Brilio.net - Rhoma Irama adalah legenda dangdut Indonesia. Ia pun dijuluki sebagai si Raja Dangdut. Ia membentuk band bernama Soneta yang sejak 13 Oktober 1973 mulai berkibar. Bersama grup Soneta yang dipimpinnya, Rhoma tercatat pernah memperoleh 11 Golden Record dari penjualan kaset-kasetnya.

Ia juga sukses di dunia film. Hampir semua film Rhoma Irama selalu disukai penonton pada zamannya. Hampir semua film Rhoma selalu laku. Bahkan sebelum sebuah film selesai diproses, orang sudah memesannya. Satria Bergitar, misalnya yang dibuat dengan biaya Rp 750 juta ini, ketika belum rampung sudah memperoleh uang Rp 400 juta.

Nah, brilio.net merangkum 10 film jadul Rhoma Irama yang masih dicari penggemarnya. Bagi kamu yang hidup era tahun 1980 an pasti bernostalgia nih.

1. Berkelana 

v © 2017 brilio.net

Loading...

Film ini berkisah tentang Subrata (Rachmat Hidayat), pengusaha dan ayah Rhoma (Rhoma Irama) di Bandung, mengarahkan anaknya agar jadi sarjana ekonomi. Rhoma mengikuti sambil menekuni kegemaran musik. Musik ini yang diharamkan Subrata, hingga sering konflik dan puncaknya pada saat gitar kesayangan Rhoma dihancurkan oleh ayahnya dan ia diusir dari rumah.

Maka Rhoma pun berkelana ke Jakarta dan mengaku bernama Budi. Ketika salah seorang temannya sakit parah dan membutuhkan biaya besar, dan permintaan bantuan pada ayahnya ditolak, maka Budi menjambret tas Ani (Yatie Octavia) yang disuruh ayahnya mengurus surat-surat rumah. Bagaimana kelanjutanya ya?

2. Berkelana 2

v © 2017 brilio.net

Film yang diproduksi tahun 1978 ini lanjutan Berkelana 1. Budi alias Rhoma (Rhoma Irama) yang diusir di tengah jalan yang hujan tertabrak seorang pengendara motor. Kawan-kawan Budi saat masih mengamen kebetulan menemukan Budi yang terluka. Budi dibawa pulang ke rumah pondokan mereka dan dirawat. Sementara itu Ani (Yatie Octavia) harus berusaha mencari. Namanya selalu Ani ya?

3. Begadang

v © 2017 brilio.net

Meski bukan yang pertama kali, nama Ani kembali digunakan dalam film ini. Kisah ini terjadi gara-gara Rhoma cs adalah anak gaul yang sering nongkrong sampai malam alias begadang. Sosok Rhoma Irama pun digambarkan sebagai seorang pemuda pengangguran anak janda miskin,tapi pintar membuat lagu. Setelah itu, alur ceritanya pun menjadi klise. Rhoma rekaman, albumnya meledak, dituduh penjahat, kemudian penjahat sebenarnya ketahuan. Lalu bahagialah Rhoma dan Ani.

4. Satria Bergitar

v © 2017 brilio.net

Film ini cukup legendaris. Film yang beredar tahun 1984 ini dan disutradarai oleh Nurhadie Irawan. Film ini berkisah tentang kehidupan di negeri Antioch Gaza, Raja Wasit Aron (WD Mochtar) menyusun kekuatan untuk merebut kembali tahtanya yang dirampas Abu Garin (Soultan Saladin). Abu Garin yang serakah ini belum juga puas jika belum berhasil mengawini putri Wasit bernama Tirza (Ricca Rachim) dan mengambil batu mustika bernama Mutiara Samudera Tantangan yang masih dikuasai Wasit. Peperangan antara baik dan buruk pun tak terelakkan. Lalu datanglah seorang musafir yang selalu menyandang gitar (Rhoma Irama) yang menyelesaikan semua masalah.

5. Pengabdian

v © 2017 brilio.net

Film yang beredar tahun 1984 ini berkisah tentang Rhoma yang beristri Ani (Yati Octavia). Rhoma Irama mengecewakan Ani, kemudian Ani jatuh sakit dan buta! Akhirnya, dengan alasan itulah Rhoma Irama banting stir dengan menjadi seorang peternak dan beraksi layaknya Cowboy!

6. Menggapai Matahari 1

v © 2017 brilio.net

Film ini diproduksi tahun 1986 dan dibintangi Rhoma bersama Yati Octavia yang berperan sebagai Kartika. Film ini berkisah tentang permusuhan antara pecinta dangdut dan rockers.

7. Menggapai Matahari II

v © 2017 brilio.net

Film ini diproduksi tahun 1986 dan merupakan lanjutan dari Menggapai Matahari I. Dalam film ini Rhoma Irama harus mendekam di penjara dan grup musiknya kocar-kacir. Perseteruan antara danngdut dan musik rock masih kental. Namun, Rhoma akhirnya mampu bangkit dan bersinar kembali.

8. Nada-Nada Rindu

v © 2017 brilio.net

Film ini masih seputar musik dangdut. Dalam perseteruan, Rhoma Irama dijebak, foto mesumnya bersama seorang wanita pecandu narkotik lantas disebar ke jagad media. Rhoma yang shock pun akhirnya menyepi di tempat gurunya. Lalu muncullah sebuah ide dimana Rhoma menyamar sebagai Zulfikar, kembali ke panggung musik.

9. Bunga Desa

v © 2017 brilio.net

Dalam film ini Rhoma bermain dengan Ratna (Marissa Hosbach). Rhoma menyelamatkan Ratna dari cengkraman seorang germo. Dalam perjalanan menyelamatkan perempuan itu, ia terlibat perkelahian hingga Rhoma terpisah dari perempuan. Lalu Rhoma pergi mencari ketenangan dii desa. Dia bertemu dengan Sumi (Ida Iasha). Bagaimana kelanjutannya ya?

10. Nada dan Dakwah

v © 2017 brilio.net

Nada dan Dakwah adalah film drama islami Indonesia yang dirilis pada tahun 1991. Film yang disutradarai oleh Chaerul Umam ini dibintangi antara lain oleh Rhoma Irama, Ida Iasha dan KH Zainuddin MZ.