1. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (2010).

Netflix Indonesia adaptasi novel  imdb.com

foto: imdb.com

Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI) merupakan film indonesia yang ada di Netflix. Film yang sudah jadi semacam cult bagi pecinta quote bijak ini diangkat dari novel populer dan terlaris. Film ini disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko, yang tayang di bioskop pada Januari 2020.

Film ini menceritakan sebuah keluarga yang banyak mengandung rahasia. Namun kebahagiaan di keluarga ini hanya sementara. Dalam satu keluarga ini ada tiga orang anak, yang pertama Angkasa, Aurora, dan Awan. Terdapat masalah di dalam keluarga tersebut yang membuat mereka terpecah. Semua anggota keluarga pergi namun hanya Aurora yang tetap di rumah bersama ibunya dan berusaha membawa pulang Angkasa, Awan, dan ayahnya ke rumah.

2. Teman tapi Menikah.

Netflix Indonesia adaptasi novel  imdb.com

foto: imdb.com

Teman tapi Menikah merupakan film adaptasi dari novel karya Ayudia Bing Slamet yang diproduksi oleh Falcon Picture. Film ini sukses menuju box office saat rilis pada 2018.

Cerita dalam film ini merupakan kisah nyata perjalanan cinta Ayudia Bing Slamet yang akhirnya menikah. Awal mulanya mereka berdua hanya bersahabat. Ayudia pada akhirnya jatuh cinta kepada Muhammad Pradana Budiarto atau yang lebih sering dikenal dengan nama Ditto Percussion. Saat ini mereka sudah dikaruniai putra yang bernama Dia Sekala Bumi.

3. Bumi Manusia (2019).

Netflix Indonesia adaptasi novel  imdb.com

foto: imdb.com

Bumi Manusia adalah salah satu karya terbesar yang pernah dibuat oleh penulis Indonesia kelahiran Blora, Pramoedya Ananta Toer yang sering disebut dengan nama Pram. Tokoh Minke dalam film ini diperankan oleh Iqbaal Ramadhan, sedangkan Nyai Ontosoroh diperankan oleh Ine Febriyanti.

Minke digambarkan sebagai sosok pribumi yang penuh privilege dan cerdas daripada golongannya. Melalui interaksinya dengan masyarakat kolonial membuatnya mengetahui adanya sistem yang bersifat rasialis dalam masyarakat. Puncaknya yaitu setelah kematian Herman Mellema, suami Nyai Ontosoroh, datang putusan pengadilan Amsterdam untuk menyita seluruh harta Herman Mellema di Hindia. Tak hanya itu, pengadilan Belanda pun tidak mengakui pernikahan antara Minke dan Annelies, putri Nyai Ontosoroh, karena Annelies masih di bawah umur.

4. Antologi Rasa (2019).

Netflix Indonesia adaptasi novel  imdb.com

foto: imdb.com

Antologi Rasa merupakan sebuah film yang diadaptasi berdasarkan novel yang ditulis oleh Ika Natassa. Dalam film ini mengisahkan tentang 4 sahabat yang saling jatuh cinta.

Terdapat playboy tampan bernama Harris (Herjunot Ali) yang tergila-gila kepada sahabatnya sendiri yang bernama Keara (Carissa Perusset). Sementara itu, Keara justru cinta mati dengan Ruly (Refal Hady). Namun, Ruly justru mencintai Denise (Atikah Suhaime) yang sudah berumah tangga. Cerita dalam film ini semakin rumit ketika harus menyelesaikan konflik asmara sekaligus menyelamatkan persahabatan yang sudah terjalin sejak lama.

5. Mariposa (2020).

Netflix Indonesia adaptasi novel  imdb.com

foto: imdb.com

Mariposa adalah film yang diangkat dari novel populer karangan Luluk Hidayatul Fajriyah yang sudah dibaca sebanyak 100 juta kali menurut laman Gramedia. Novel tersebut menceritakan tentang suatu keromantisan, namun sang sutradara yaitu Fajar Bustomi memasukkan unsur komedi ke dalam film yang diadaptasinya ini.

Mariposa berkisah tentang percintaan yang terjadi antara Iqbal dan Acha. Mereka berdua adalah murid yang berprestasi di sekolah dan saling bersaing di bidang akademik. Akhir-akhir ini mereka sering mengikuti kompetisi dan dari situlah upaya Iqbal mendapatkan cinta Acha dimulai.