Brilio.net - Dalam industri film Hollywood, Computer Generated Imagery (CGI) merupakan hal biasa yang digunakan untuk memberi efek visual berbeda dari biasanya. Dengan teknologi tersebut, para filmmaker bisa berkreasi seluas mungkin dan bahkan tak pernah terpikirkan dalam kenyataan.

Biasanya, teknologi CGI biasa digunakan dalam film superhero yang memang banyak membutuhkan perangkat tersebut untuk menciptakan efek tertentu. Namun, dalam sejarah film Hollywood, teknologi CGI banyak juga digunakan pada film lain, terutama film dengan genre fantasi. Teknologi tersebut memberi efek menakjubkan yang tidak disangka-sangka. Adegan-adegan dalam film yang ditampilkan, ternyata lahir dari adegan yang dibantu oleh teknologi visual CGI.

Seperti Benedict Cumberbatch saat tampil sebagai naga Smaug dalam film The Hobbit sepenuhnya menggunakan CGI. Penampilannya dapat dilihat dari belakang layar film ini bahwa ia hanya menggunakan pakaian khusus dan selanjutkan akan tampil sebagai naga dengan teknologi CGI.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Senin (4/10), berikut 7 adegan film Hollywood dengan efek CGI ini bikin penontonnya heran/

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Alice in Wonderland (2010)

Adegan film Hollywood dengan efek CGI berbagai sumber

foto: disney.com

Alice in Wonderland merupakan film fantasi Amerika Serikat diadaptasi dari novel Alice's Adventure in Wonderland karya Lewis Carrol. Film ini disutradarai Tim Burton dan Linda Woolverton didapuk sebagai penulis skenario. Film ini banyak menggunakan efek CGI untuk menampilkan beberapa adegan yang menakjubkan. Tanpa sadar, adegan tersebut hanya dilakukan di sebuah ruangan dengan patung-patung yang sudah dipersiapkan.

2. Rampage (2018)

Adegan film Hollywood dengan efek CGI berbagai sumber

foto: imdb.com

Rampage adalah film fiksi ilmiah Amerika Serikat yang dibintangi oleh Dwayne Johnson atau yang dikenal dengan nama The Rock. Film ini mengisahkan Davis Okoye, seorang ahli primata yang sehari-harinya harus bekerja sama dengan George, gorila albino yang tiba-tiba berubah menjadi makhluk berukuran besar. Gorila tersebut akan digunakan untuk bahan percobaan untuk menghentikan dua monster raksasa lainnya. Dalam satu adegan, tampak Dwayne Johnson bertemu dengan seekor Gorila yang ternyata diperankan oleh seorang stuntman. Berkat efek CGI, stuntman tersebut seolah tampil sebagai seekor gorila.

3. King Kong (2005)

Adegan film Hollywood dengan efek CGI berbagai sumber

foto: universalpictures.com

King Kong merupakan film petualangan yang mengisahkan Ann Darrow yang diperankan oleh Naomi Watt. Dalam film tersebut, Ann pergi ke Pulau Tengkorak dan diculik oleh suku asli untuk dipersembahkan kepada Kong, primata raksasa yang dipuja suku asli. Ann berhasil membuat primata tersebut tidak membunuhnya dengan menghibur Kong dengan sulap dan tarian. Adegan-adegan yang ditampilkan tentu saja tidak langsung dilakukan di hutan belantara dan dengan benar-benar makhluk raksasa seperti Kong. Adegan tersebut hanya dilakukan di dalam ruangan dengan teknologi CGI yang sudah dirancang sedemikian rupa. Seperti saat Naomi Watt digenggam oleh Kong ini.

4. The Jungle Book (2016)

Adegan film Hollywood dengan efek CGI berbagai sumber

foto: disney.com

The Jungle Book mengisahkah Mowgli (Neel Sethi), seorang anak laki-laki yang diasuh oleh kawanan serigala yang dipimpin oleh Akela (Giancarlo Esposito) dan Raksha (Lupita Nyong'o). Dalam film ini, serigala betina yang mengasuh Mowgli bukan seseorang yang memakai kostum serigala, melainkan hanya boneka kepala yang sudah diberi efek CGI. Nah, beginilah penampilannya.

5. Beauty and the Beast (2017)

Adegan film Hollywood dengan efek CGI berbagai sumber

foto: disney.com

Beauty and the Beast merupakan film fantasi musikal yang diadaptasi dongeng karya Jeanne-Marie Leprince de Beaumont dengan judul yang sama. Film ini bercerita tentang kisah antara putri cantik dan si buruk rupa yang ditampilkan dengan kepala kambing. Pangeran buruk rupa dalam film tersebut ternyata bukan seseorang dengan memakai kostum kepala kambing seperti yang ditampilkan. Dari balik layar, penampilan pangeran buruk rupa tersebut hanya diperankan oleh stuntman dan kemudian menggunakan CGI untuk hadir sebagaimana terlihat dalam film.

6. I, Robot (2004)

Adegan film Hollywood dengan efek CGI berbagai sumber

foto: 20thcenturystudios.com

I, Robot merupakan film fiksi ilmiah yang dibintangi oleh Will Smitt. Film ini mengisahkan dunia distopia pada tahun 2035 yang seluruh pelayanan publik diisi oleh robot yang cerdas. Para robot yang ditampilkan dalam film ini bukan robot asli sebagaimana isi cerita, melainkan simulasi yang dilakukan oleh stuntman dengan efek khusus CGI.

7. The Hobbit (2012)

Adegan film Hollywood dengan efek CGI berbagai sumber

foto: mgm.com

Tak disangka, Benedict Cumberbatch yang dikenal melalui Sherlock Holmes dan Doctor Strange ini pernah berperan sebagai naga Smaug. Dalam film ini, naga tersebut sebagai karakter antagonis yang ditakuti dan punya kekuatan yang mematikan. Namun, tak disangka, dalam film ini, penampilan Benedict dibantu oleh efek CGI yang membuatnya terlihat seperti naga raksasa dalam film.

(brl/guf)

(brl/guf)