Brilio.net - Daniel Craig mengenal dunia akting atau dunia seni peran sejak di bangku sekolah menengah. Sejak serius sebagai aktor profesional, Craig sudah beberapa kali tampil dalam film layar lebar. Namun, namanya baru benar-benar terkenal di seluruh dunia saat ia tampil sebagai James Bond dalam film Casino Royale (2006). Sejak saat itu, dia disebut penerus James Bond yang sudah tujuh kali berganti pemain.

Craig disebut sebagai aktor yang memerankan sosok agen rahasia tersebut sebagai aktor terlama selama lima belas tahun. Pencapaian ini lantas tidak membuat Craig bangga. Sebab, awalnya Craig sempat menolak tawaran ini dan bahkan sempat dirayu-rayu oleh Barbara Broccoli, produser film No Time No Die. Bukan tanpa alasan, pilihan menjadi James Bond adalah pilihan yang berdampak pada kehidupan pribadinya.

Film seri ke-25 James Bond, 'No Time No Die' direncanakan rilis pada 8 Oktober 2021 dan menjadi film terakhir dari film yang sudah dimulai sejak 1962 ini. Meski sudah 15 tahun menjadi sosok James Bond, tak banyak orang tahu siapa sebenarnya Daniel Craig sehingga bisa mendapatkan peran tersebut.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (23/9), berikut sembilan fakta unik Daniel Craig sang James Bond.

1. Daniel Craig adalah seorang pemain rugby.

fakta unik Daniel Craig berbagai sumber

foto: imdb.com

Punya badan yang cukup ideal sedari remaja, Craig muda adalah seorang penggemar olahraga rugby saat di bangku sekolah. Tak lama setelah itu, Craig sempat bergabung dengan Hoylake Rugby Club, sebuah tim rugby amatir di dekat tempat tinggalnya, Hoylake, kota tepi laut barat Inggris Raya. Olahraga tersebut kemudian ia tinggalkan pada usia 16 tahun untuk pindah ke London mengejar mimpinya yang lain.

2. Masuk seni peran mulai usia 14 tahun.

fakta unik Daniel Craig berbagai sumber

foto: imdb.com

Selain gemar olahraga rugby, Craig muda adalah seorang pencinta seni. Hal ini lalu membuatnya mulai berakting pada usia 14 tahun, membintangi teater sekolah menengah yang mengambil tema 'Romeo dan Juliet' karya William Shakespeare.

Craig punya ambisi serius dalam dunia peran yang membuatnya tergila-gila. Hal ini bahkan membuatnya putus sekolah dan memilih mengikuti audisi National Youth Theatre dan pindah ke London. Setelah diterima di lembaga tersebut, Craig kemudian membuat panggung profesionalnya juga dengan karya Shakespeare yang lain. Ia berperan sebagai Agamemnon di 'Troilus dan Cressida'.

3. Craig pernah bekerja sebagai pelayan.

fakta unik Daniel Craig berbagai sumber

foto: imdb.com

Craig barangkali menjadi salah satu artis Inggris yang memulai kariernya dari level paling bawah. Bekerja sebagai artis dan juga sempat bekerja di National Youth Theatre (NYT), tidak lantas membuat kebutuhannya tercukupi. Craig harus mencari uang tambahan untuk menambal segala kekurangan. Oleh karena itu, ketika tidak sedang bekerja di NYT, Craig sempat pergi ke Spanyol dan Moskow. Di dua tempat tersebut, Craig sempat bekerja sebagai pelayan di sebuah bar dan restoran.

4. Craig belajar dari banyak aktor terkenal.

fakta unik Daniel Craig berbagai sumber

foto: imdb.com

Pada 1988, Craig sempat secara informal hadir ke sekolah musik dan drama Guildhall, sebuah sekolah seni pertunjukan terkemuka dan berlokasi sangat strategis di London. Sekolah yang didirikan pada 1880 ini sudah meluluskan banyak nama besar dalam perfilman Inggris.

Saat Craig hadir, ia belajar bersama orang-orang film yang tak diragukan lagi kualitasnya seperti Damian Lewis, Ewan McGregor, dan Joseph Fiennes. Hal yang menarik, kakak laki-laki Joseph Fiennes, yaitu Ralph Fiennes nantinya akan bekerja sama dengan Craig dalam seri James Bond berperan sebagai Gareth Mallory/M dalam film Skyfall (2012).

5. Satu-satunya pemeran James Bond yang lahir setelah seri James Bond dimulai.

fakta unik Daniel Craig berbagai sumber

foto: imdb.com

Salah satu fakta tak terbantahkan adalah bahwa Craig adalah satu-satunya aktor James Bond yang lahir saat film seri agen rahasia ini dimulai. Waralaba Bond dimulai dengan film berjudul Dr. No pada 1962. Mulai dari aktor pertama Sean Connery yang lahir pada 1930 hingga aktor sebelum Craig, Pierce Brosnan yang lahir pada 1953, hanya Craig yang lahir pada 1968, saat seri James Bond masih digarap.

6. Aktor terlama yang memerankan James Bond.

fakta unik Daniel Craig berbagai sumber

foto: imdb.com

Daniel Craig menjadi pemegang rekor aktor terlama yang memerankan karakter James Bond dibandingkan aktor-aktor sebelumnya. Sean Connery memainkan Bond antara 1962-1971 dengan 9 tahun berturut-turut. Sementara Roger Moore menjadi aktor kedua terlama yang berperan dari 1973-1985 selama 12 tahun. Sedangkan Timothy Dalton berada di dua film antara 1987 dan 1989. Aktor terakhir sebelum Craig adalah Pierce Brosnan bertahan 7 tahun, dari 1995 hingga 2002. Sementara Craig yang memulai kariernya sebagai James Bond sudah berlangsung selama 15 tahun sejak 2006 sampai 2021.

7. Tidak menganggap James Bond adalah karier tertinggi.

fakta unik Daniel Craig berbagai sumber

foto: imdb.com

Bagi banyak orang, menjadi pemeran James Bond tampak seperti karier tertinggi dalam dunia peran film. Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi Craig. Bahkan, ia secara terbuka menolak hal itu.

Dilansir dari The Guardian, Produser Barbara Broccoli pernah merayu Craig untuk mengambil peran tersebut dan ia akui cukup sulit. Sebab, bagi Craig, pilihan menjadi James Bond adalah pilihan sulit yang bisa berdampak pada kehidupan pribadinya.

8. Craig adalah ayah baptis Mark Strong.

fakta unik Daniel Craig berbagai sumber

foto: imdb.com

Mark Strong yang dikenal dengan peran Merlin dalam seri Kingman adalah teman baik Craig. Namun, tak banyak orang tahu bahwa Craig adalah ayah baptis Mark Strong. Sampai saat ini, keduanya berteman baik dan sering melemparkan candaan lucu yang membuat mereka tertawa.

9. Pernikahan Craig hanya dihadiri empat orang tamu.

fakta unik Daniel Craig berbagai sumber

foto: imdb.com

Jika pernikahan para selebritis selalu identik dengan keramaian tamu undangan, maka hal itu tidak terjadi pada pernikahan Daniel Craig dengan Rachel Weisz, yang dulunya adalah lawan main di Les Grandes Horizontales pada 1994.

Seperti yang dilansir dari The Guardian, Craig dan Weisz menikah pada 2011 dan hanya dihadiri empat tamu undangan yang bagi mereka inilah definisi keintiman. Selain itu, pernikahan mereka juga didampingi oleh putra Weisz yang berusia 5 tahun, Henry (putranya dengan Darren Aronofsky) dan putri remaja Craig bernama Ella (putri Craig dengan aktris Fiona Loudon).