Brilio.net - Kemerdekaan Indonesia diraih dengan penuh perjuangan dan pengorbanan. Berbagai bentuk perjuangan dan kerja keras telah dilakukan oleh para pahlawan dalam melawan dan mengusir para penjajah dari Tanah Air. Untuk itu, sebagai warga negara yang baik, maka kamu tak boleh melupakan jasa-jasa mereka.

Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-77 bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menonton film tentang kemerdekaan Indonesia. Film-film ini terinspirasi oleh perjuangan melawan penjajah dalam mencapai kemerdekaan. Adegan penuh semangat dan terkadang diselingi cerita sedih bikin penonton refleksi apa yang sudah dilakukan pahlawan untuk negeri ini.

Bagi kamu yang perlu referensi film tentang perjuangan kemerdekaan, berikut deretan film perjuangan kemerdekaan yang cocok ditonton saat 17 Agustus, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (16/8).

1. Soekarno (2013).

Film bertema perjuangan dan nasionalisme © 2022 berbagai sumber

foto: imdb.com

Film ini mengikuti kehidupan Soekarno, presiden pertama Republik Indonesia dari masa kecilnya hingga ia berhasil memproklamasikan kemerdekaan Indonesia bersama M. Hatta pada 17 Agustus 1945.

Bermula pada pada 1942, Pemerintah Hindia Belanda di Pulau Jawa menganggap Soekarno, seorang pemuda yang memiliki cita-cita tinggi ingin membebaskan Indonesia dari penjajahan. Hingga kemudian dimasukkan ke dalam Penjara Banceuy di Bandung, Indonesia.

Namun, dari situ. Soekarno menemukan cara untuk melawan dengan menyampaikan orasi pembelajaran yang terkenal berjudul "Indonesia Menggugat" dalam persidangannya di Pengadilan Negeri Bandung Landraad.