Brilio.net - Industri hiburan Korea Selatan kian mendominasi pasar internasional. Tak hanya aksi panggung dan lagu-lagu dari girlband dan boyband, tayangan serial drama Korea juga sangat dinanti jutaan orang dari berbagai negara.

Dengan semakin populernya berbagai judul drama Korea, Netflix sebagai penyedia layanan hiburan terkemuka terus menyuguhkan sederet serial drama dan film Korea untuk para pelanggannya.

Setelah tahun 2020 lalu pencinta K-Drama dibuat heboh dengan tayangan drama The King: Eternal Monarch hingga It's Okay to Not Be Okay, tahun 2021 ini, Netflix mengumumkan deretan film, serial, dan stand-up comedy spesial terbarunya lewat acara See What's Next Korea, melalui live streaming yang turut dihadiri brilio.net, Kamis (25/2).

drama film Korea Netflix 2021 © 2021 brilio.net

foto: Netflix VP of Content Minyoung Kim bercerita mengenai perjalanan Netflix di Korea hingga saat ini

Loading...

Pada acara ini, Netflix VP of Content Minyoung Kim juga mengungkapkan bahwa Netflix memiliki 3,8 juta keanggotaan berbayar di Korea pada akhir tahun 2020. Menyoroti investasi berkelanjutan mereka untuk komunitas kreatif Korea, Kim menyampaikan bahwa tim Netflix akan menghabiskan hampir USD 500 juta di tahun 2021 untuk film dan serial Korea.

drama film Korea Netflix 2021 © 2021 brilio.net

foto: diskusi antara sutradara Kim Eun-hee (Kingdom, Kingdom: Ashin of the North) dan Yoon Shin-ae (Extracurricular) mengenai cerita-cerita yang dibuat di Korea dan ditonton oleh dunia lewat Netflix.

Selain itu, Netflix bahkan mengumumkan produksi film original Korea yang merupakan hasil produksi Netflix sendiri berjudul Carter dan Moral Sense (Working Title).

Film Carter adalah sebuah thriller mengenai seorang agen yang menderita hilang ingatan dan dilibatkan ke tengah misi misterius. Carter yang menggunakan metode one-cut, one-scene ini disutradarai oleh Jung Byung-gil yang kehebatannya mampu menghasilkan berbagai film aksi yang unik. Sutradara Jung mendapat banyak sorotan dari debut filmnya yang berjudul Action Boys, di mana hal ini memungkinkannya mendapat tempat di Festival Film Internasional Vancouver ke-27 serta acara penting lainnya.

Setelah itu, ia juga berhasil memenangkan penghargaan Sutradara Baru Terbaik di Grand Bell Awards ke-50 dan Penghargaan Thriller di Festival Film Fantastis Internasional Brussel ke-31 lewat film Confession of Murder yang keluar tahun 2012. Filmnya di tahun 2017, The Villainess, juga terpilih untuk Midnight Screenings di Festival Film Internasional Cannes ke-70 yang semakin membawa namanya di kalangan sineas internasional.

Kolaborasi sutradara Jung dengan Netflix untuk film Carter diharapkan dapat menghadirkan pengalaman penuh emosi bagi penonton dengan berbagai adegannya yang penuh aksi, berkualitas tinggi, dan sulit dieksekusi.

Tak kalah menarik dengan film Carter, film Netflix berjudul Moral Sense (Working Title) juga punya jalan cerita yang unik. Film Moral Sense menampilkan kisah cinta yang berbeda antara seorang pria dengan selera seksual yang tak biasa dan seorang wanita yang secara tak sengaja mempelajarinya. Diadaptasi dari webtoon populer berjudul sama, sang karakter utama berada dalam situasi yang lucu sekaligus menegangkan saat ia berusaha menyembunyikan kecenderungan seksualnya yang tak biasa dari rekan-rekannya.

Film Moral Sense (Working Title) disutradarai oleh Park Hyun-jin yang sering menghasilkan karya-karya romantis. Beberapa karyanya adalah Like for Likes yang memasukkan unsur romansa ke dalam tren media sosial, serta Lovers of Six Years yang memberikan gambaran realistis mengenai hubungan dua kekasih yang telah berjalan lama.

Kehadirannya diharapkan mampu menyalurkan kemampuan terbaiknya di genre ini agar dapat menghasilkan sebuah kisah romantis yang mendebarkan antara seorang pria dengan rahasia yang tidak ingin diungkapkan dan seorang wanita yang menemukannya.

Selain dua film Korea original Netflix tersebut, masih ada sederet serial Korea lainnya yang bakalan tayang tahun 2021. Apa saja? Berikut bocoran judul serial drama dan film Korea Netflix seperti dirangkum brilio.net dari konferensi pers See What's Next Korea.

1. Move to Heaven.

drama film Korea Netflix 2021 © 2021 brilio.net

Move to Heaven adalah serial original Netflix yang bercerita mengenai seorang pemuda dengan sindrom Asperger bernama Geu-ru dan walinya bernama Sang-gu. Keduanya memulai bisnis pembersihan trauma dan mengungkap berbagai cerita yang ditinggalkan oleh orang-orang yang telah meninggal.

Disutradarai oleh Kim Sung-ho (How to Steal a Dog) dan ditulis oleh Yoon Ji-ryun (Angel Eyes), serial ini berpusat pada tema unik mengenai 'pembersih trauma' yang menyampaikan pesan dari orang-orang yang sudah meninggal dan menceritakan kisah mengharukan dari orang yang mereka tinggali.

Lee Je-hoon, yang dicintai oleh penonton berkat penampilannya yang persuasif dan natural, berperan sebagai Sang-gu, sementara bintang yang sedang naik daun Tang Jun-sang berperan sebagai Geu-ru yang menyampaikan pesan-pesan terakhir dari mereka yang telah meninggal.

2. D.P.

drama film Korea Netflix 2021 © 2021 brilio.net

D.P. adalah serial original Netflix yang mengikuti prajurit tentara Joon-ho, seorang anggota unit 'Deserter Pursuit' yang bertugas untuk melacak pembelot militer dan menghadapi kenyataan para tentara muda yang masih merasa bimbang.

Serial ini diadaptasi dari webtoon karya Kim Bo-tong yang telah dilihat lebih dari 10 juta orang berkat penggambarannya yang realistis mengenai kekerasan dan pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan di militer, serta mengangkat tema yang berbeda lewat 'Deserter Pursuit' (D.P.), sebuah unit polisi militer yang bertugas menangkap para tentara yang meninggalkan pos mereka.

Serial ini diharapkan dapat memberikan pandangan yang seimbang antara ketegangan dan sensasi mengejar para pembelot dari perspektif 'tentara menangkap tentara', dengan penggambaran siksaan mental dan penderitaan orang-orang muda yang memilih untuk melarikan diri.

Aktor Jung Hae-in, Koo Kyo-hwan, dan Kim Sung-kyun berperan sebagai anggota D.P., sementara Son Seok-koo berperan sebagai pejabat militer yang tidak ingin mereka menjadi gambaran kehidupan sehari-hari yang penuh masalah di unit penahanan pembelot.

3. Squid Game.

drama film Korea Netflix 2021 © 2021 brilio.net

Squid Game bercerita mengenai orang-orang yang berpartisipasi dalam sebuah permainan bertahan hidup yang misterius dan berhadiah 40 juta dolar. Penonton akan dibuat hanyut dengan keputusasaan para pemain, serta berbagai pilihan yang harus dijalani mereka ketika terdesak dalam sebuah situasi yang ekstrim.

Ini merupakan serial pertama sutradara Hwang Dong-hyuk, yang karya sebelumnya seperti Silenced, Miss Grany, dan The Fortress berhasil menunjukkan pesan pedih penuh makna tentang masyarakat.

Lee Jung-jae berperan sebagai Ki-hun yang kehilangan pekerjaannya hingga terpuruk, sementara Park Hae-soo berperan sebagai Sang-woo yang terkena masalah setelah menggelapkan dana perusahaannya. Keduanya akan menangkap realita dari mereka yang mempertaruhkan nyawa di permainan bertahan hidup yang berbahaya ini.

menggambarkan kisah orang-orang yang memutuskan untuk ikut dalam permainan bertahan hidup yang misterius dan berhadiah 40 juta dolar.

4. Hellbound.

drama film Korea Netflix 2021 © 2021 brilio.net

Hellbound menggambarkan fenomena supernatural yang dialami oleh orang-orang yang dikutuk ke neraka setelah pertemuan tak terduga dengan malaikat maut. Serial menegangkan ini akan memperlihatkan berbagai peristiwa supernatural yang bukan keajaiban maupun kutukan, kemunculan kelompok agama baru yang menafsirkan peristiwa tersebut sebagai kehendak dari yang suci, serta orang-orang yang mencoba bertahan hidup di tengah kekacauan.

Diadaptasi dari webtoon populer berjudul Hell yang diterbitkan di Naver, serial ini sudah banyak diperbincangkan karena dibuat oleh ilustrator Choi Gyu-seok dari Awl (atau Songgot dalam bahasa Korea) bersama sutradara Yeon Sang-ho yang bertanggung jawab atas alur ceritanya. Serial Netflix ini dibintangi oleh Yoo Ah-in, Park Jeong-min, Kim Hyun-ju, Wo Jin-ah, dan Yang Ik-june.

5. The Silent Sea.

drama film Korea Netflix 2021 © 2021 brilio.net

Siapa yang kangen dengan aktor tampan Gong Yoo? Kamu bisa melihat wajah dan tentu saja aktingnya lewat serial The Silent Sea. Film yang berlatar belakang bumi di masa depan yang hampir kehabisan air dan makanan karena proses penggurunan ini juga dibintangi oleh Bae Donna dan Lee Joon. Mereka berperan sebagai anggota tim dengan misi berbahaya ke bulan atau sering disebut sebagai 'laut sunyi', yang menjanjikan ketegangan untuk para penontonnya.

The Silent Sea diangkat berdasarkan film pendek sutradara Choi Hang-yong yang mendapat sorotan besar di Festival Film Pendek Mise-en-scene ke-13 pada tahun 2014. Sutradara Choi kembali memegang kursi sutradara untuk serial ini dan bekerja sama dengan penulis naskah Park Eun-kyo yang memenangkan Naskah Terbaik untuk film Mother di Penghargaan Asosiasi Kritikus Film Korea ke-29. Tak hanya menggandeng sutradara dan penulis naskah terbaik di bidangnya, film ini juga mendapat banyak perhatian sejak bergabungnya aktor Jung Woo-sung sebagai produser eksekutif.

6. All of Us Are Dead.

drama film Korea Netflix 2021 © 2021 brilio.net

All of Us Are Dead bercerita tentang sekelompok siswa yang terperangkap dalam situasi berbahaya dan mencoba mencari pertolongan dari serangan zombie di sekolah mereka. Begitu diluncurkan pada tahun 2009, webtoon aslinya yang berjudul Now at Our School sukses menduduki puncak tangga di Naver untuk serial webtoon yang keluar setiap Rabu, serta menjadi kata pencarian populer di Naver untuk setiap episode mingguannya.

Serial original Netflix ini disutradarai oleh Lee JQ yang dikenal lewat karyanya yang segar dan sensasional, termasuk serial Beethoven Virus dan Damo: The Legendary Police Woman, serta film Intimate Strangers. Serial ini juga menghadirkan banyak bintang baru yang sedang naik daun dengan kemampuan akting yang hebat dan pesona yang menawan, termasuk Chan-yeong, Park Ji-hu, Cho Yi-hyun, Lomon, dan Yoo In-soo.

7. My Name.

drama film Korea Netflix 2021 © 2021 brilio.net

My Name mengikuti kisah Ji-hu, seorang wanita yang bergabung dengan kepolisian sebagai mata-mata untuk sebuah organisasi kriminal demi menemukan kebenaran mengenai kematian ayahnya. Serial original Netflix ini akan menghadirkan ketegangan dari aksi balas dendam Ji-u dan berbagai kenyataan pahit yang terungkap dalam prosesnya.

Sutradara Kim Jin-min yang sebelumnya menyutradarai Extracurricular, serial yang mendapat banyak perhatian atas penggambaran kenyataan remaja dan masyarakat Korea yang gelap, menjanjikan kisah balas dendam yang dingin dan penuh aksi.

Aktris Han So-hee yang memukau penonton dengan penampilannya di The World of the Married, sekali lagi akan menunjukkan spektrum aktingnya lewat transformasinya sebagai Ji-u. Para bintang veteran, termasuk Park Hee-soon, Kim Sang-ho, Lee Hak-ju, dan Jang Yull, serta wajah-wajah baru yang sedang naik daun, dipilih agar dapat menyajikan penampilan dan cerita yang luar biasa.

8. So Not Worth It.

drama film Korea Netflix 2021 © 2021 brilio.net

Bercerita tentang petualangan masa muda para siswa yang memiliki latar belakang budaya berbeda-beda di sebuah asrama perguruan tinggi. Dibuat oleh Kwon Ik-joon, serial ini turut dibintangi oleh Park Se-wan, Shin Hyeon-seung, Choi Young-jae dari grup K-pop GOT7, Minnie dari grup wanita K-pop (G) I-DLE, dan Han Hyun-min.

9. Kingdom: Ashin of the North.

drama film Korea Netflix 2021 © 2021 brilio.net

Kingdom: Ashin of the North merupakan sekuel sampingan dari serial zombie Korea Kingdom Season 2 yang populer. Episode spesial ini menceritakan kisah masa lalu 'Ashin', seorang pewaris kota Jurchen utara yang ditemui kelompok Lee Chang saat mereka sedang dalam perjalanan ke utara untuk mengungkap kebenaran di balik tanaman yang dapat membangkitkan orang mati.

Gianna Jun, yang sempat menimbulkan kehebohan setelah muncul di akhir musim kedua, berperan sebagai Ashin untuk mengungkap cerita yang telah ditunggu-tunggu oleh semua orang. Aktor Park Byung-eun yang berhasil meninggalkan kesan lewat perannya sebagai kepala Komando Kerajaan Min Chi-rok juga akan muncul di episode spesial ini.

drama film Korea Netflix 2021 © 2021 brilio.net