Brilio.net - Transportasi umum sebagai salah satu ujung tombak mengurangi kemacetan di kota, tentu harus selalu memberikan pelayanan yang prima dan aman bagi penumpangnya. Tak hanya itu, transportasi umum juga harus ramah dengan pengguna jalan lainnya. Setuju dong?

Namun nampaknya cerminan minimalis standar transportasi umum itu belum sama sekali terlihat di Kota Yogyakarta. Sebab, bus yang kerap disebut Trans Jogja ini sering bermasalah dengan keamanan terutama bagi pengguna jalan raya lainnya.

Tepatnya pada Jumat (26/2) sore hari, bus berwarna hijau dan berasap hitam pekat ini kembali terlibat insiden tak menyenangkan. Diduga karena kurang hati-hati, bus milik pemerintah Kota Yogyakarta ini menyenggol gerobak sorong milik seorang pedagang kacang keliling. Insiden yang terjadi di Jalan Kaliurang KM 4,5, Yogyakarta ini mengakibatkan dagangan kacang dalam gerobak tersebut tumpah ruah berceceran di jalan raya.

Ugal-ugalan, bus ini senggol gerobak pedagang kacang sampai tumpah!

Tentu saja hal tersebut membuat banyak warga Yogyakarta yang melihatnya iba dengan pedagang kacang tersebut, sekaligus marah dengan aksi supir bus Trans Jogja yang dinilai kerap ugal-ugalan bak sopir angkutan yang mengejar setoran.

Ugal-ugalan, bus ini senggol gerobak pedagang kacang sampai tumpah!

Salah seorang saksi mata kejadian, Dadang menuturkan gerobak pedagang tersebut sampai penyok rodanya.

"Saya sampai di lokasi keadaan kacang sudah berserakan di jalan raya. Saya juga melihat keadaan gerobaknya mengalami penyok di bagian roda," ujar Dadang ketika dihubungi brilio.net, Jumat (26/2).

Dadang menuturkan bahwa salah satu petugas bus Trans Jogja langsung turun untuk meminta maaf dan bertanggung jawab atas insiden tersebut. Kendati demikian, warga Yogyakarta memang sudah lama geram dengan kelakuan bus Trans Jogja. Warga menilai selain kondisi bus yang banyak rusak parah, Trans Jogja memang kerap ugal-ugalan di jalan. Wajar jika foto yang diunggah di salah satu group media sosial warga Yogyakarta itu memantik emosi warga.

Ugal-ugalan, bus ini senggol gerobak pedagang kacang sampai tumpah!

"Emangg Trans Jogja jika di jalan sering ugal-ugalan, saya sendiri trauma jika bersimpangan dengan bus itu. Saya lebih baik mengalah,"
ujar salah akun Ranti Dijhe mengomentari foto tersebut.

"Trans Jogja kenapa selalu kebal ya? Sering sekali rusuh di jalan tetapi tidak pernah diusut," ujar akun Naa ikut bertanya.

Duh! Kok gitu banget ya? Semoga Pemkot Yogyakarta mau mengevaluasi dan memperbaiki teknis kerja Trans Jogja agar tak menimbulkan hal-hal negatif lagi. Kamu setuju kan?