4. 6 Hands (2019).

film serial Netflix bela diri berbagai sumber

foto: netflix.com

6 Hands merupakan film serial Netflix tentang dunia bela diri yang berlatar kota fiksi San Simon, Meksiko pada 1970-an dan mengisahkan tiga anak yatim piatu yang terlatih dalam seni bela diri Cina. Dialah Isabela, saudara tertua dari Seis Manos, bertindak sebagai jantung bagi ketiganya dan menjaga mereka bersama. Isabela memiliki karakter yang adil, bahkan rela membiarkan Petugas Garcia menangkap Silencio atas pembunuhan yang dilakukannya sebelum kedatangan Balde.

Ada pula Jess, pelawak yang kuat dari Seis Manos. Ia menggunakan gaya tinju Mabuk dari Seni Bela Diri Cina, dan seperti gaya bertarungnya, ia masih bisa bertarung bahkan saat mabuk. Selain itu, ada pula Silencio, adik lelaki bisu dari Seis Manos, yang lidahnya terpotong saat seorang anak laki-laki menyaksikan El Balde membunuh keluarganya. Ia menggunakan gaya Bak Mei dari Seni Bela Diri Cina, dan seperti gaya bertarungnya, alisnya menjadi semakin putih saat melakukan aksinya.

5. Cobra Kai (2018-21).

film serial Netflix bela diri berbagai sumber

foto: imdb.com

Cobra Kai merupakan film serial Netflix tentang dunia bela diri yang merupakan sekuel dari film The Karate Kid Original yang pernah disutradarai oleh Robert Mark Kamen. Serial Cobra Kai tayang pertama kali pada 2018 dan berhasil menjadi salah satu film penerima nominasi Outstanding Comedy Series' di Primetime Emmy Awards ke-73.

Film ini bercerita berselang 34 tahun setelah All Valley Tournament yang diselenggarakan pada 1984, Daniel LaRusso dan Johnny Lawrence menjalani hidup yang berbeda. Daniel memiliki kehidupan yang menyenangkan. Dia punya istri dan sebuah showroom mobil yang sukses. Sementara Johnny harus melakukan pekerjaan-pekerjaan kasar untuk bisa bertahan hidup.

Pertemuannya dengan Daniel membuat Johnny kembali mengingat All Valley Tournament beserta kisah-kisah yang mengiringinya. Johnny pun membuat tekad bulat untuk membuka kembali dojonya, Cobra Kai. Dojo itu akan bertempat di bangunan milik Daniel. Sayangnya, Daniel tidak senang dengan keberadaan Cobra Kai karena memori buruk dari dojo itu.

6. NinjaGo Masters of Spinjitzu (2011).

film serial Netflix bela diri berbagai sumber

foto: imdb.com

NinjaGo Masters of Spinjitzu merupakan film serial Netflix tentang dunia bela diri yang mengisahkan saat Master Spinjitzu Pertama menciptakan dunia Ninjago. Penciptaan itu termasuk dengan Empat Senjata Elemental Spinjitzu, senjata yang sangat kuat dan tidak ada yang bisa menangani saat semuanya bersatu. Ketika Master Spinjitzu Pertama meninggal, kedua putranya bersumpah untuk melindungi empat senjata itu.

Namun, anak tertua yang bernama Lord Garmadon gelap mata dan ingin memiliki semuanya. Terjadi pertempuran antara dua saudara ini, Lord Garmadon dan Sensei Wu. Lord Garmadon kalah. Demi keamanan, Sensei Wu membuang saudaranya di dunia bawah tanah dan untuk sementara, dunia Ninjago damai. Hingga kemudian Lord Garmadon bangkit dan berusaha mencari keempat senjata tersebut untuk mengalahkan saudaranya sendiri.

7. The Legend of Bruce Lee (2008).

film serial Netflix bela diri berbagai sumber

foto: imdb.com

The Legend of Bruce Lee merupakan film serial Netflix tentang dunia bela diri yang mengisahkan sosok legendaris Bruce Lee. Film serial ini diadaptasi dari kehidupan Bruce Lee (Li Xiao Long), seorang siswa sekolah menengah di sebuah sekolah dengan sebagian besar siswa Inggris, dan ia menjadi minoritas.

Bruce memperhatikan dengan cemas bahwa ada diskriminasi halus terhadap rasnya di sekolah dan mendorongnya untuk unggul demi membuktikan bahwa orang Cina juga kompeten dan berbakat. Bersama dengan teman masa kecilnya Qin Xiao Man, Bruce berpartisipasi dalam kompetisi cha-cha dan menang, yang membuat jengkel teman sekolahnya di Inggris, Blair Lewis.

Kompetisi ini, selain ketidaksukaan Blair yang jelas terhadap orang Cina, menciptakan ketegangan di antara keduanya, yang menyebabkan sejumlah perkelahian fisik. Sejak saat itulah, legenda bela diri Cina ini menjadi sosok penting dan sering memberontak.