Brilio.net - Film animasi merupakan jenis film yang digemari berbagai kalangan. Tidak hanya anak-anak, film ini juga bisa menjadi tontonan bagi orang dewasa. Keunikan film animasi biasanya terletak pada karakter-karakter di dalamnya.

Salah satu karakter yang sering muncul adalah, bintang. Biasanya para binatang akan ditampilkan dengan gambaran yang menggemaskan. Namun tetap mempertahankan karakteristik yang sudah menjadi ciri khasnya.

Dari semua film animasi yang menghadirkan tokoh binatang, ada beberapa yang berhasil mendapat respons baik hingga meraih penghargaan. Misalkan saja film animasi Zootopia yang memenangkan Piala Oscars dan Piala Golden Globes tahun 2017.

Jika kamu tertarik dengan film dengan karakter bintang, berikut 15 film animasi terbaik yang sudah dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (23/1).

1. Lion King.

Loading...

film animasi binatang terbaik istimewa

foto: imdb.com

Lion King menjadi salah satu film dengan tokoh binatang yang populer hingga dibuat versi live actionnya. Film animasi yang diproduksi oleh Disney ini mengisahkan tentang seekor anak singa bernama Simba.

Ia sempat diasingkan oleh sang paman yang haus akan kekuasaan. Setelah Simba dewasa, ia pun bertekad untuk merebut kembali takhta yang sudah menjadi haknya.

2. Ice Age.

film animasi binatang terbaik istimewa

foto: imdb.com

Seperti judulnya, Ice Age mengambil latar waktu ketika bumi masih berada di zaman es. Karena itulah, tokoh yang dihadirkan pun merupakan binatang purba yang saat ini sudah punah. Misalnya seperti karakter bernama Manny si mammoth, Diego si harimau saber-thooth, dan Sid si kukang.

Pada awalnya, Ice Age mengisahkan tentang petualangan Manny, Sid, dan Diego mengembalikan anak manusia kepada orangtuanya. Namun kisah Ice Age ternyata berlanjut hingga seri ke-5 yang berjudul Ice Age: Collision Course.

3. Kung Fu Panda.

film animasi binatang terbaik istimewa

foto: imdb.com

Selanjutnya ada Kung Fu Panda. Animasi DreamWorks mengisahkan tentang panda gemuk bernama Po. Pada awalnya, Po digambarkan sebagai karakter yang suka makan dan ceroboh. Namun siapa sangka, Po justru terpilih sebagai Kesatria Naga yang konon mampu mengalahkan musuh terkuat sekalipun.

Dalam menjalankan takdirnya sebagai 'sang terpilih', Master Shifu bersedia melatih Po bersama murid-muridnya yang lain seperti Tigress si harimau, Mantis si belalang, Monkey si monyet, dan Viper si ular.

4. Madagascar.

film animasi binatang terbaik istimewa

foto: imdb.com

Jika membahas film dengan tokoh binatang, rasanya tak lengkap jika Madagascar belum dicantumkan. Film yang diproduksi DreamWorks ini mengisahkan tentang Alex si singa, Gloria si kudanil, Manty si zebra, dan Melman si jerapah.

Mereka dibantu oleh para pinguin untuk melarikan diri dari kebun binatang dan pergi ke alam liar. Namun mereka justru tersesat di kawasan Madagascar.

5. Bolt.

film animasi binatang terbaik istimewa

foto: imdb.com

Sering ditayangkan oleh salah satu stasiun TV di Indonesia, film animasi Bolt berpusat pada seekor anjing yang berperan menjadi superhero dalam film. Suatu hari, Bolt yang sempat tersesat bertemu dengan kucing liar. Dari pertemuan itulah, Bolt sadar bahwa ia tidak benar-benar memiliki kekuatan super.

Semua hanya tipuan dan rekayasa dalam film. Meski demikian, Bolt pada akhirnya berhasil menyelamatkan majikannya yang saat itu terjebak di tengah kebakaran. Ia pun hidup sebagai hewan peliharaan yang dikelilingi kasih sayang.

6. Sing.

film animasi binatang terbaik istimewa

foto: imdb.com

Film animasi Sing mengisahkan tentang Koala yang bernama Buster Moon. Karena ingin membuat pertunjukan yang hebat, Buster membuka audisi menyanyi untuk umum. Akhirnya terpilihlah para peserta dengan latar belakang yang berbeda.

Selain menampilkan banyak lagu yang dinyanyikan secara merdu, animasi Sing juga mengajarkan tentang perjuangan untuk menggapai mimpi.

7. Shark Tale.

film animasi binatang terbaik istimewa

foto: imdb.com

Shark Tale mengisahkan tentang seekor ikan bernama Oscar dan hiu bernama Lenny. Pertemuan mereka bermula dari Lenny yang diperintahkan oleh Frankie untuk memburu ikan. Kala itu, Oscar lah satu-satunya ikan yang berada tak jauh dari kedua hiu tersebut.

Namun karena tak tega, Lenny si hiu vegetarian membiarkan Oscar kabur dan menyelamatkan diri. Hal itu membuat Frankie geram dan mengejar Oscar. Sialnya, Frankie justru mati karena tertimpa jangkar kapal. Kejadian itu pun dimanfaatkan oleh Oscar dengan mengaku-ngaku bahwa ia berhasil membunuh hiu seorang diri.

8. Finding Nemo.

film animasi binatang terbaik istimewa

foto: imdb.com

Memperkenalkan dunia bawah laut, Finding Nemo mengisahkan tentang ikan badut bernama Marlin yang mencari anaknya, Nemo. Ia mengarungi samudra luas untuk mebawa pulang Nemo yang tertangkap oleh manusia. Saat memulai petualangannya, Marlin juga ditemani ikan pelupa bernama Dory.

9. Finding Dory.

film animasi binatang terbaik istimewa

foto: imdb.com

Menjadi kelanjutan dari film Finding Nemo, film Finding Dory akan menjawab semua pertanyaan yang belum terjawab di film terdahulunya. Misalnya, dari mana Dory berasal dan apa penyebab Dory kesulitan mengingat sesuatu. Berbeda dengan kisah sebelumnya, kali ini Marlin dan Nemo lah yang mencari keberadaan Dory.

10. Zootopia.

film animasi binatang terbaik istimewa

foto: imdb.com

Film animasi Zootopia adalah salah satu film animasi dengan karakter hewan yang sayang untuk dilewatkan. Film ini mengisahkan tentang perjuangan kelinci bernama Judy dalam menggapai mimpinya sebagai polisi.

Namun setalah lulus akademi, Jury hanya menjadi polisi yang memberikan karcis parkir. Tak patah semangat, Jury justru berhasil mengungkap kasus kejahatan ditemani oleh seekor rubah bernama Nick.

11. Puss In Boots.

film animasi binatang terbaik istimewa

foto: imdb.com

Selanjutnya ada Puss In Boots, film animasi yang menghadirkan sosok kucing bersepatu boots. Dikisahkan, Puss sedang mencari biji ajaib yang konon berada di tangan dua penjahat bernama Jack dan Jill.

Namun di tengah pencariannya, Puss justru menemui kenyataan bahwa musuh sebenarnya yang harus ia hadapi adalah rekannya sendiri.

12. The Secret Life Pets.

film animasi binatang terbaik istimewa

foto: imdb.com

The Secret Life Pets berpusat pada anjing bernama Max yang sangat manja pada majikannya. Mulanya ia merasa sebagai peliharaan yang paling disayangi, namun semua berubah setelah majikannya membawa anjing lain bernama Duke. Kecemburuan pun membuat keduanya bertengkar.

Mereka juga tertangkap oleh petugas karena dianggap anjing liar tanpa pemilik. Mengetahui Max dan Duke yang hilang, para hewan peliharaan lain pun berusaha menyelamatkan mereka.

13. Rio.

film animasi binatang terbaik istimewa

foto: imdb.com

Film animasi Rio mengisahkan seekor burung yang dinamai Blu. Karena jenisnya yang unik, Blu pun diincar oleh penyeludup yang akan menjualnya dengan harga mahal.

Mengetahui burung peliharaannya hilang, sang pemilik Blu juga panik dan langsung mencari keberadaannya. Sementara itu, Blu yang mencoba kabur juga bertemu dengan burung betina dengan spesies yang sama dengannya.

14. A Bugs Life.

film animasi binatang terbaik istimewa

foto: imdb.com

A Bugs Life mengisahkan tentang Flix, seekor semut yang sering diremehkan. Suatu ketika para koloni semut diusir dari tempat tinggalnya oleh para belalang. Demi merebut kembali tempat tinggalnya, Flix memutuskan untuk berpetualang dan mencari serangga lain yang bersedia membantunya.

15. Fantastic Mr Fox.

film animasi binatang terbaik istimewa

foto: imdb.com

Berpusat pada karakter bernama Mr Fox, ia adalah rubah mantan pencuri yang hidup di desa setelah memiliki anak. Kehidupan mereka berjalan dengan baik sampai suatu ketika, keponakan Mr Fox berulah dan mencuri milik petani. Seluruh keluarga Mr Fox pun harus menanggung risikonya.

Tak tahan dengan semua yang menimpanya, Mr Fox sempat berniat untuk kembali menjadi pencuri dan melindungi keluarganya.

Reporter: Deta Jauda Najmah