Brilio.net - Drama seri produksi Korea Selatan memang diakui menawarkan sesuatu yang berbeda dengan sinetron Indonesia. Mulai dari latar belakang cerita juga alur kisahnya. Tak heran, penikmat K-Drama di Tanah Air semakin bertambah tiap tahunnya.

Kesuksesan dan kepopuleran K-Drama rupanya berimbas pada sinetron produksi Indonesia. Yakni dengan munculnya sinetron-sinetron yang dinilai memiliki kemiripan cerita dan alur yang sama dengan drama hits Korea.

Banyak penonton menuduh sinetron-sinetron itu menjiplak K-Drama. Namun ada juga yang bilang bahwa kemiripan tersebut hanyalah kebetulan saja. Nah daripada penasaran, simak yuk rangkuman brilio.net, tujuh sinetron Indonesia yang dinilai mirip dengan drama hits Korea, Kamis (4/5). Kira-kira beneran jiplak atau hanya terinspirasi ya?

1. Benci Bilang Cinta vs Princess Hours

sinetron mirip kdrama © 2017 brilio.net

Loading...

Sinetron yang diproduksi oleh MD Entertainment, Benci Bilang Cinta, dinilai mirip dengan drama Korea, Princess Hours. Kedua serial ini memiliki cerita yang mirip yakni tentang seorang gadis miskin yang tiba-tiba dijodohkan dengan seorang pewaris keluarga kaya. Bedanya, jika di Princess hours latar belakangnya adalah keluarga kerajaan sedangkan Benci Bilang Cinta berlatar keluarga pengusaha kaya, Bagio Grup.

2. Demi Cinta vs Endless Love

sinetron mirip kdrama © 2017 brilio.net

Sinetron Indonesia selanjutnya yang dinilai mirip dengan drama hits Korea adalah Demi Cinta. Drama yang dibintangi oleh Leony Vitria dan Rionaldo Stockhorst ini memiliki banyak kesamaan dengan Endless Love (Autumn In My Heart). Alur cerita dan penokohan dua drama ini begitu mirip, bahkan dari cerita awal tertukarnya dua bayi di rumah sakit hingga konflik kisah cinta yang mengikuti para pemainnya saat dewasa. Isu penjiplakan pun mengikuti tayangan tahun 2005-2006 ini.

3. Cinta Remaja vs Sassy Girl Chun Hyang

sinetron mirip kdrama © 2017 brilio.net

Sinetron produksi MD Entertainment pada tahun 2006-2007 yang dibintangi oleh Egi John dan Laudya Cintya Bella ini bercerita tentang cinta remaja. Mereka yang awalnya membenci justru dinikahkan karena suatu hal salah paham. Namun cerita ini ternyata sudah ada di dalam serial drama korea berjudul Sassy Girl Chun Hyang. Bahkan adegan perkenalan mereka pun juga mirip yakni saat sang pemeran wanita tak sengaja merusak HP milik pemeran pria.

4. Kejora dan Bintang vs Brilliant Legacy

sinetron mirip kdrama © 2017 brilio.net

Sinetron yang diperankan oleh Alyssa Soebandono dan Baim Wong ini memiliki alur cerita yang mirip sekali dengan drama Korea berjudul Brilliant Legacy. Adegan di episode pertama juga sama persis yakni sama-sama tertukar koper. Belum lagi sususan keluarganya yang juga sama dengan drama Korea yang pernah dibintangi Lee Seunggi.

5. Kau yang Berasal dari Bintang vs My Love From Another Star

sinetron mirip kdrama © 2017 brilio.net

Sinetron yang bercerita tentang seorang artis perempuan yang kesepian dan bertemu dengan alien ganteng ini sempat membuat heboh, bukan hanya karena protes dari pihak penikmat drama Korea tapi juga salah satu stasiun televisi di Korea, SBS. Pasalnya, sinetron yang dibintangi oleh Nikita Willy dan Morgan Oey itu dinilai menjiplak drama hits Korea 'My Love From Another Star'. Bukan saja alur ceritanya, tapi juga adegan dan pengemasannya terkesan disamakan.

6. Liontin vs Glass Shoes

sinetron mirip kdrama © 2017 brilio.net

Sinetron remaja yang diproduksi oleh Sinemart, Liontin disebut-sebut juga mirip dengan drama Korea. Sinetron yang dibintangi oleh Nana dan Naysila Mirdad ini memiliki kemiripan cerita dengan Glass Shoes. Yakni tentang kakak beradik yang terpisah dan bertemu lagi berkat sebuah benda.

7. Malaikat Pelindung vs Goblin

sinetron mirip kdrama © 2017 brilio.net

Sebuah sinetron yang masih dalam tahap produksi MD Entertainment, Malaikat Pelindung baru-baru ini membuat heboh publik. Pasalnya, sinetron yang akan dibintangi Bastian Steel, Syifa Hadju dan Bryan Andrew ini dinilai menjiplak drama korea yang sedang hits, Goblin. Yakni sama-sama berkisah tentang Malaikat Pelindung dan Malaikat Pencabut Nyawa. Karena kritikan tersebut, beredar kabar jika sinetron yang rencananya akan ditayangkan di salah satu stasiun TV swasta ini batal.