Brilio.net - Serial drama Turki kini semakin mendapat tempat di hati pemirsa televisi Indonesia. Nah buat Sobat Brilio penikmat drama Turki, serial Hercai, kisah romansa yang penuh intrik dan dendam dijadwalkan segera tayang di NET TV mulai 16 November 2020, setiap hari, pukul 18.00 WIB. 

Drama ini sangat ditunggu-tunggu penggemar cerita drama karena menampilkan bintang Turki Ebru Sahin dan Akin Akinozu yang sempat hadir di Indonesia beberapa waktu lalu. Drama ini mengisahkan cerita romantika antara Miran (Akin Akinozu) dan si cantik Reyyan (Ebru Sahin).

“Pemunculan drama Turki Hercai di layar kaca NET tentu menjadikan ragam tayangan NET lebih berwarna bagi pemirsa televisi di Indonesia,” ujar Direktur Programming NET TV Yeni Anshar.

Maklum, dengan pemirsa milenial yang cukup kuat dan semakin tumbuhnya penonton keluarga milenial di NET, terutama di kalangan female, keberadaan Hercai bakal menambah variasi tontonan drama favorit pemirsa NET yang selama ini cukup dekat dengan drama Korea.

Berdasarkan riset kepemirsaan televisi beberapa waktu lalu, dukungan pemirsa televisi NET terhadap hadirnya program yang lebih beragam terbukti mendorong meluasnya segmentasi tayangan NET dan pertumbuhan kepemirsaan NET sebesar 57 persen sejak awal tahun 2020. 

Loading...

Nah seperti apa ya serial drama Hercai yang sukses tayang di 100 negara dan cukup popular di manca negara ini, berikut faktanya.

1. Rilis perdana 2019

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by NET. Mediatama Televisi (@netmediatama)

Serial Hercai dirilis pertama kali pada 2019 di Turki kemudian berlanjut sukses penayangannya mendunia ke sejumlah negara Eropa, Amerika Selatan, Timur Tengah, dan Asia, termasuk di Asia Tenggara. 

2. Adaptasi dari novel berjudul sama

Hercai © 2020 brilio.net

Cerita drama Hercai merupakan kisah yang diadaptasi dari sebuah novel berjudul sama karya penulis Turki, Sumeyye Ezel. Kisah Hercai bercerita tentang seorang pria bernama Miran yang ingin membalas dendam atas kematian orangtuanya dengan cara menikahi Reyyan. Pertemuan Miran dengan gadis cantik keluarga Sadogly itu seperti sebuah takdir yang tak terelakan.

Peristiwa kecelakaan terjatuhnya Reyyan dari kuda saat kendaraan Miran mendekat, membuat keduanya menjadi dekat hingga kemudian menikah. Namun di balik kebahagiaan tersebut ternyata ada dendam Miran terhadap keluarga Sadoglu yang kemudian menjadikan Miran tega meninggalkan Reyyan. Perpisahan di awal pernikahan tersebut ternyata secara perlahan menguak misteri perseteruan Miran dan keluarga Sadoglu, termasuk kelanjutan dari hubungannya dengan Reyyan.

“Penampilan menarik aktor dan aktrisnya, eksotika latar kulturnya, serta alur ceritanya yang menghanyutkan hati pemirsa merupakan kekuatan dari drama Turki, termasuk yang dimunculkan dalam cerita Hercai,” tambah Yeni.

3. Sukses meraih penghargaan

Hercai © 2020 brilio.net

Keberhasilan konflik drama bak telenovela yang dihadirkan Hercai bukan saja mendapatkan pujian pemirsa di berbagai negara, namun juga membawa darama ini meraih sejumlah penghargaan bergengsi. Selain mendapatkan penghargaan Best TV Couple Awards atas penampilan terbaik Akin Akinozu dan Ebru Sahin dalam Hercai, drama Turki ini juga berhasil menerima penghargaan kategori Best TV Series dalam International Izmir Festival 2020, serta kategori Best TV Series dan Best TV Actress (Ebru Sahin) dalam Turkey Youth Awards 2020.

4. Negara produktif penghasil serial drama

Hercai © 2020 brilio.net

Turki merupakan salah satu negara yang cukup produktif melahirkan cerita-cerita drama series berkualitas yang didistribusikan ke berbagai belahan dunia. Di Turki sendiri terdapat sekitar 500 rumah produksi yang menggarap cerita serial drama dengan berbagai konflik dramatis dan latar pemandangan indah Turki.

Data tahun 2017 menunjukkan keberhasilan Turki sebagai negara terbesar kedua setelah Amerika Serikat dalam mendistribusikan serial televisinya ke berbagai negara di dunia. Kabarnya pada 2016 pendapatan ekspor dari serial TV Turki mencapai USD 300 juta dan tumbuh pada tahun 2018 menjadi USD 350 juta.