Brilio.net -  Star Wars menjadi seri film epik dan fiksi ilmiah tentang antariksa yang disutradarai oleh George Lucas. Semenjak dirilis pada 25 Mei 1977, film ini telah menjadi sebuah fenomena budaya dan menghasilkan banyak produksi film.

Puluhan tahun menjadi tayangan yang ditunggu, nggak heran kalau Star Wars selalu memiliki penonton yang bertambah setiap tahunnya. Kalau kamu penggemar film ini, jangan sampai kelewatan setiap episodenya. Apalagi episode IX yang baru-baru ini dirilis: The Rise of Skywalker yang sangat sayang kalau tidak kamu ikuti.

Film Star Wars juga bahkan memenangkan beragam penghargaan dengan kesuksannya. Beberapa penghargaan yang pernah dimenangkan adalah penghargaan untuk sound mixing, visual effects, music original score, film editing, hingga costume design.

Star Wars memberikan efek besar pagi para penontonnya. Tidak hanya sensasi kagum dengan alurnya, film ini juga bahkan sampai diproduksi dalam bentuk buku hingga permainan video.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Akhirnya rangkaian Star Wars sampai pada titik akhir perjalanan. Star Wars: The Rise of Skywalker menjadi momen yang akan dikenang para penggemarnya. Rilis pada 18 Desember lalu film ini menghadirkan pertempuran antara light side dan dark side The Force. Bahkan untuk pertama kali Rey akan berhadapan dengan Kylo Ren, Jedi yang berpaling ke dark side The Force.

Rupanya misi itu tidak mudah untuk Rey karena ia masih dalam proses belajar untuk menjadi Jedu seutuhnya. Ia pun harus belajar sendiri dikarenakan Luke Skywalker meninggal oada akhir film Star Wars: The Last Jedi.

Sementara itu Rey juga dihantui pertanyaan mengenai identitas orangtuanya. Tetapi Rey pun mengaku mengetahui siapa kedua orang tua Rey. Ia mengatakan akan memberi tahu siapa orangtua Rey jika bergabung ke dark side of The Force.

The Rise Skywalker cukup mendominasi bioskop pada bulan lalu. Bahkan sejak trailer perdananya rilis, membuat banyak penggemarnya kaget karena ada adegan Rey sedang menggenggam lightsaber merah sambil memakai kostum bertudung serba hitam.

Sejak Star Wars: The Force Awakens, Rey memang sudah digambarkan sebagai karakter yang jauh dari sisi gelap. Menyadari penampilannya di trailer Star Wars: The Rise of Skywalker bikin heboh, Daisy Ridley pun menyampaikan penjelasannya.

Namun begitu, Daisy hanya membeberkan nama yang cocok untuk penampilan Rey dalam trailer Star Wars: The Force Awakens tersebut. "Itu adalah Dark Rey," katanya di acara talkshow Jimmy Fallon, beberapa waktu lalu.

Namun sayangnya setelah rilis, film ini dianggap tidak sebesar dua film sebelumnya "The Force Awakens" dan "The Last Jedi". Banyak pendapat yang mengatakan film itu mengurangi cerita lama Star Wars. Juga sempat disebutkan, belum ada film Star Wars yang akan dirilis hingga Desember 2022. Doug Chiang, wakil presiden Lucasfilm juga mengatakan bahwa dia sedang mengerjakan ide untuk film baru Star Wars.

Setelah menemani penontonnya selama 42 tahun, Star Wars: The Rise of Skywalker resmi menjadi penutup rangkaiannya. Meski menimbulkan banyak komentar, namun rangkaian terakhir Star Wars ini membuat tak sedikit penggemarnya jadi galau. Ada pula yang berkomentar kalau keseluruhan seri Film ini layak untuk ditonton kembali.

Kalau kamu kelewatan rangkaian episode film Star Wars, jangan khawatir akan kebingungan harus menonton dari mana. Karena ada panduan yang bisa kamu gunakan untuk menikmati tayangan ini.

Coba simak deh urutan film Star Wars berikut ini. Yang pasti bisa bikin kamu lebih paham dan juga nggak ketinggalan setiap detail dalam episodenya. Berikut ulasan brilio.net pada Kamis (9/1) dari techradar.com.

1. Film Star Wars dalam urutan kronologis.

Cara menonton film Star Wars sesuai urutan © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@starwars

a. Star Wars Episode I: The Phantom Menace (set 32 years before A New Hope)

b. Star Wars Episode II: Attack of the Clones (set 22 years before A New Hope)

c. Star Wars Episode III: Revenge of the Sith (set 19 years before A New Hope)

d. Solo: A Star Wars Story (set about a decade before A New Hope)

e. Rogue One: A Star Wars Story (ends moments before A New Hope)

f. Star Wars Episode IV: A New Hope

g. Star Wars Episode V: The Empire Strikes Back (set three years after A New Hope)

h. Star Wars Episode VI: Return of the Jedi (set four years after A New Hope)

i. Star Wars Episode VII: The Force Awakens (set 34 years after A New Hope)

j. Star Wars Episode VIII: The Last Jedi (set 34 years after A New Hope

k. Star Wars Episode IX: The Rise of Skywalker (set 35 years after A New Hope)

2. Film Star Wars sesuai urutan rilis.

Cara menonton film Star Wars sesuai urutan © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@starwars

a. Star Wars Episode IV: A New Hope (1977)

b. Star Wars Episode V: The Empire Strikes Back (1980)

c. Star Wars Episode VI: Return of the Jedi (1983)

d. Star Wars Episode I: The Phantom Menace (1999)

e. Star Wars Episode II: Attack of the Clones (2002)

f. Star Wars Episode III: Revenge of the Sith (2005)

g. Star Wars Episode VII: The Force Awakens (2015)

h. Rogue One: A Star Wars Story (2016)

i. Star Wars Episode VIII: The Last Jedi (2017)

j. Solo: A Star Wars Story (2018)

k. Star Wars Episode IX: The Rise of Skywalker (2019)

(brl/lea)