1. News of the World (2020).

film Netflix perang saudara berbagai sumber

foto: imdb.com

News of the World merupakan film Netflix kisah perang saudara yang diceritakan oleh seorang veteran perang. Film ini mengisahkan saat Kapten Jefferson (Tom Hanks) menyibukkan diri sebagai pendongeng fiksi setelah perang saudara yang pernah diikutinya.

Jefferson berjalan dan keliling dunia ke beberapa tempat. Sampai suatu ketika, ia bertemu dengan Johanna, seorang anak perempuan yang tumbuh di Suku Kiowa, Indian dan tidak dapat berbahasa Inggris. Latar belakang gadis tersebut membuat Jefferson tertarik untuk menelusuri sejarah keluarganya.

2. The Endless Trench (2019).

film Netflix perang saudara berbagai sumber

foto: imdb.com

The Endless Trench merupakan film Netflix kisah perang saudara saat Civil War Spanyol berlangsung. Dalam peristiwa tersebut, Higinio Blanco dan Rosa baru saja melangsungkan pernikahan di tengah kecamuk berkepanjangan. Mereka khawatir terjadi usaha pembunuhan balas dendam karena Higinio seorang Republikan.

Khawatir atas keselamatannya, Higinio dan Rosa pun bersembunyi. Higinio bersembunyi di sebuah lubang di bawah rumah mereka dengan bantuan istrinya. Terlepas dari ancaman penemuan yang terus-menerus, ketika para Falangis mencarinya, cinta pasangan itu membantu mereka untuk tetap tangguh. Higinio menjadi semakin terisolasi di tempat persembunyiannya, tempat ia tinggal sampai berpuluh tahun hingga perang selesai dan sampai amnesti yang dilakukan oleh rezim militer Franco pada 1969.

3. Beirut (2018).

film Netflix perang saudara berbagai sumber

foto: imdb.com

Beirut atau yang juga dikenal dengan judul The Negotiator merupakan film Netflix kisah perang saudara saat Mason Skiles (Jon Hamm) pada 1977 menjabat sebagai Duta Besar AS di Lebanon. Ia dan keluarganya terjebak dalam sebuah perang saudara di negara tersebut. Hal ini terjadi saat Mason ingin bertemu dengan Karim, anak angkatnya.

Namun, agen CIA mencurigai bahwa salah satu anggota keluarga Karim diduga terlibat dalam aksi terorisme di Munich pada 1972. Dugaan tersebut akhirnya terbukti saat pesta keluarga Mason malah menjadi tempat meledaknya sebuah bom dan menyebabkan salah satu keluarga Mason meninggal dunia. Sejak saat itu, ia tak mau lagi pergi ke Lebanon untuk selamanya. Hingga 10 tahun kemudian, Mason kembali ke Lebanon untuk sebuah misi menjadi negosiator dengan teroris yang telah menyandera salah satu warga Amerika Serikat.

4. First They Killed My Father (2017).

film Netflix perang saudara berbagai sumber

foto: imdb.com

First They Killed My Father merupakan film Netflix kisah perang saudara yang terjadi di Kamboja. Film tersebut bercerita saat Loung Ung yang baru saja berusia 7 tahun dipaksa menjadi prajurit anak-anak di Kamboja saat rezim Khmer Merah Pol Pot.

Sementara saudaranya yang lain harus dikirim ke kamp-kamp konsentrasi sebagai tahanan sekaligus menjadi pekerja paksa. Film ini merupakan adaptasi dari kisah nyata saat sebuah perang lahirnya rezim pemerintah yang amat mengerikan.