film Indonesia di Netflix tentang pernikahan berbagai sumber foto: imdb.com

Talak 3 mengisahkan pernikahan Bagas dan Risa yang sudah tak bisa diselamatkan. Namun, mereka tak benar-benar bisa berpisah saat rumah kredit mereka hampir disita bank. Mereka berdua terpaksa harus bersama-sama mengerjakan sebuah proyek yang hasilnya bisa menyelamatkan kondisi keuangan mereka.

Masalahnya, pekerjaan tersebut menuntut keduanya harus bersama. Dalam proses pengerjaan proyek tersebut, muncul kembali benih cinta di antara mereka. Mereka pun memutuskan untuk rujuk kembali.

Namun, hukum Talak 3 mengharuskan jika pasangan mau rujuk, harus melalui Muhallil, yaitu seorang laki-laki yang menikahi pihak perempuan kemudian bercerai.

Untuk memuluskan niat mereka, Bagas mencoba mengakali aturan dengan cara mencari suami kontrak untuk Risa. Bimo, teman masa kecil Bagas dan Risa terpilih menjadi pihak yang mereka percayai untuk melakukan hal ini. Namun, Bimo ternyata juga punya perasaan kepada Risa dan membuat Risa gundah dengan pilihan tersebut.

6. 7/24 (2014).

film Indonesia di Netflix tentang pernikahan berbagai sumber foto: imdb.com

7/24 berkisah tentang pernikahan Prasetyo Ichsan Setiawan (Lukman Sardi), sutradara film terkenal, menikah dengan Tania Wulandary (Dian Sastrowardoyo), manajer di salah satu bank bergengsi. Keduanya memiliki anak yang berumur lima tahun. Keduanya seorang pekerja hingga dalam level candu. Satu-satunya waktu mereka bersama hanya saat pagi hari, malam hari, atau kadang-kadang saat akhir pekan.

Hebatnya, dengan adanya jadwal yang padat mereka terkadang berhasil menghabiskan waktu bersama-sama dan menjadi romantis. Suatu hari, Tyo pingsan saat syuting. Segera dia dirawat di rumah sakit.

Tania harus berakrobat antara kerja, rumah dan mengurus Tyo. Setelah tiga hari mengurus segalanya sendiri Tania kelelahan. Dia juga dirawat di rumah sakit dan berbagi ruang yang sama dengan suaminya. Rahasia yang disimpan rapi mulai menampakkan diri. Momen manis dalam satu ruangan selama sakit berubah menjadi medan pertempuran.

7. Test Pack (2012).

film Indonesia di Netflix tentang pernikahan berbagai sumber foto: imdb.com

Test Pack mengisahkan Rahmat (Reza Rahadian) dan Tata (Acha Septriasa), pasangan suami-istri kelas menengah. Rahmat seorang psikolog dan Tata bekerja di perusahaan periklanan. Mereka sudah 7 tahun menikah, tetapi belum dikaruniai anak.

Secara personal, keinginan Tata untuk memiliki anak lebih besar dari Rahmat. Namun, keinginan tersebut harus pupus karena Rahmat dinyatakan mandul.

Stres dengan hal tersebut, Rahmat enggan bercerita dengan Tata, istrinya. Dia kemudian menghubungi Shinta (Renata Kusmanto), seorang teman lama dan mantan kekasihnya yang mengalami hal serupa dan ditinggal cerai suaminya. Mengetahui hal tersebut, Tata marah dan memutuskan untuk bercerai dengan Rahmat.