Brilio.net - Bicara mengenai film, Korea Selatan memang bisa dibilang sebagai salah satu negara pemasok film-film berkualitas di Asia. Banyak sineas, aktor dan aktris yang kreatif dan berbakat. Salah satu bukti majunya film asal Negeri Ginseng ini adalah film Korea Selatan hampir tak pernah absen dalam gelaran festival film bergengsi internasional di Prancis, Cannes Film Festival.

Nah di tahun ini saja, ada 5 film yang berpartisipasi dan ditayangkan di festival tersebut. Kelima film ini juga mendapatkan review yang bagus dari para peminat film. Wah apa aja ya? Berikut ini brilio.net sudah mengumpulkan buat kalian dari berbagai sumber 5 film yang tayang di Cannes dan berhasil menghebohkan panggung Cannes 2017.


1. Okja

film Korea on Cannes © 2017 brilio.net
foto: asianwiki


Film kerjasama antara sineas Korea Selatan dengan Netflix ini memang menyita perhatian publik. Dikutip dari Yonhap News, Selasa (23/5), film garapan Bong Joon-ho ini bercerita soal Mija yang diperankan oleh An Seohyun, seorang perempuan muda yang berjuang mencegah sebuah perusahaan multinasional yang kuat untuk menculik sahabatnya, seekor hewan raksasa bernama Okja yang telah hidup bersamanya selama satu dekade.

Dalam film ini, Seohyun akan beradu akting dengan Tilda Swinton yang berperan sebagai bos dari Mirando Corporation, sebuah perusahaan makanan yang berharap bisa menggunakan Okja sebagai senjata memproduksi 'proyek babi super.'

Turut bermain dalam film ini diantaranya Jake Gyllenhaal, Lily Collins, Paul Dano, Kelly McDonald dan Steven Yeun. Bukan hanya soal cast saja, namun karena tangan dingin sang sutradara pembuat film Snowpiercer, The Host dan Memories of Murder menjadi alasan kenapa film ini wajib ditonton.

Setelah penayangan perdananya di Cannes, Okja akan diputar di Netflix dan beberapa bioskop terpilih pada tanggal 28 Juni 2017.

 

2. The Day After

film Korea on Cannes © 2017 brilio.net
foto: hellohallyu


Film yang disutradarai oleh Hong Sang-soo berhasil memukau para sineas dari berbagai negara hingga selebriti Hollywood. Saat screening, seperti dilansir dari Naver, film ini bahkan mendapatkan tepuk tangan meriah selama empat menit hingga ending credit berakhir.

Film ini sendiri mengisahkan tentang seorang kepala perusahaan penerbitan yang sudah memiliki istri, Bong-wan, jatuh cinta dengan karyawan muda, Sae Byeok. Meski mereka sudah tidak lagi menjalin hubungan, istri Hae-hyo, Yoon Hee malah mulai mencurigai suaminya berselingkuh. Yoon Hee pun akhirnya ke kantor suaminya namun salah mengira jika selingkuhan suaminya adalah Ah-reum yang diperankan oleh Kim Min-hee.

Dikemas dengan kocak dan ringan, film ini dianggap sebagai salah satu film terbaik dalam festival Cannes tahun ini.


3. The Merciless

film Korea on Cannes © 2017 brilio.net
foto: imsiwanie


The Merciless sendiri sudah tayang di negaranya pada Rabu, 17 Mei lalu dan mendapat kesempatan untuk diputar dalam midnight screenings di Cannes Film Festival. Film garapan sutradara Byun Sung-hyun ini berkisah tentang persahabatan antara Jae Ho yang diperankan oleh Seol Kyung-goo dan pendatang baru organisasi Hyeon Su yang diperankan oleh Im Si-wan. Keduanya bertemu di penjara kemudian bekerja sama setelah bebas.

Dikutip dari enews24, setelah penayangannya di Korea dan Prancis, film ini juga akan ditayangkan di 84 negara termasuk Indonesia pada tanggal 31 Mei 2017 ini.


4. The Villainess

film Korea on Cannes © 2017 brilio.net
foto: soompi


Film yang dibintangi Kim Ok-vin ini ditayangkan secara resmi untuk pertama kalinya pada Senin, 22 Mei dalam midnight screenings Cannes Festival dan berhasil menyedot perhatian penonton dan mendapatkan tepuk tangan meriah yang berlangsung selama kurang lebih 4 menit.

Film garapan sutradara Jung Byoung-il ini mengisahkan tentang seorang pembunuh bayaran tanpa ampun bernama Sook Hwe yang diperankan Kim Ok-vin yang sudah diajari cara membunuh sejak kecil. Ia kemudian datang ke Korea demi menjalani hidup berbeda. Namun dua laki-laki dari masa lalunya membuat kemunculan yang tak terduga dan membawa rahasia gelap dari masa lalunya.

Dilansir dari enews24, film ini sendiri akan ditayangkan premiere di Korea Selatan pada tanggal 8 Juni 2017 mendatang.

 

5. Claire's Camera

film Korea on Cannes © 2017 brilio.net
foto: aminoapps


Hong Sang-soo memang bisa dibilang sebagai sutradara jenius, di tahun ini saja dua film garapannya berhasil masuk ke dalam Cannes Festival. Selain The Day After, filmnya yang berjudul 'Claire's Camera' juga ditayangkan dalam festival film bergengsi tersebut di kategori special screenings.

Film kerjasama antara Prancis dengan Korea Selatan ini dibintangi oleh Isabelle Huppert (aktris Prancis), Kim Min-hee, Jung Jin-young dan Chang Mi-hee.