Brilio.net - Mandarin menjadi musuh terberat Shang-Chi dalam film debut Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings (2021). Pasalnya, Mandarin adalah ayah kandung Shang-Chi yang sudah puluhan tahun ia tinggalkan lantaran muak dengan usaha sang ayah yang ingin membuatnya sebagai mesin balas dendam.

Mandarin merupakan pimpinan organisasi kriminal yang mempunyai kekuatan Ten Rings, salah satu senjata terkuat di jagad Marvel Cinematic Universe (MCU). Lahir dalam kemiskinan akut membuat Mandarin punya ambisi besar untuk menaklukkan dunia. Selain itu, ambisi ini juga hadir karena ia menganggap diri sebagai keturunan Jenghis Khan dari latar belakang budaya.

Hubungan Shang-Chi dan Mandarin selalu saja tidak akur sampai membuat mereka berupaya saling membunuh. Hal ini menjadi ujian berat bagi Shang-Chi dan membuat Mandarin sebagai musuh terberatnya. Tidak hanya karena memiliki kekuatan terkuat di jagad MCU, melainkan juga karena sosok yang diperankan oleh Tony Leung Chiu Wai itu adalah ayahnya sendiri.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (16/9), berikut deretan fakta sosok Mandarin di film Shang-Chi, ayah sekaligus musuh terberat sang anak.

1. Musuh bebuyutan Iron Man.

Fakta sosok Mandarin di film Shang-Chi berbagai sumber

foto: imdb.com

Mandarin merupakan musuh bebuyutan Iron Man sejak karakter ini tampil pertama kali dalam komik Tales of Suspense #50 (1964). Kedua karakter ini saling mengakui bahwa mereka adalah lawan yang berat. Selain itu, keduanya punya kekuatan yang bertolak belakang. Iron Man dikenal sebagai seorang yang mengagungkan sains dengan bukti baju robot yang ia kenakan dan sama sekali tidak percaya sihir. Sementara itu, Mandarin punya kekuatan alien yang ia sebut sebagai sihir, yang jelas tak pernah diakui dalam dunia sains. Namun, pertarungan keduanya barangkali tidak mungkin bisa hadir dalam Marvel Cinematic Universe karena Iron Man sudah dikisahkan tewas dalam film Avengers: Endgame (2019). Kecuali, jika MCU akan prekuel yang mengisahkan dua sosok ini.

2. Pernah bekerja sama dengan Loki.

Fakta sosok Mandarin di film Shang-Chi berbagai sumber

foto: imdb.com

Selain menjadi musuh Iron Man, Mandarin juga pernah bekerja sama dengan Loki menjadi sesama supervillain dalam arc Acts of Vengeance yang berlangsung pada 1989 hingga 1990. Keduanya tergabung dalam kelompok yang sama-sama ingin menghancurkan Avengers dan membantu aksi balas dendam kepada Thor. Selain Mandarin dan Loki, kelompok tanpa nama tersebut berisi Doctor Doom, Kingpin, Magneto, Red Skull, dan Wizard.

3. Punya kekuatan 10 cincin magis.

Fakta sosok Mandarin di film Shang-Chi berbagai sumber

foto: imdb.com

Ten Rings atau 10 cincin merupakan salah satu senjata terkuat dalam semesta MCU. Mandarin mendapatkan Ten Rings secara tidak sengaja saat ia melarikan diri dari rumahnya ketika Revolusi Komunis di Tiongkok berlangsung. Saat itu, ia tidak sengaja terdampar di Spirit Valley dan menemukan 10 macam cincin di dalam pesawat milik ras alien Makluan.

Saat memakai 10 cincin tersebut secara bersamaan, Mandarin langsung dapat melihat kekuatan cincin tersebut. Setiap cincin menyimpan kekuatan alien dari ras alien Makluan yang sudah tewas. Cincin ini pun disetarakan dengan Infinity Stones yang digunakan Thanos.

4. Satu-satunya yang dapat mengendalikan 10 cincin secara bersamaan.

Fakta sosok Mandarin di film Shang-Chi berbagai sumber

foto: imdb.com

Mandarin menjadi satu-satunya orang yang dapat mengendalikan 10 cincin sekaligus yang disebut dengan Ten Rings. Mandarin mampu mendayagunakan seluruh kekuatan yang terdapat dalam 10 cincin tersebut. Cincin yang ada di tangan kiri punya kekuatan berbeda dengan cincin di tangan kanan.

5. Nasib Ten Rings setelah kematian Mandarin.

Fakta sosok Mandarin di film Shang-Chi berbagai sumber

foto: imdb.com

Setelah kematian Mandarin, Ten Rings tidak lagi bisa dikendalikan bersamaan. Ten Rings pun diambil oleh 10 orang berbeda yang juga mempunyai niat jahat. Beberapa di antaranya adalah Mole Man yang dikenal sebagai villain-nya Fantastic Four serta Malekith yang sempat jadi villain utama di Thor: The Dark World (2014).

6. Dalam versi film MCU, Ten Rings berubah menjadi gelang.

Fakta sosok Mandarin di film Shang-Chi berbagai sumber

foto: imdb.com

Dalam versi komik, Ten Rings hadir dengan bentuk cincin secara harfiah dan digunakan di jari tangan. Namun, dalam film Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings cincin tersebut diganti gelang yang digunakan di kedua pergelangan tangan. Menurut Jonathan Schwartz selaku produser film Shang-Chi, konsep Ten Rings dalam versi komik terlalu mirip dengan Infinity Gauntlet yang dimiliki Thanos. Namun, walaupun tampil agak aneh, senjata tersebut menjadi senjata yang cukup meyakinkan.

7. Mandarin hadir sebagai sosok berbeda dalam versi komik.

Fakta sosok Mandarin di film Shang-Chi berbagai sumber

foto: imdb.com

Dalam versi film, Mandarin merupakan nama alter-ego dari sosok Wenwu. Dalam film tersebut, Mandarin mengajari Shang-Chi ilmu bela diri sejak kecil. Namun, hal itu malah membuat Shang-Chi jengah dan ingin pergi jauh meninggalkan ayahnya. Suatu ketika, Shang-Chi harus berurusan dengan masa lalunya dan harus menghadapi ayahnya sendiri sebagai lawan.

Sementara itu, dalam versi komik, Shang-Chi bukan anak dari Mandarin, tetapi anak dari Fu Manchu. Sementara Mandarin sendiri punya anak bernama Temudgin yang dikenal akan membalaskan dendamnya saat Mandarin meninggal dunia akibat Iron Man.