Brilio.net - Geliat industri film Tanah Air kini sudah mulai bangkit setelah mati suri akibat pandemi Covid-19. Hal itu terlihat dari beberapa rumah produksi yang sudah mulai membuat film-film baru untuk para pencinta film Indonesia.

Seperti halnya dengan Ideosource Entertainment dan Paragon Pictures yang bekerja sama dengan Fourcolours Films, akan menghadirkan sebuah film berjudul Losmen Bu Broto. Film ini diadaptasi dari serial berjudul Losmen yang tayang di TVRI tahun 1980-an.

Sutradara Ifa Isfansyah dan Eddie Cahyono dipercaya untuk mendirect film yang mengangkat isu permasalahan zaman sekarang. Proses syuting ini berlangsung sejak 14 Desember kemarin. Mengambil latar di Yogyakarta, syuting ini akan berjalan selama 17 hari.

Aktor Mathias Muchus yang pernah terlibat dalam serial tersebut dipastikan akan membintangi film ini. Namun berbeda dari sebelumnya, Muchus tak lagi berperan sebagai Tarjo. Ia akan bermain sebagai Pak Broto dan beradu peran dengan Maudy Koesnaedi yang memerankan karakter Bu Broto.

Tak hanya Mathias Muchus dan Maudy Koesnaedi, berikut daftar para pemain yang terlibat dalam film ini seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (15/12).

Loading...

1. Maudy Ayunda.

pemain film Losmen Bu Broto © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@maudyayunda

Dalam film ini, Maudy Ayunda berperan sebagai Jeng Sri. Dia merupakan penjaga losmen. Namun akan ada konflik dan dilema untuk Jeng Sri memilih antara losmen atau passionnya di musik.

Pelantun lagu Tahu Diri ini mengaku sangat tertarik terlibat dalam film ini. Pasalnya, Losmen adalah serial yang legendaris dan para pemainnya seakan-akan memberikan nyawa terhadap cerita yang dulu sangat diapresiasi dan sekarang mau diangkat di layar lebar.

"Bangga banget bisa terlibat di project yang sangat bagus. Apalagi pemain-pemainnya sangat baik. Ada Om Mathias Muchus juga yang dulu berperan sebagai Tarjo. Ceritanya juga mengangkat isu yang menurut aku sangat-sangat mensupport wanita, mengangkat isu-isu tentang kemandirian, tentang women empowerment, jadi dari sisi itu, aku jadi sangat senang bisa terlibat di project ini,” jelas Maudy kepada media dalam konferensi pers virtual, Selasa (15/12).

2. Baskara Mahendra.

pemain film Losmen Bu Broto © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@baskaramahendra

Suami Sherina Munaf ini berperan sebagai Tarjo. Di serial Losmen, karakter Tarjo diperankan oleh Mathias Muchus. Baskara mengungkapkan bahwa untuk mendalami karakternya, ia sangat bergantung pada Mathias Muchus.

“Om Muchus juga yang kasih tahu karakter Tarjo seperti apa. Untungnya Losmen ini ada di YouTube, jadi kita bisa lihat langsung karakter Tarjo itu seperti apa referensinya. Akhirnya tanya juga ke Om Muchus kenapa Tarjo seperti itu. Tapi di sini kita mencoba untuk menampilkan karakter Tarjo yang baru, yang lebih modern tentunya sesuai dengan hasil diskusi antara aku, sutradara, dan dengan Om Muchus,” kata Baskara.

3. Maudy Koesnaedi.

pemain film Losmen Bu Broto © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@maudykoenaedi

Berperan sebagai Bu Broto merupakan tantangan bagi Maudy Koesnaedi. Pasalnya, sosok Bu Broto ini sayang dicintai banyak orang. Sosok yang bijaksana dan banyak orang yang merindukan Bu Broto.

Saat publik mengetahui dirinya berperan sebagai Bu Broto, banyak dari mereka yang meminta dirinya untuk mempertahankan karakter Bu Broto dalam film Losmen Bu Broto.

"Yang lucunya itu, beberapa yang respons bilang, 'Mbak Bu Broto-nya jangan dijilbabin ya', 'Bu Broto harus disanggul ya seperti perempuan Yogyakarta'," tambahnya.

4. Mathias Muchus.

pemain film Losmen Bu Broto © 2020 brilio.net

foto: paragon picture

Mathias Muchus merasa bangga bisa terlibat dalam film ini, mengingat ia juga sempat terlibat dalam serial Losmen. Namun bedanya, di film ini, aktor 63 tahun itu berperan sebagai Pak Broto.

Mathias mengatakan tak merasa kesulitan membangun karakter sebagai Pak Broto. Ia juga banyak ngobrol dengan para pemain lain untuk membangun chemistry.

"Saya melakukannya yang tidak disadari, ngobrol ngalor-ngidul itu, upaya kita bangun chemistry, makan bersama, panggil dengan nama peran, bercanda, di luar kamera begitu, agar bisa terjalin emosi," ungkap Muchus.

5. Putri Marino.

pemain film Losmen Bu Broto © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@putrimarino

Hal senada juga diungkapkan oleh Putri Marino yang berperan sebagai Jeng Pur. Putri mengaku sangat tertantang memerankan karakter Jeng Pur yang sangat Jawa.

Untuk memperdalam karakter Mba Pur, ia harus membaca naskahnya berulang-ulang, diskusi dengan pemain lain dan sutradara.

"Terus mencari tahu unsur-unsur tata krama Jawa seperti apa dalam hidup berkeluarga. Sebenarnya nggak gampang buat aku karena karakter Mba Pur ini yang sangat Jawa sekali, secara tata krama dan gesturnya. Ini sangat menantang banget, tapi pelan-pelan aku isi karakter Mba Pur ini dengan semua hal yang aku cari tahu,” ujar Putri.

6. Danilla Riyadi.

pemain film Losmen Bu Broto © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@danillariyadi

Penyanyi cantik Danilla Riyadi juga terlibat dalam film ini. Ia berperan sebagai Kirana yang merupakan sahabat Jeng Sri. Tak hanya berakting, Danilla juga mengisi soundtrack bersama Maudy Ayunda.

Danilla menjelaskan proses workshopnya dilakukan lewat Zoom dan WhatsApp mengingat Maudy masih di luar negeri. Kendati demikian, project ini tetap menyenangkan baginya.

"Pas ketemu kita langsung take tapi masih bisa mengejar waktu dan energi ketinggalan-ketinggalan sebelumnya. Kebetulan lagunya ada aku yang buat, ada Maudy juga, dan ada satu lagunya Mikha Angelo. Tapi semuanya sangat menyenangkan banget,” ucap Danilla.

“Ini duet pertama, tapi langsung dapet sih chemistry-nya kita nyambung di musik dan ini hal baru buat aku juga,” lanjutnya.

7. Erick Estrada.

pemain film Losmen Bu Broto © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@erickestradaindonesia

Erick Astrada berperan Mas Atmo yang merupakan asisten keluarga Broto. Erick sosok yang begitu setia pada keluarga Broto.

8. Marthino Lio.

pemain film Losmen Bu Broto © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@marthinolio

Aktor Marthino Lio berperan sebagai Mas Jarot. Diceritakan dalam film ini, Mas Jarot merupakan seorang seniman. Ia mengaku tak merasa kesulitan berperan sebagai Mas Jarot karena di kehidupan nyata ia memang suka dengan seni.