×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
10 Film anime Jepang terlaris sepanjang masa, wajib nonton lagi...

View Image

0

BRILIO » Film

10 Film anime Jepang terlaris sepanjang masa, wajib nonton lagi...

Ada yang berbiaya sampai Rp 353 miliar.

24 / 01 / 2017

Brilio.net - Anime adalah animasi dari Jepang yang digambar dengan tangan maupun menggunakan teknologi komputer yang baru-baru ini hits dan kembali digemari. Kata anime merupakan singkatan dari "animation" dalam bahasa Inggris, yang merujuk pada semua jenis animasi. Di luar Jepang, istilah ini digunakan secara spesifik untuk menyebutkan segala animasi yang diproduksi di Jepang.

Anime pertama yang mencapai kepopuleran yang luas adalah Astro Boy karya Ozamu Tezuka pada tahun 1963. Sekarang anime sudah sangat berkembang jika dibandingkan dengan anime zaman dulu. Dengan grafik yang sudah berkembang sampai alur cerita yang lebih menarik dan seru. Masyarakat Jepang sangat antusias menonton anime dan membaca manga. Dari anak-anak sampai orang dewasa.

Nah, setelah Astro Boy, mulailah bermunculan film-film anime yang akhirnya menyita perhatian, karena laris sekali ditonton tak hanya masyarakat Jepang saja, tetapi masyarakat dunia. Apa saja? Ini dia film anime Jepang yang terlaris sepanjang masa yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (24/1).

1. Spirited Away (2001)

Loading...

Film Anime Laris Jepang © 2017 brilio.net-foto: animeeyes.com

Spirited Away atau Sen to Chihiro no Kamikakushi adalah sebuah film tahun 2001 yang disutradarai sutradara anime dan mangaka Jepang Hayao Miyazaki yang dibuat di Studio Ghibli. Spirited Away dirilis di Jepang pada Juli 2001, menarik penonton sebanyak sekitar 23 juta dan meraup pendapatan sebesar 30 miliar yen atau sekitar Rp 353 miliar, mengalahkan Titanic untuk menjadi film tersukses dalam sejarah Jepang.

Film ini memenangkan penghargaan Oscar pada tahun 2002 dalam kategori Film Animasi Terbaik dan menjadi anime pertama yang meraih penghargaan dalam kategori tersebut.

2. Grave of fireflies (1988)

Film Anime Laris Jepang © 2017 brilio.net--foto: rogerebert.com

Grave of the Fireflies adalah film kartun klasik, hanya tokoh utama yang bergerak, tokoh-tokoh lain diam seperti lukisan. Latar waktu film ini adalah perang dunia 2, yaitu ketika Amerika menyerang Jepang. Grave of the Fireflies bercerita tentang seorang gadis kecil dan kakaknya yang harus bertahan hidup setelah ibu mereka meninggal karena bom dan ayah mereka juga tak terdengar kabarnya.

3. Princess Mononoke (1997)

Film Anime Laris Jepang © 2017 brilio.net

foto: wikipedia.com

Princess Mononoke adalah animasi fantasi bersejarah tahun 1997 yang ditulis dan disutradarai oleh Hayao Miyazaki dari Studio Ghibli. 'Mononoke' bukanlah sebuah nama, tetapi istilah umum dalam bahasa Jepang untuk roh atau raksasa. Film ini pertama dirilis di Jepang pada tanggal 12 Juli 1997, dan di Amerika Serikat pada tanggal 29 Oktober 1999.

4. My Neighbor Totoro (1988)

Film Anime Laris Jepang © 2017 brilio.net

foto: ourgoldenage.com.au

My Neighbor Totoro adalah sebuah film animasi produksi Hayao Miyazaki dan dirilis ke teater oleh Toho (Jepang), Troma Films (1993 Inggris dub), dan Disney (2006 dub), tanggal 16 April 1988. Film ini menyita perhatian karena kisahnya yang unik dan menarik.

5. 5 Centimeters Per Second (2007)

Film Anime Laris Jepang © 2017 brilio.net

foto: crunchyroll.com

5 Centimeters Per Second merupakan sebuah film anime Jepang tahun 2007 yang digarap oleh Makoto Shinkai. Pada tanggal 3 Maret 2007, film lengkapnya telah ditayangkan sebagai tayangan perdana di Cinema Rise di Shibuya, Tokyo. Film tersebut terdiri dari tiga episode atau bagian.

6. The Wind Rises (2013)

Film Anime Laris Jepang © 2017 brilio.net

foto: wikipedia.com

The Wind Rises adalah film animasi Jepang produksi Studio Ghibli dan disutradarai oleh Hayao Miyazaki. Film ini didasarkan pada manga berjudul sama yang berasal dari cerita pendek karya Tatsuo Hori, seorang penulis, penyair, dan penerjemah dari zaman Showa.

7. The Tale of the Princess Kaguya (2013)

Film Anime Laris Jepang © 2017 brilio.net

foto: pinterest.com

The Tale of the Princess Kaguya adalah sebuah film drama fantasi animasi Jepang 2013 yang diproduksi oleh Studio Ghibli dan disutradarai dan ditulis oleh Isao Takahata, berdasarkan pada Kisah Pemotong Bambu. Film tersebut adalah film kelima Takahata untuk Studio Ghibli, dan film pertamanya sejak My Neighbors the Yamadas (1999).

8. Children Who Chase Lost Voices (2011)

Film Anime Laris Jepang © 2017 brilio.net

foto: crunchyroll.com

Children Who Chase Lost Voices adalah sebuah anime karya Makoto Shinkai yang bercerita tentang petualangan seorang anak bernama Asuna di sebuah negeri bernama Agartha.

Alkisah, Asuna adalah seorang anak perempuan yang diasuh oleh ibu yang bekerja sebagai seorang perawat. Karena bapaknya sudah meninggal, ibu Asuna harus bekerja ekstra keras dan mengambil shift panjang dari pagi sampai malam untuk menghidupi dirinya dan Asuna.

9. Howl's Moving Castle (2004)

Film Anime Laris Jepang © 2017 brilio.net

foto: disney.com

Howl's Moving Castle adalah sebuah film fantasi animasi Jepang tahun 2004 yang ditulis dan disutradari oleh Hayao Miyazaki. Film ini diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya penulis asal Inggris, Diana Wynne Jones. Film ini diproduksi oleh Toshio Suzuki, dengan animasinya oleh Studio Ghibli dan didistribusi oleh Toho.

Howl's Moving Castle ditampilkan perdana di Festival Film Venesia pada 5 September 2004, dan dirilis di bioskop-bioskop Jepang pada 20 November 2004. Howl's Moving Castlemenerima omset USD190 juta di Jepang dan USD235 juta di seluruh dunia, menjadikannya sebagai salah satu film terlaris dalam sejarah perfilman Jepang.

10. Your Name (2016)

Film Anime Laris Jepang © 2017 brilio.net

foto: movie.sanook.com

Your Name adalah sebuah film animasi Jepang produksi tahun 2016 bertema fantasi untuk remaja yang ditulis dan disutradarai oleh Makoto Shinkai, dengan animasi dikerjakan oleh CoMix Wave Films, dan didistribusikan oleh Toho. Film ini dibuat berdasarkan novel karya Makoto Shinkai berjudul sama, yang dirilis pada 18 Juni 2016.

Film ini ditayangkan perdana di konvensi Anime Expo 2016 di Los Angeles, California pada 3 Juli 2016, dan kemudian ditayangkan di Jepang pada 26 Agustus 2016.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    67%

  • Ngakak!

    5%

  • Wow!

    10%

  • Sedih

    10%

  • Marah

    5%

  • Love

    5%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more