Brilio.net - Green Goblin merupakan musuh bebuyutan Spider-Man yang semangatnya tak pernah padam bertarung dengan Spider-Man. Green Goblin adalah alter-ego dari Norman Osborn, ayah dari Harry Osborn yang tak lain adalah sahabat Peter Parker.

Peter Parker dan Norman Osborn sempat akrab. Namun, di balik keakraban tersebut, Norman Osborn sudah sadar bahwa teman baik anaknya tersebut adalah bukan sosok orang biasa.

Norman Osborn kemudian berhasil mengungkap identitas Peter Parker dan mengetahui bahwa ia adalah Spider-Man setelah melakukan penelusuran pada kehidupan sehari-harinya. Sejak saat itu, Norman Osborn yang sudah menciptakan Green Goblin, selalu terlibat saat kerusuhan kota dan bertarung melawan Spider-Man.

Norman Osborn sempat mewarisi Green Goblin kepada Harry Osborn dan Bart Hamilton. Namun, keduanya tidak mempunyai kemampuan mengendalikan alat-alat Green Goblin seperti yang pernah dilakukan oleh Norman Osborn. Setelah itu, Norman Osborn datang kembali dan bertarung kembali melawan Spider-Man.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (21/10), berikut 7 fakta sosok Green Goblin, musuh bebuyutan terkuat Spider-Man

1. Penjahat super pertama yang mengetahui identitas Spider-Man.

7 Fakta sosok Green Goblin, musuh bebuyutan terkuat Spider-Man berbagai sumber

foto: imdb.com

Sejak Peter Parker menjadi Spider-Man, Norman Osborn yang berubah menjadi Green Goblin sudah menyadari kehadiran Spider-Man tak lain adalah Peter Parker. Hal ini berawal dari kecurigaan Norman Osborn ketika mengikuti ke mana saja Peter Parker pergi secara sembunyi-sembunyi.

2. Punya anak kembar dari Gwen Stacey.

7 Fakta sosok Green Goblin, musuh bebuyutan terkuat Spider-Man berbagai sumber

foto: imdb.com

Cerita Osborn punya anak kembar belum pernah diceritakan dalam Spider-Man versi film mana pun. Ia hanya pernah hadir dalam Sin Past, salah satu alur cerita komik Spider-Man. Alur cerita tersebut merupakan salah satu hal yang sangat kontroversial karena mempertemukan Green Goblin yang hampir tampil seperti iblis dengan Gwen Stacey yang hampir digambarkan sebagai malaikat.

Gwen dikabarkan menjadi selingkuhan Osborn dan Gwen melahirkan dua anak kembar dari hubungan tersebut. Anak tersebut diberi nama Gabriel dan Sarah yang kemudian tumbuh dengan cepat berkat formula Goblin.

3. Pernah dikabarkan mati selama dua dekade.

7 Fakta sosok Green Goblin, musuh bebuyutan terkuat Spider-Man berbagai sumber

foto: imdb.com

Setelah kematian Gwen Stacey, Osborn tidak sengaja menabrakkan dirinya dan ia tampak meninggal dunia saat itu dalam komik Spider-Man tahun 1973. Namun, Osborn kembali lagi pada tahun 1990-an awal dan melanjutkan kisahnya kembali. Dalam kehidupan keduanya tersebut, terungkap adegan saat ia selamat dari peristiwa yang hampir menghilangkan nyawanya tersebut.

4. Harry Osborn menjadi Green Goblin.

7 Fakta sosok Green Goblin, musuh bebuyutan terkuat Spider-Man berbagai sumber

foto: imdb.com

Setelah Norman Osborn dinyatakan meninggal dunia, Harry Osborn muncul untuk membalas dendam atas kematian ayahnya. Konflik Harry Osborn dengan Spider-Man adalah konflik pribadi yang bahkan sempat membahayakan MJ.

Namun, setelah sebuah pertarungan antara dirinya dan Spider-Man, Harry Osborn yang sudah berseragam lengkap, tidak bisa mengendalikan formula Goblin yang baru. Ia pun mati dengan formula yang diciptakan oleh ayahnya.

5. Norman Osborn sempat diganti oleh orang lain.

7 Fakta sosok Green Goblin, musuh bebuyutan terkuat Spider-Man berbagai sumber

foto: imdb.com

Ketika Norman Osborn dikabarkan meninggal dunia dan Harry Osborn pun meninggal dunia, Bart Hamilton yang menjadi psikolog bagi keluarga Osborn mengambil identitas Green Goblin dan melanjutkan misi yang sama untuk menguasai dunia. Ia pun mempelajari semua hal tentang Green Goblin dari Harry Osborn dan mewarisi kostum seperti Green Goblin. Namun, Green Goblin versi Bart Hamilton tidak berlangsung lama, karena alat tempur yang biasa dipakai Green Goblin meledak akibat beberapa kesalahan.

6. Norman Osborn ingin Peter Parker yang membunuhnya.

Sejak kembali setelah 20 tahun menghilang, Norman Osborn muncul dengan dendam yang sama walau dengan cerita yang berbeda. Norman menceritakan kepada Peter bahwa dia melihatnya sebagai putra yang tidak pernah ia miliki.

Ia akan mengakui bahwa Osborn ingin Peter menjadi ahli warisnya, dan bahkan menyiksanya sehingga ia akan mengambil formula Goblin. Akhirnya, dia mengaku bahwa dia ingin Peter membunuhnya dengan tangannya sendiri, dan mencoba memaksanya beberapa kali. Momen mengharukan ini dapat dilihat kembali dalam film pertama Spider-Man (2002)

7. Green Goblin menginspirasi kemunculan Goblinette.

7 Fakta sosok Green Goblin, musuh bebuyutan terkuat Spider-Man berbagai sumber

foto: imdb.com

Dalam seri buku komik Spider-Man: Legacy Of Evil , Norman Osborn diculik oleh Goblinettes, yang merupakan versi yang hampir identik satu sama lain. Goblinettes merupakan Green Goblin betina yang sebenarnya adalah android yang diciptakan oleh mendiang Harry Osborn. Mereka adalah robot yang terhubung ke superkomputer yang menyalin dan menjalankan kecerdasan gabungan dari kesadaran Harry dan Norman.

8. Norman Osborn mendirikan Dark Avengers.

7 Fakta sosok Green Goblin, musuh bebuyutan terkuat Spider-Man berbagai sumber

foto: imdb.com

Norman Osborn tidak mungkin bisa bergabung dengan Avengers karena reputasinya sebagai penjahat super. Hal ini membuatnya untuk membuat sebuah kelompok yang menampung orang seperti dirinya. Dalam komik secret Invasion, Osborn membentuk Dark Avengers dan ia berubah nama menjadi Patriot Besi sekaligus menjadi pimpinan tim tersebut.