×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
9 Kreator film kartun anak terkenal, dari Tayo hingga SpongeBob

View Image

0

BRILIO » Film

9 Kreator film kartun anak terkenal, dari Tayo hingga SpongeBob

Mereka tak setenar nama-nama karakter di film kartun karyanya.

30 / 11 / 2018 05:03

Brilio.net - Bukan rahasia lagi sih, akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk menyaksikan serial animasi atau kartun di televisi. Biasanya sejak pukul 05.00 hingga 11.00 WIB beberapa stasiun swasta televisi menyajikan beragam judul kartun. Tak heran bila mulai dari anak-anak sampai orang dewasa akan betah berlama-lama duduk di depan TV.

Nah setiap kali menyaksikan episode yang seru, pernah nggak sih kamu terpikirkan siapa orang-orang kreatif di balik kartun tersebut? Atau siapa orang yang pernah menggambar sebuah komik anak sehingga diangkat menjadi sebuah film atau serial televisi.

Meski nama sang kreator tak setenar nama-nama karakter di film kartun tersebut, namun nyatanya karya mereka selalu abadi dan dicintai seluruh anak diberbagai belahan dunia.

Berikut ini brilio.net telah rangkum dari berbagai sumber, kreator-kreator di film-film kartun ternama di dunia, Kamis (29/11).

1. Tayo - Choi Jong-il.

Loading...

kreator kartun dunia © 2018 brilio.net

Sejak beberapa waktu terakhir, serial animasi Tayo the Little Bus atau yang lebih dikenal Hey Tayo memang tengah disukai masyarakat. Tayo merupakan sebuah bus berwarna biru yang memiliki karakter ceria. Rupanya di balik kesuksesan animasi asal Korea Selatan, ada sosok Choi Jong-il.

Jauh sebelum Tayo, Choi Jong-il juga merupakan kreator serial kartun Pororo the Little Penguin. Sudah bukan rahasia lagi bila dua kartun itu begitu disukai masyarakat.

2. Doraemon - Nobuyuki Fujimoto.

kreator kartun dunia © 2018 brilio.net

Tahun 2015, pecinta kartun Doraemon berduka. Penulis naskah anime dan film Doraemon, Nobuyuki Fujimoto meninggal dunia pada usia 57 tahun. Nobuyuki meninggal setelah menderita tumor di bagian rongga paru-paru di dada bagian atas. Sebelumnya pada akhir 2014, film animasi Doraemon 3D pertama, Stand By Me Doraemon tayang di Indonesia.

Namun meskipun penulisnya telah tutup usia, sampai saat ini serial Doraemon masih ditayangkan di banyak negara, salah satunya Indonesia setiap Minggu pagi. Sesekali ketika tanggal merah, tak sedikit pula Doraemon versi movienya ditayangkan.

3. One Piece - Eiichiro Oda.

kreator kartun dunia © 2018 brilio.net

Kartun tentang bajak laut, One Piece memang digemari banyak orang. Seperti diketahui, sosok di balik kesuksesan One Piece ada Eiichiro Oda. Sejak kecil Eiichiro memang berangan-angan sebagai bajak laut. Saat usianya 17 tahun, pria kelahiran 1 Januari 1974 itu pernah mengirimkan karyanya berjudul Wanted.

Kemudian umur 19 tahun, Eiichiro mulai menggambar Romance Down yang merupakan bagian awal dari One Piece. Nah, Eiichiro sendiri sebenarnya memang mempunyai cita-cita sebagai seorang komikus idolanya, Akira Toriyama.

4. Dragon Ball - Akira Toriyama.

kreator kartun dunia © 2018 brilio.net

Sosok Akira Toriyama tentu tak asing lagi. Ia merupakan seorang mangaka legendaris di Jepang. Salah satu karyanya yang hebat sebutlah Dragon Ball, dan Dr.Slump. Kartun Dragon Ball sendiri seolah tak pernah hilang termakan zaman. Kata 'jurus Kamehameha' juga begitu khas pada serial ini.

5. Detective Conan - Gosho Aoyama.

kreator kartun dunia © 2018 brilio.net

Salah satu kartun yang menceritakan mengenai kasus kriminal dan trik-trik memecahkan misteri, apalagi kalau bukan Detective Conan. Sebagai sosok kreatornya, Aoyama rupanya sudah memiliki ketertarikan menggambar sejak kecil. Ia bahkan bercita-cita sebagai seorang komikus profesional.

Dilansir brilio.net dari merdeka.com, Gosho merupakan mengeyam pendidikan di sekolah tinggi Yuraikuei High School, kemudian melanjutkan ke Nihon University College of Art di Tokyo. Pada musim dingin tahun 1986, Aoyama bergabung di kontes komik untuk siswa mahasiswa. Ia juga pernah memenangkan kontes dan hal itu menjadi awal kariernya sebagai penulis.

6. Pokemon - Satoshi Tajiri.

kreator kartun dunia © 2018 brilio.net

Satoshi Tajiri, pria kelahiran Machda, 28 Agustus 1965, merupakan seorang pembuat animasi Pokemon. Tak banyak yang tahu, semasa kecil Tajiri memiliki kegemaran mengumpulkan serangga diladang. Karena itulah, semua game dan serial Pokemon diciptakan mempunyai alur utama menangkap Pokemon yang dijumpai.

7. Sinchan - Yoshito Usui.

kreator kartun dunia © 2018 brilio.net

Kamu pencinta serial si TK berusia 5 tahun yang gemar menirukan tingkah orang dewasa? Ya, tak bisa dipungkiri serial Sinchan atau Crayon Sinchan memang begitu disukai semua kalangan. Ialah Yoshito Usui, sang lengenda mangaka di balik kesuksesan film kartun satu ini.

Sinchan pertama kali muncul pada tahun 1990 dalam majalah mingguan Jepang bernama Weekly Manga Action. Namun pada tahun 2009, Yoshito meninggal dunia akibat terjatuh dalam pendakian gunung.

8. SpongeBob Squarepant - Stephen Hillenburg.

kreator kartun dunia © 2018 brilio.net

Belum lama ini dunia hiburan anak-anak kembali berduka. Pencipta serial animasi anak-anak SpongeBob Squarepant, Stephen Hillenburg meninggal dunia pada Selasa (27/11) di usia 57 tahun. Stephen meninggal dunia setelah berjuang melawan penyakit amyotrophic lateral sclerosis atau ALS, merupakan penyakit yang menyerang sistem saraf pada sumsum tulang dan otak.

Seperti diketahui, SpongeBob pertama kali ditayangkan oleh Nickelodeon pada tahun 1999. Hingga saat ini, SpongeBob sendiri telah diberi subtitle dalam 60 bahasa. Tak cuma itu, serial ini juga telah menerima berbagai penghargaan, salah satunya Kids' Choices Awards, Annie Awards, Daytime Creative Arts Emmy Awards, dan segudang penghargaan lainnya.

9. Upin Ipin - Burhanudin Radzi.

kreator kartun dunia © 2018 brilio.net

Siapa yang nggak tahu serial animasi Upin Ipin? Serial ini ternyata diproduksi seorang pria yang pernah mengeyam pendidikan di Institut Teknologi Bandung (ITB). Kala itu, Burhanudin bersama istrinya, Ainon menciptakan karakter Upin dan Ipin. Serial ini pertama kali dirilis di Malaysia pada 14 September 2007.

Ainon bukan hanya berperan sebagai penulis saja. Ia juga terlibat menjadi pengisi suara pada karakter di serial ini. Hingga saat ini, Upin Ipin telah ditayangkan dibanyak negera di dunia.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    100%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more