Brilio.net - Sebuah perusahaan di Beijing, China punya aturan yang tidak biasa dan bikin geleng-geleng kepala. Pasalnya, setiap pegawai cewek harus mencium bibir bos mereka setiap pagi demi mempererat hubungan antar pegawai dan manajer.

Dilansir brilio.net dari shanghaiist, Senin (10/10), setiap pagi antara pukul 09.00 dan 09.30 waktu setempat, pegawai wanita diwajibkan berbaris dan mengantre untuk mencium bos mereka sebelum memulai pekerjaan. Dalam foto yang beredar viral di media sosial China, tampak satu per satu pegawai cewek menanti giliran untuk memberikan kecupan selamat pagi kepada manajer mereka.

Melihat aturan konyol dan antimainstream perusahaan yang bergerak di bidang penjualan peralatan pembuatan bir rumahan itu, netizen pun mempertanyakan sistem kerja dengan aturan nyeleneh tersebut.

Pegawai cium bos di kantor © 2016 Weibo

"Kok bisa pegawai wanita mau melakukannya? Apakah pacar atau suami mereka tahu?" ujar salah seorang netizen.

Loading...

"Aku ingin bertanya kepada pegawai wanita: Apa kalian nggak punya uang? Kok nggak ganti pekerjaan saja sih?" tanya netizen lain.

Menurut Sohu, media lokal setempat, para pegawai wanita awalnya tidak mau menuruti ritual pagi tersebut. Namun karena bos mereka memaksa, para pegawai pun akhirnya tidak punya pilihan. Kabarnya, hanya dua pegawai wanita yang menolak aturan itu.

Sementara itu, bos perusahaan tersebut mengklaim aturan tersebut dibuat untuk menciptakan kedekatan antara pegawai dan manajer. Ia bahkan menyebut para pegawainya merindukan dirinya ketika sedang tidak berada di kantor.