Brilio.net - "Jika hidup hanya sekadar hidup, babi di hutan juga hidup. Jika bekerja hanya sekadar bekerja, kera juga bekerja." Petikan kalimat populer dari Buya Hamka tersebut juga dikutip di dalam Film Buya Hamka. Sosok pemuka agama yang menjadi pendiri Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini memang terkenal dengan pandangan bijaknya di dunia tasawuf.

Buya Hamka © 2023 brilio.net

foto: brilio.net/Millenia Ramadita

Pada Minggu 9 April 2023, perilisan Gala Premier Film Buya Hamka dilaksanakan serentak di 18 kota besar termasuk Yogyakarta. Di Yogyakarta sendiri, Gala Premier diadakan di dalam studio CGV Pakuwon Mall dengan kapasitas mencapai 500 penonton. Menariknya, tata artistik studio dikemas dengan nuansa Minangkabau yang kental, mulai dari panitia yang memakai baju adat Minang sampai photobooth dengan ornamen rumah gadang.

Buya Hamka © 2023 brilio.net

foto: brilio.net/Millenia Ramadita

Menariknya, keluarga dari Buya Hamka juga turut hadir dalam Gala Premier ini. "Kita ada datang bertujuh, kebetulan karena domisili di Jogja jadi saya datang." Ungkap Hisyam, selaku cucu pertama dari Buya Hamka sekaligus ketua Yayasan Keluarga Besar Hamka.

Hisyam juga mengakui bahwa namanya diambil dari nama anak pertama Buya Hamka yang sudah meninggal dunia saat kecil. "Hisyam itu juga nama anak pertamanya Buya Hamka yang sudah meninggal," terangnya. Sudah menjadi tradisi di keluarga Hamka untuk mendaur ulang nama-nama dalam keluarga.

Buya Hamka © 2023 brilio.net

foto: brilio.net/Millenia Ramadita

Menurut pengakuan Hisyam, yang menjadi narasumber utama dalam pembuatan film ini adalah ke-3 anak Buya Hamka yang masih hidup yaitu, Afif, Syakib, dan Azizah. "Kalau saya secara fisik tidak ikut serta, namun tetap membantu dari jauh." tambah Hisyam. Pria paruh baya ini juga tak menyangka besarnya antusias yang diberikan anak muda yang terhadap film ini, "padahal anak-anak ini belum pernah ketemu, paling baca bukunya saja" ungkapnya.

Hisyam juga berharap, film ini dapat menjadi bentuk apresiasi sepak terjang Buya Hamka sebagai salah satu tokoh nasional paling berpengaruh di Indonesia. Film yang dibintangi oleh Vino G Bastian ini menceritakan perjalanan Buya Hamka dari masa remaja sampai akhir hayatnya.

Buya Hamka © 2023 brilio.net

foto: brilio.net/Millenia Ramadita

Ida Farida selaku marketing manager Yasika FM menuturkan, kolaborasi Falcon Picture dan Yasika FM sebagai penyelenggara Gala Premier Film Buya Hamka juga disebut sebagai kolaborasi yang spesial. Kolaborasi tahun ini sangat spesial karena Gala Premier dilaksanakan secara bersamaan di 18 kota, lebih spesial lagi karena Buya Hamka sendiri adalah tokoh nasional Indonesia yang perlu diangkat.

Acara ini mengundang setidaknya 260 mahasiswa UIN Sunan Kalijaga. Selain mendapat kesempatan untuk menonton Gala Premier secara gratis, para undangan juga diberi 1 eksemplar buku berjudul Buya Hamka karya A. Fuadi. Acara tersebut berlangsung sukses dan juga dipenuhi dengan euforia anak-anak muda. Untuk perilisan film resmi bertepatan dengan momen Idul Fitri yaitu 20 April 2023.

magang: Millenia Ramadita