Brilio.net - Pecinta film wajib nonton film Lion yang sebentar lagi akan diputar di bioskop. Lion adalah film drama Australia-Amerika Serikat-Inggris yang disutradarai oleh Garth Davis dan dikarang oleh Luke Davies.

Film ini dibintangi oleh Dev Patel, Rooney Mara, David Wenham, dan Nicole Kidman. Film ini mengisahkan tentang Saroo Brierley, yang terpisah jauh dari keluarganya saat berumur lima tahun dan diadopsi oleh pasangan keluarga Australia, lalu mencari keluarganya yang hilang menggunakan Google Earth.

Selain punya cerita yang berdasarkan kisah nyata, film ini juga mendapat sambutan hangat karena akting para pemerannya yang memukau. Biar kamu nggak makin penasaran, berikut ini adalah 10 fakta di balik film Lion, yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (13/1).

1. Pada 24 April 24 2013, Garth Davis diumumkan akan memulai debutnya sebagai sutradara dengan membuat biopik Saroo Brierley melalui rumah produksi See-Saw Films dan Sunstar Entertainment.

Film Lion Dev Patel © 2017 brilio.net foto: adoption.com

2. Kisah ini diangkat berdasarkan memoar A Long Way Home tentang Saroo, bocah lima tahun yang salah menaiki kereta dan terpisah jauh ribuan mil dari rumahnya.

Film Lion Dev Patel © 2017 brilio.net foto: indiwire.com

3. Pada Mei 2014, The Weinstein Company mengeluarkan USD 12 juta untuk membeli hak mengedarkan drama kisah hidup Saroo yang diberi judul Lion ke seluruh dunia.

Film Lion Dev Patel © 2017 brilio.net foto: youtube.com

4. Produksi film dikerjakan bersama oleh See-Saw, Sunstar, dan Aquarius Films, sementara pendanaan film ikut dibantu oleh Screen Australia dan Fulcrum Media Finance.

Film Lion Dev Patel © 2017 brilio.net foto: afternoiz.com

5. Pada Oktober 2014, Dev Patel dan Nicole Kidman diumumkan sebagai pemeran utama. Dan Nawazuddin Siddiqui, Priyanka Bose, Tannishtha Chatterjee, dan Deepti Naval juga terpilih pada Januari 2015.

Film Lion Dev Patel © 2017 brilio.net foto: stockholmfilmfestival.se

6. Sia Furler menulis lagu berjudul "Never Give Up" untuk Lion.

Film Lion Dev Patel © 2017 brilio.net foto: hollywoodreporter.com

7. Pengambilan gambar utama Lion dimulai pada Januari 2015 di Kolkata, India.

Film Lion Dev Patel © 2017 brilio.net foto: hollywoodreporter.com

8. Pada pertengahan April, lokasi pengambilan gambar dipindahkan ke Australia, mengambil latar Melbourne dan Hobart.

Film Lion Dev Patel © 2017 brilio.net foto: hollywoodreporter.com

9. Penayangan perdana Lion dilakukan pada 10 September 2016 di Festival Film Internasional Toronto.

Film Lion Dev Patel © 2017 brilio.net foto: zimbio.com

Film ini diputar saat malam pembukaan Festival Film Zurich pada 22 September 2016. Lion ditayangkan dalam Festival Film London pada 12 Oktober 2016 dan Festival Film Internasional Hamptons pada 7 dan 8 Oktober 2016.

10. Film ini menerima ulasan positif atas penampilan Dev dan Nicole yang menuai pujian setelah pembukaan penayangan perdana Lion di Festival Film Internasional Toronto.

Film Lion Dev Patel © 2017 brilio.net foto: Istimewa