6. Steel Rain (2017).

film Netflix tentara berbagai sumber

foto: imdb.com

Steel Rain merupakan film rekomendasi Netflix kisah kehidupan tentara yang diangkat dari webtoon dengan judul yang sama. Film ini mengisahkan Eom Chul-woo, mantan tentara agen pasukan khusus Korea Utara yang ditugaskan oleh perwira tinggi militer Ri Tae-han untuk membunuh dua orang terdekat dari pemimpin mereka. Hal ini harus dilakukan karena mereka ingin melancarkan sebuah kudeta.

Sembari menunggu targetnya muncul, Chul-woo mendapati seorang yang membawa senjata menembak secara brutal di sebuah kerumunan. Chul-woo segera menyelamatkan pemimpin Korea Utara ke tempat yang paling aman dan menghindarinya dari percobaan pembunuhan. Sementara itu, Kwak Chul-woo, kepala urusan keamanan luar negeri di Korea Selatan mendengar kudeta tersebut dan mengetahui bahwa pemimpin Korea Utara sudah pergi ke Seoul.

7. 13 Hours (2016).

film Netflix tentara berbagai sumber

foto: imdb.com

13 Hours atau yang juga dikenal dengan judul lengkap 13 Hours: The Secret Soldiers of Benghazi merupakan film rekomendasi Netflix kisah kehidupan tentara yang didasarkan pada buku yang ditulis oleh Mitchell Zuckoff pada 2014.

Film ini berkisah tentang enam anggota Tim Tentara Keamanan Annex yang berjuang untuk mempertahankan kompleks diplomatik Amerika di Benghazi, Libya setelah gelombang serangan oleh militan pada 11 September 2012.

8. Hacksaw Ridge (2016).

film Netflix tentara berbagai sumber

foto: imdb.com

Hacksaw Ridge merupakan film rekomendasi Netflix kisah kehidupan tentara yang diangkat dari film dokumenter The Conscientious Objector (2004). Film ini menceritakan tentang kehidupan Desmond Doss, seorang tentara yang menolak menggunakan cara-cara militer pada Perang Dunia II. Selain itu, ia seorang Kristen Advend yang menolak mengangkat senjata.

Sebab keteguhannya tersebut, Desmond dianugerahi Medal of Honor. Salah satu yang membuat film ini menarik bagaimana saat banyak bangsa berperang, masih ada seseorang yang menolak untuk mengangkat senjata. Sebab, bagi orang semacam itu, perang hanya akan melahirkan permusuhan yang tidak akan berhenti.

9. The Siege of Jadotville (2016).

film Netflix tentara berbagai sumber

foto: imdb.com

The Siege of Jadotville merupakan film rekomendasi Netflix kisah kehidupan tentara ketika eksekusi Perdana Menteri Kongo Patrice Lumumba dan pecahnya perang saudara negara tersebut. Di bawah kepemimpinan Moise Tshombe, Sekretaris Jenderal PBB Dag Hammarskjöld menugaskan Conor Cruise O'Brien untuk mengepalai misi penjaga perdamaian PBB. Secara pribadi, Hammarskjöld memberi tahu O'Brien bahwa krisis Katanga berpotensi memicu Perang Dunia III dan memerintahkan diplomat Irlandia untuk mengambil tindakan ofensif.

Sementara itu, Komandan Angkatan Darat Irlandia Pat Quinlan memimpin kompi infanteri penjaga perdamaian Irlandia yang tiba di kompleks PBB dekat Jadotville. Setelah memeriksa kompleks, Quinlan memutuskan bahwa itu terbuka lebar untuk menyerang dan memerintahkan anak buahnya untuk menggali parit dan posisi pertempuran defensif.

10. Beasts of No Nation (2015).

film Netflix tentara berbagai sumber

foto: imdb.com

Beasts of No Nation merupakan film rekomendasi Netflix kisah kehidupan tentara saat perang saudara pecah di negara Afrika Barat yang tidak disebutkan namanya. Seorang anak laki-laki, Agu, tinggal di sebuah desa kecil bersama orang tua, kakak laki-laki, dan adik perempuannya. Desa Agu terletak di dalam "zona penyangga" yang ditegakkan oleh pasukan ECOMOG. Desa itu diberitahu bahwa pemerintah telah jatuh dan pemberontak yang bersekutu dengan militer telah menguasai negara.

Saat pasukan pemberontak menuju desa, banyak orang melarikan diri ke ibukota negara untuk keselamatan. Ayah Agu membeli transportasi yang aman untuk istri dan dua anak bungsunya, tetapi harus tinggal bersama Agu dan putra sulungnya. Pemberontak dan pasukan pemerintah bertempur di dalam dan sekitar desa Agu. Sementara tentara pemberontak melarikan diri, pasukan pemerintah mengumpulkan penduduk desa yang tersisa dan mengeksekusi mereka, tetapi Agu menghindari penangkapan dan melarikan diri ke hutan. Sejak saat itulah, bagi Aru, tentara tampak menyeramkan

11. Green Zone (2010).

film Netflix tentara berbagai sumber

foto: imdb.com

Green Zone merupakan film rekomendasi Netflix kisah kehidupan tentara yang berdasarkan buku non-fiksi Imperial Life in the Emerald City oleh jurnalis Rajiv Chandrasekaran yang terbit pada 2006. Buku tersebut mendokumentasikan kehidupan di dalam Zona Hijau di Baghdad selama invasi ke Irak tahun 2003.

Film ini mengisahkan Jenderal Irak Mohammed Al-Rawi yang melarikan diri dari kediamannya di tengah pemboman Baghdad. Sebelum meninggalkan kompleks, dia memberikan sebuah buku catatan kepada ajudannya Seyyed, menginstruksikan untuk memperingatkan para perwiranya untuk pergi ke tempat persembunyian mereka dan menunggu sinyal selanjutnya. Film ini menggambarkan bagaimana Amerika Serikat ingin membuktikan bahwa Irak mempunyai senjata pemusnah massal.