Brilio.net - Rabu 19 April lalu, Hanung Bramantyo merilis film yang bercerita tentang perjuangan Raden Ajeng Kartini yang berusaha mendobrak tradisi kuno Jawa tentang hak perempuan untuk memeroleh pendidikan yang setara dengan kaum laki-laki.

Berjudul Kartini, film yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo, Acha Septriasa, Ayushita Nugraha, Adinia Wirasti, Reza Rahadian, dan Denny Sumargo ini hingga hari keenam penayangannya meraih 323.686 penonton.

Melihat angka yang terbilang kecil itu, sontak saja membuat banyak orang membandingkan film Kartini ini dengan film hits Tanah Air lainnya, seperti Hangout, Danur, dan lainnya. Hal itu rupanya memicu sang sutradara, Hanung Bramantyo mengklarifikasinya lewat akun Instagram pribadinya, @hanungbramantyo.

"Alhamdulillah ... untuk sebuah film yang bukan KOMEDI, bukan HOROR, bukan CINTA2AN, tapi film yang menampilkan perjuangan pemikiran seorang tokoh Nasional seperti Haji Ahmad Dahlan, Soekarno, Tjokroaminoto, ADALAH sebuah hasil yang bagus.

Membandingkan perolehan penonton film Biopict dengan film komedi, horor, romance maupun action adalah tindakan yang tidak tepat dan ( maaf ) sembrono. Terima kasih yang sudah percaya dengan jerih payah kami. Ini membuktikan masih banyak penonton Indonesia yang cerdas. Tabik salam," tulis @hanungbramantyo.

Loading...

hanung film kartini © 2017 brilio.net

Aksi Hanung yang tak terima dengan pemberitaan yang membandingkan filmnya dengan film Indonesia yang sedang hits ini pun memicu pro kontra di media sosial.

"Saya nonton sih, tapi denger 'excuse' macam ini yo geli pak @hanungbramantyo," kritik @jagoanbawang.

"@jagoanbawang excuse?? MetroTV news dan bbrp media lain menuliskan perolehan penonton film Kartini kalah dengan film Hangout, Danur, Dan film2 laris lainnya. Itu sebuah tindakan tidak tepat. Apa yang saya katakan agar orang tidak gampang membandingkan tanpa pemahaman yang tepat," balas Hanung Bramantyo

"Kaalo dibandingin sama Habibie Ainun gimana pak @hanungbramantyo sama lho ya film berbobot, sukses ctarrrrrr. Ya jadi saya bilang, caption pak @hanungbramantyo seperti sebuah excuse," imbuh akun @jagoanbawang

Sementara tak sedikit pula yang memuji film Kartini ini, seperti akun @bartolomeusabi menuliskan, "Film yang sangat menginspirasi. Para pemain yg memang sudah punya nama besar didukung pengemasan film yang apik. Rekomendasi film yang bagus buat ditonton."

"Jempol banget film ini, semua pemainnya khas dengan karakter masing masing, aduhhhh ga nyesel nonton, betah banget, kurang lamaaaa @hanungbramantyo," imbuh akun @tisnairawan.