapa tahun silam.

7. The Others (2001).

twist ending  © 2016 brilio.net

Grace (Nicole Kidman) adalah ibu dua anak yang tinggal di rumah yang gelap dan dingin. Keduanya punya penyakit aneh yang sensitif terhadap sinar matahari. Grace mati-matian melindungi anak-anaknya. Namun ternyata yang tidak disangka, ketiga orang itu adalah hantu. Dua anaknya mati di tangan Grace. Sedangkan Grace menghabisi nyawanya sendiri.

8. Planet of the Apes (1968).

twist ending  © 2016 brilio.net

Film sains-fiksi ini menampilkan Patung Liberty yang rata dengan tanah di akhir cerita. Ada tiga orang astronot yang terdampar di planet asing yang dihuni primata. Mereka berada 2000 tahun di masa depan. Di situ, manusia digambarkan sangat inferior.

9. Memento (2000).

twist ending  © 2016 brilio.net

Leonard (Guy Pearce) adalah orang yang punya kelainan otak. DIa berjanji mengungkap pembunuh istrinya. Dia akan mudah lupa apa yang baru saja diperbuat. Dia mengejar pembunuh yang sebenarnya tidak pernah ada. Apa yang dilakukannya setelah mengungkap kebenaran adalah bagian twist-nya.

10. Jacob's Ladder (1990).

twist ending  © 2016 brilio.net

Jacob Singer (Tim Robbins) kerap mengalami delusi dan halusinasi mengeringan sekembalinya dari Perang Vietnam. Dia meyakini dirinya menjadi kelinci percobaan suatu obat ketika sedang tugas perang. Terungkap bahwa Jacob sebenarnya telah gugur dalam perang namun belum bisa menerima kenyataan.

11. Chinatown (1974).

twist ending  © 2016 brilio.net

Evelyn Mulwray (Faye Dunaway) menyewa investigator J. J. "Jake" Gittes (Jack Nicholson) untuk mengawasi suaminya Hollis Mulwray. Jake ditemui wanita yang mengaku bahwa dirinya adalah Evelyn yang sebenarnya. yang mengesankan adalah ketika terungkap bahwa saudara perempuan Evelyn merupakan putrinya juga. Dan suaminya adalah juga ayahnya.

12. A Beatiful Mind (2011).

twist ending  © 2016 brilio.net

John Nash Jr. (Russell Crowe) adalah seorang matematikawan brilian peraih nobel. Dia bekerja untuk mengungkap kode rahasia negara musuh untuk menjaga keamanan negara. Dia berkutat dengan hitungan matematis. Dia mengungkap konspirasi besar dunia. Ternyata terungkap bahwa itu hanyalah ilusi sebab dia mengalami skizofrenia.

(brl/swh)

(brl/swh)