Brilio.net - Bioskop dewasa ini telah menjadi salah satu destinasi berbagai generasi menghabiskan waktu akhir pekan, entah itu bersama pasangan atau bersama sahabat. Brand Cinema XXI, The Premiere, atau Cinema 21 tentu sudah tak asing lagi bagimu. Semuanya merupakan merek dari jaringan bioskop Cineplex 21.

Tapi pernah nggak sih kamu bertanya-tanya, apa makna angka 21 tersebut dia atas? Atau, dari manakah angka itu berasal? Tahukah kamu angka 21 itu ternyata bermula dari sesuatu yang sederhana.

Sejarah 21  © 2017 21cineplex.com

Kisahnya bermula dari Sudwikatmono, seorang pebisnis asal Solo, Jawa Tengah. Semasa hidupnya, dia pernah menjabat sebagai Komisaris Utama beberapa perusahaan, seperti PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk., PT Indofood Sukses Makmur Tbk., PT Bogasari Flour Mills, dan PT Indika Entertainment.

Pria inilah yang mendirikan Studio 21 pertama di Jalan MH Thamrin kavling 21 pada tahun 1986. Seperti dirilis dari Wikipedia, nama '21' ini rupanya diambil dari nomor kavling gedung yang dipakai sebagai lokasi studio bioskop pertama dibangun.

Loading...

Akan tetapi, ada juga yang menyebutkan bahwa nama itu berasal dari nama sang pendiri. Dalam nama Sudwikatmono terkandung angka tersebut jika dipisah per suku kata, Su-Dwi-kat-Mono. Namun kini, gedung Studio 21 pertama kali itu telah berubah menjadi gedung pencakar langit BII Tower.

Menurut informasi dari @andiraa, gedung itu diputuskan untuk dilepas agar bisa berinvestasi pada Planet Hollywood.