Brilio.net - Film 'Istirahatlah Kata-kata' arahan Yosep Anggi Noen banyak menyita perhatian penonton. Film yang menceritakan perjalanan Wiji Thukul, aktivis dan juga penyair tahun 90an selama melakukan pelarian dari kejaran pihak berwajib di Kalimantan.

Tak cuma 'sepi', film ini juga menceritakan besarnya rindu dan kasih sayang Wiji Thukul pada anak dan istrinya. Film berdurasi 1 jam 45 menit bahkan sebelum mengudara di bioskop-bioskop Tanah Air telah lebih dulu dipamerkan di berbagai festival tingkat internasional.

Nah setidaknya ini lima penghargaan yang telah diterima film yang dibintangi Gunawan Maryanto, Marissa Anita, Melanie Subono dan Eduart Boang Manalu dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (5/5).

1. Ditayangkan di festival internasional

prestasi istirahatlah © 2017 brilio.netfoto: Istimewa

Loading...

Kisah Wiji thukul ini tayang perdana di Locarno Film Festival 2016, lalu berhasil berkompetisi di Vladivostok Film Festival 2016, Hamburg International Film Festival-Jerman, Busan International Film Festival 2016 dan menyusul festival-festival lainnya.

2. Film non bioskop terbaik 2016

prestasi istirahatlah © 2017 brilio.netfoto: Twitter

Belum tayang di biokop Istirahatlah Kata-kata telah menang sebagai film non bioskop terbaik dalam ajang Apresiasi Film Indonesia 2016. Kategori ini melombakan film-film berdurasi lebih dari 60 menit yang bermuatan nilai budaya dan atau kearifan lokal dan atau yang berkaitan dengan pembangunan karakter bangsa.

3. Sutradara terbaik Usmar Ismail Award

prestasi istirahatlah © 2017 brilio.netfoto: Twitter

Sutradara Istirahatlah Kata-kata, Yosep Anggi Noen dinobatkan sebagai sutradara terbaik di ajang Usmar Ismail Award 2017 beberapa hari lalu.

4. Pemeran utama laki-laki terbaik Usmar Ismail Award 2017

prestasi istirahatlah © 2017 brilio.netfoto: Istimewa

Tak cuma sang sutradara, Gunawan Maryanto juga memenangkan kategori aktor terbaik di ajang yang sama. Aktor asli Jogja ini mengalahkan Reza Rahardian dan Tyo Pakusadewo.

5. Film terbaik ajang Bangkok ASEAN Film Festival (BAFF) 2017

prestasi istirahatlah © 2017 brilio.netfoto: Twitter

Bulan Mei ini, Istirahatlah Kata-Kata kembali mengharumkan nama Indonesia dengan memenangi ajang Bangkok ASEAN Film Festival (BAFF). Istirahatlah Kata-Kata mengalahkan 9 film lainnya. Film ini dinilai paling sederhana sekaligus unggul secara artistik, sinematografi dan pencahayaannya.