×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
11 Film sejarah ini diragukan kebenarannya, kamu pernah nonton?

View Image

0

BRILIO » Film

11 Film sejarah ini diragukan kebenarannya, kamu pernah nonton?

Sejarawan menilai film-film ini memuat kisah yang melenceng jauh dari kenyataannya.

04 / 04 / 2016

Brilio.net - Kamu pasti sudah sering menonton film yang berkisah tentang sejarah di masa lalu. Permasalahannya, seringkali sejarah yang diangkat dalam sebuah film menjadi polemik akibat kebenaran fakta-fakta yang disajikan. Padahal, film sejarah dihadirkan untuk memberi imajinasi visual tentang masa lalu.

Nah, selama ini sudah banyak film sejarah yang mendapat kritik tentang kebenaran film tersebut. Di Indonesia juga ada yang kontroversi, lho. Penasaran apa saja? Berikut 11 film sejarah paling diragukan kebenarannya dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Senin (4/4):

1. Pocahontas (1995)

kurang telu © 2016 brilio.net

foto: imdb.com

Loading...

Film yang dirilis Disney 1995 ini menuai banyak kritikan dari ahli sejarah maupun kritikus film. Pasalnya, film yang bercerita tentang seorang perempuan bernama Pocahontas yang menyelamatkan seorang pemukim Inggris, John Smith ini dinilai tidak sesuai dengan fakta aslinya.

2. JFK (1991)

kurang telu © 2016 brilio.net

foto: sf.funcheap.com

Film yang bercerita tentang konspirasi pembunuhan Presiden Amerika Serikat John F Kennedy ini membuat banyak nama institusi seperti FBI dan CIA diduga ikut terlibat. Pecinta teori konspirasi pasti menyukai film ini. Namun, sayangnya banyak kritikus film berpendapat JFK murni film fiksi.

3. Shakespeare in Love (1998)

kurang telu © 2016 brilio.net

foto: miamijazzsociety.com

William Shakespeare adalah seorang penulis roman paling misterius dan paling terkenal. Pasalnya, keterbatasan informasi tentang Shakespeare membuat keberadaannya di dunia nyata sendiri masih diragukan. Maka dari itu, banyak orang membuat dugaan riwayat kehidupan sang penulis besar tersebut.

Kalau orangnya saja masih diragukan keberadaannya, bagaimana film tentang orang tersebut bisa dikatakan sebagai sebuah kebenaran?

4. The Bridge on the River Kwai (1957)

sejarah film tak akurat 1-11 © 2016 brilio.net

foto: doctormacro.com

Meskipun menjadi salah satu film sejarah terbaik, The Bridge on the River Kwai merupakan film yang menuai kontroversi. Banyak desas-desus mengenai kebenaran cerita tokoh Kolonel Nicholson yang digambarkan dalam film memimpin pembangunan sebuah jembatan di Thailand.

5. The Far Horizons (1955)

sejarah film tak akurat 1-11 © 2016 brilio.net

foto: sdtom.wordpress.com

Hampir mirip dengan Pocahontas, film ini juga banyak menuai kritik tentang kebenaran kisahnya. Film yang berkisah tentang percintaan gadis asli Amerika dengan pendatang berkulit putih ini dinilai kurang mampu menggambarkan sejarah sebenarnya.

6. Brave Heart (1995)

sejarah film tak akurat 1-11 © 2016 brilio.net

foto: lalalandrecords.com

Film ini membawa pulang lima Oscar, sebuah penghargaan yang teramat tinggi. Padahal dari segi cerita, sejarawan meragukan kebenaran dari beberapa plot film tersebut.

Kamu pasti belum tahu? KLIK NEXT untuk melihat film kontroversi lainnya ya.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    82%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    9%

  • Sedih

    9%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more