Brilio.net - Industri film Indonesia seringkali menjalin kerja sama dengan berbagai negara. Banyak film Indonesia yang berlatar belakang di berbagai negara, atau mendatangkan para artis luar negeri untuk bermain film di Indonesia.

Namun ada juga deretan film Indonesia yang ternyata diproduksi hasil adaptasi film luar negeri. Banyak aspek yang memengaruhi untuk me-remake sebuah film luar negeri. Salah satunya adalah jalan cerita yang begitu bagus, seperti film asal Korea Selatan Miracle in Cell No 7 yang dirilis tahun 2013.

Film tersebut mendulang kesuksesan di negeri Ginseng, hingga begitu populer di berbagai negara karena memiliki alur cerita yang begitu mengharukan. Hingga akhirnya film ini pun di-remake oleh industri film Indonesia. Walaupun belum dipastikan akan rilis kapan, namun poster film telah dirilis dan banyak penggemar menantinya.

Film adaptasi meskipun premis yang diusung pada setiap judulnya tidak jauh berbeda, rupanya film-film ini menghadirkan nuansa berbeda di beberapa bagian, sehingga membuat tampilan lebih segar dengan kearifan lokal Indonesia.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (20/10), berikut enam film Indonesia yang ternyata adaptasi dari film luar.

1. Cinta Itu Buta.

 Film Indonesia ini ternyata adaptasi film luar Berbagai sumber

foto: imdb.com

Film bergenre romantis ini ternyata adaptasi dari film Filipina berjudul Kita Kita. Cinta Itu Buta sendiri menceritakan tentang seorang pemandu wisata asal Indonesia di Busan yang patah hati, hingga menyebabkan dirinya terkena kebutaan sementara.

Dalam hari-harinya yang gelap, wanita itu didekati oleh Nik, laki-laki asal Indonesia yang perlahan memberikan warna dalam hidupnya. Film ini rilis 10 Oktober 2019, diperankan oleh Shandy Aulia, Dodit Mulyanto dan juga dibintangi oleh artis asal Korea bernama Chae In-Woo.

2. Bebas.

 Film Indonesia ini ternyata adaptasi film luar Berbagai sumber

foto: imdb.com

Bebas merupakan film yang diadaptasi dari film Sunny asal Korea Selatan. Film ini menceritakan tentang Vina, ibu rumah tangga yang secara tidak sengaja bertemu dengan Kris salah satu sahabatnya di masa SMA. Pertemuan ini membawa mereka mengenang memori masa SMA bersama sahabat-sahabatnya.

Film ini rilis pada 3 Oktober 2019. Film ini juga merupakan adaptasi ketiga setelah versi Jepang berjudul Sunny: Strong Mind Strong Love dan Vietnam Go Go Sisters. Keduanya tayang pada tahun 2018, sedangkan versi Hollywood telah dikerjakan sejak 2016 namun belum dirilis.

3. Love You Love You Not.

 Film Indonesia ini ternyata adaptasi film luar Berbagai sumber

foto: imdb.com

Love You Love You Not merupakan film Indonesia yang diadaptasi dari film Thailand berjudul I Fine Thank You Love You. Film ini bergenre drama komedi yang mengisahkan tentang Amira. Ia seorang tutor bahasa Inggris yang ditugaskan oleh gadis Thailand, untuk menyampaikan pesan kepada pria bernama Juki.

Pesan tersebut berisi untuk mengakhiri hubungannya dengan gadis Thailand. Juki merasa tidak terima dan meminta Amira untuk mengajarinya bahasa Inggris demi menyusul sang kekasih. Film ini rilis pada 13 Agustus 2015, diperankan oleh Chelsea Islan, Hamis Daud, dan Miller Khan.

4. Sunyi.

 Film Indonesia ini ternyata adaptasi film luar Berbagai sumber

foto: Twitter/@filmzone

Film horor Indonesia ini juga ternyata adaptasi dari film Korea Selatan berjudul Whispering Corridors. Film ini mengisahkan tentang Alex yang menjadi siswa baru dan mengalami bullying oleh seniornya. Namun, hal aneh terus terjadi hingga membawanya berkenalan dengan Maggie dan beragam teror mengerikan di sekolah barunya terus terjadi.

Film ini rilis pada 11 April 2019. Disutradarai oleh Awi Suryadi serta dibintangi oleh Amanda Rawles dan Angga Aldi Yunanda.

5. Sweet 20.

 Film Indonesia ini ternyata adaptasi film luar Berbagai sumber

foto: imdb.com

Sweet 20 merupakan film bergenre drama komedi yang diadaptasi dari film Korea Selatan berjudul Miss Granny. Menceritakan tentang nenek yang merasa tidak bahagia dengan masa tuanya. Dan suatu ketika ia mengunjungi satu studio foto yang kemudian membuatnya memiliki fisik berusia 20 tahun.

Film ini rilis pada 16 Juni 2017, diperankan oleh Tatjana Saphira, Morgan Oey, Kevin Julio, Slamet Rahardjo, dan Niniek L. Kari. Sweet 20 mendapatkan sambutan meriah di Indonesia, dengan banyak pihak menilai jika film ini adalah sebuah remake yang pantas dari film Miss Granny.

6. Miracle in Cell No. 7.

 Film Indonesia ini ternyata adaptasi film luar Berbagai sumber

foto: Instagram/@falconpictures

Film yang masih menunda penayangannya yaitu Miracle in Cell No 7 merupakan film adaptasi dari Korea Selatan dengan judul yang sama. Film ini menceritakan tentang kehidupan di penjara. Tapi di balik itu semua, ada cerita yang begitu sedih dari seorang ayah yang memiliki keterbelakangan mental dan putrinya yang enggan berpisah.

Film ini belum bisa dipastikan akan tayang kapan, namun pihak Falcon Pictures telah merilis poster resmi dari film garapan Hanung Bramantyo tersebut. Film ini dibintangi Vino G. Bastian, Indro Warkop, Tora Sudiro, dan Bryan Domani.