1. About Time (2013).

film Netflix romantis komedi terbaik versi IMDb  berbagai sumber

foto: imdb.com

About Time merupakan film Netflix romantis komedi terbaik versi IMDb dengan capaian rating 7,8/10. Film ini mengisahkan Tim Lake (Domhnall Gleeson), seorang pemuda yang tumbuh di wilayah Cornwall, Inggris bersama keluarganya. Walaupun hidup dengan kasih sayang keluarga, ia merasa kurang beruntung dalam soal asmara.

Saat berusia 21 tahun, Tim diberi tahu oleh ayahnya bahwa semua anggota keluarga bisa melakukan penjelajahan waktu ke masa lalu maupun ke masa depan. Kemampuan tersebut digunakan sebaik mungkin agar Tim bisa menemukan dambaan hatinya. Beberapa kali pergi ke masa lalu dan bertemu orang-orang di sekitarnya, Tim akhirnya bertemu dengan Mary (Rachel McAdams) di sebuah restoran. Yakin perempuan tersebut menjadi kekasihnya, ia pun berusaha lebih keras untuk meyakinkan Mary.

2. Silver Linings Playbook (2012).

film Netflix romantis komedi terbaik versi IMDb  berbagai sumber

foto: imdb.com

Silver Linings Playbook merupakan film Netflix romantis komedi terbaik versi IMDb dengan capaian rating 7,7/10. Film ini mengisahkan saat Patrizio Solitano (Bradley Cooper) kembali ke kediaman orang tuanya di Pennsylvania setelah menjalani perawatan terkait kondisi mental. Beberapa bulan sebelumnya, ia menghajar seorang pria yang menjadi selingkuhan istrinya.

Setelah itu, ia kemudian kembali seperti semula. Hingga suatu waktu, Pat bertemu dengan Tifanny Maxwell (Jennifer Lawrence) yang menjadi sahabat karibnya. Setelah sering bersama, Tifanny menaruh hati kepada Pat. Namun, Pat ternyata masih berharap untuk bisa bertemu dengan istrinya. Hingga kemudian Tifanny meminta Pat untuk menjadi partner menarinya dalam sebuah kejuaraan.

3. To All The Boys I've Loved Before (2018).

film Netflix romantis komedi terbaik versi IMDb  berbagai sumber

foto: imdb.com

To All the Boys I've Loved Before merupakan film Netflix romantis komedi terbaik versi IMDb dengan capaian rating 7,1/10. Film ini mengisahkan Lara Jean Covey yang dikenal pemalu. Ia menulis surat kepada anak laki-laki yang sangat dia sukai sebelum menguncinya di lemari. Salah satu surat untuk anak laki-laki yang dicintainya adalah untuk Josh yang ternyata malah menyukai Margot, kakak perempuannya.

Hubungan Josh dan Margot terus berlanjut ke perguruan tinggi sampai mereka putus. Lara Jean selalu naksir Josh tetapi memutuskan keadaan tidak akan baik-baik saja jika ia berkencan dengannya. Suatu malam, Lara Jean tertidur di sofa sambil bergaul dengan adik perempuannya, Kitty, yang menyelinap ke kamarnya dan menemukan koleksi suratnya. Surat tersebut kemudian tanpa sengaja tersebar di sekolah dan membuat gosip tentang Lara.

4. Always Be My Maybe (2019).

film Netflix romantis komedi terbaik versi IMDb  berbagai sumber

foto: imdb.com

Always Be My Maybe merupakan film Netflix romantis komedi terbaik versi IMDb dengan capaian rating 6,8/10. Film ini mengisahkan kencan pertama yang dilakukan oleh Sasha Tran dan Marcus Kim, teman masa kecil yang tumbuh bertetangga di San Francisco. Latar orang tua yang merupakan imigran/pengungsi Vietnam, membuat Sasha secara teratur meninggalkan rumahnya sendirian sementara mereka menjaga toko. Selain itu, orang tua Marcus sering mengajaknya makan malam, dan ibu Marcus yang keturunan Korea-Amerika, Judy, mengajarinya memasak.

Sasha dan Marcus menjadi sepasang sahabat dekat yang berlanjut hingga masa remaja. Hubungan tersebut kemudian rusak setelah ibunya meninggal dalam suatu kecelakaan. Berduka atas kejadian tersebut membuat keduanya berhubungan seks hingga terjadi perselisihan antara mereka. Keduanya kemudian putus kontak hingga pada masa yang akan datang, Sasha dan Marcus kembali bertemu untuk memperjelas perasaan masing-masing.

5. Tallulah (2016).

film Netflix romantis komedi terbaik versi IMDb  berbagai sumber

foto: imdb.com

Tallulah merupakan film Netflix romantis komedi terbaik versi IMDb dengan capaian rating 6,7/10. Film ini mengisahkan seorang wanita muda yang secara tak terduga mengambil bayi dari seorang ibu yang tidak bertanggung jawab dan berpura-pura bahwa anak itu adalah anaknya sendiri. Konyolnya, wanita tersebut meminta bantuan dari ibu mantan pacarnya untuk mengatakan bahwa bayi tersebut adalah cucunya.

Hal semacam itulah yang terjadi pada Tallulah (Ellen Page) saat menemukan bayi tak terduga. Bayi tersebut merupakan anak dari seorang wanita muda kaya yang tak peduli dengan anaknya. Tallulah yang diajak ke rumah wanita itu merasa kasihan dengan bayi tersebut.

Pada suatu waktu si wanita mabuk karena perceraian dengan suaminya, Tallulah lantas kabur membawa bayinya. Tallulah punya ide gila. Ia kembali mendatangi rumah ibu Nico dan mengatakan bahwa bayi tersebut adalah cucunya.