1. Itaewon Class (2020).

film serial Netflix persoalan sosial berbagai sumber

foto: imdb.com

Itaewon Class merupakan film serial Netflix yang mengangkat persoalan sosial Park Sae-ro-yi, seorang mantan narapidana. Selepas menjadi narapidana, Sae-ro-yi membuka bar dan restorannya sendiri untuk menjadi waralaba top di Korea. Sae-ro-yi kemudian mempekerjakan sekelompok orang aneh yang dipimpin oleh Jo Yi-seo yang menjadi manajer restoran dan bersaing dengan Jangga Group.

Setelah beberapa tahun menjalan restoran tersebut, Sae-ro-yi sadar bahwa yang menolong dirinya saat berbagai serangan dari Jangga Group adalah dana tabungan yang ia miliki. Hal tersebut membuat bisnisnya cenderung stabil dan tidak gampang tumbang. Film serial ini menggambarkan bahwa untuk menjadi terbaik, tak peduli dengan latar belakang yang pernah dilalui seseorang, bahkan seorang narapidana juga bisa menjadi seorang pebisnis sukses dengan kemampuan finansial yang memadai.

2. The Uncanny Counter (2020).

film serial Netflix persoalan sosial berbagai sumber

foto: imdb.com

The Uncanny Counter merupakan film serial Netflix yang mengangkat persoalan sosial tentang isu disabilitas. Film yang diangkat webtoon berjudul Daum Amazing Rumour karya Jang Yi ini mengisahkan sekelompok anak SMA yang menamakan diri sebagai Counter.

Kelompok Counter ini bertujuan memburu roh-roh jahat dan masing-masing orang mempunyai kemampuan khusus berbeda-beda. So Mun merupakan pucuk pimpinan kelompok ini sekaligus satu-satunya kelompok disabilitas. Setelah kecelakaan yang merenggut kemampuan berjalannya, So Mun menjadi salah satu manusia super yang punya beragam kemampuan.

3. Extracurricular (2020).

film serial Netflix persoalan sosial berbagai sumber

foto: imdb.com

Extracurricular merupakan film serial Netflix yang mengangkat persoalan sosial dari kalangan pelajar. Extracurricular mengisahkan sekelompok siswa sekolah menengah yang menjalankan sebuah bisnis ilegal. Semua bermula saat Oh Ji-soo menjalankan bisnis terlarang tersebut dan kemudian diketahui Bae Gyu-ri yang juga ingin bergabung menjalankan bisnis tersebut.

Namun, semua berubah saat Seo Min-hee yang juga terlibat dalam bisnis tersebut ditangkap polisi. Bisnis yang awalnya menjadi jalan mereka mencari uang, mulai mengundang banyak petaka. Sejak itulah, petualangan siswa sekolah menengah ini dimulai.

4. Mr Hiiragi's Homeroom (2019).

film serial Netflix persoalan sosial berbagai sumber

foto: imdb.com

Mr. Hiiragi's Homeroom merupakan film serial Netflix yang mengangkat persoalan sosial saat menimpa Ibuki Hiiragi (Masaki Suda), seorang guru seni di sebuah sekolah menengah. Ia sudah bekerja di sekolah tersebut sejak dua tahun lalu. Namun, saat 10 hari sebelum kelulusan, Ibuki Hiiragi berdiri di depan 29 muridnya dan menyatakan bahwa mereka adalah sandera. Film ini berjalan dengan penuh misteri dan menampilkan skandal sekolah yang selama ini ditutup-tutupi.

5. Beautiful World (2019).

film serial Netflix persoalan sosial berbagai sumber

foto: imdb.com

Beautiful World merupakan film serial Netflix yang mengangkat persoalan sosial di sebuah sekolah. Seorang anak laki-laki yang terluka parah karena insiden kekerasan di sekolah dan keluarganya yang mencari kebenaran serta memperjuangkan keadilan atas namanya. Semua bermula saat Park Sun-ho, anak Park Moo-jin dan Kang In-ha mengalami kekerasan dan bullying di sekolahnya sampai membuat anak tersebut hampir bunuh diri dan terluka parah.

Moo-jin yang juga menjadi guru di sebuah sekolah menengah dan In-ha sebagai penjual roti segera melaporkan kejadian tersebut pada pihak berwajib. Tak disangka, pelaku kekerasan tersebut adalah anak dari keluarga kaya dan juga ketua yayasan sekolah. Kedua orang tua Sun-ho berusaha keras agar kasus itu segera diproses dan menolak keinginan pihak sekolah untuk menutup kasus tersebut.