Brilio.net - Tayangan ajang pencarian bakat penyanyi dangdut D'Academy 4 terkena sanksi dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) berupa penghentian sementara tayangannya pada tanggal 27 dan 28 Februari 2017. Sanksi itu dijatuhkan sebagai buntut keributan antara Dewi Perssik dengan Nassar pada D'Academy 4, 14 Februari lalu.

Saat itu, terjadi adu mulut antara Dewi Perssik dengan Nassar hingga keluar kata-kata kasar yang tak pantas diucapkan saat acara live. Penghentian tayangan sementara tentu disesalkan oleh pihak Indosiar. Padahal hingga saat ini D'Academy tercatat mempunyai rating yang bagus alias laris dan banyak ditonton.

Selain D'Academy, ada beberapa tayangan laris yang punya riwayat pernah dihentikan sementara penayangannya oleh KPI. Berikut daftar tayangan yang pernah dihentikan seperti dilansir brilio.net dari situs resmi KPI.

1. Ganteng-Ganteng Serigala.

acara dihentikan sementara KPI © 2017 istimewa foto: YouTube

Sinetron yang laris pada 2014 lalu ini juga pernah kena sanksi dari KPI berupa penghentikan sementara selama 3 hari mulai tanggal 21 hingga 23 Oktober 2014. Sanksi tersebut dijatuhkan oleh KPI, lantaran adanya pelanggaran Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 & SPS) pada tayangan 16 Agustus 2014.

Pada episode tersebut sinetron ini menayangkan adegan seorang remaja perempuan melompat ke dalam api serta adegan remaja laki-laki dan remaja perempuan yang mengenakan seragam sekolah berpelukan di lingkungan sekolah. Padahal GGS sudah pernah mendapatkan peringatan kedua dari KPI karena memunculkan adegan bermesraan dan berpelukan dari siswa sekolah.

2. Rumpi No Secret.

acara dihentikan sementara KPI © 2017 istimewa foto: Instagram.com/@rumpi_ttv

Acara infotainment yang dipandu Feni Rose ini juga pernah kena semprit KPI hingga dihentikan sementara selama 5 hari pada 7-11 September 2015. KPI menyebut terjadi pelanggaran pada tayangan 4 Agustus 2015 atas tayangan yang mewawancarai Riana Rara Kalsum mengenai perseteruan antara dirinya dengan Zulfikar.

KPI Pusat menilai muatan permasalahan kehidupan pribadi (privasi) seseorang tidak boleh disiarkan karena dapat mendorong berbagai pihak yang terlibat dalam konflik untuk mengungkapkan aib masing-masing.

3. Dahsyat.

acara dihentikan sementara KPI © 2017 istimewa

foto: Instagram.com/@dahsyat.musik

Acara musik Dahsyat hingga saat ini masih cukup laris ditonton tapi cukup banyak membuat netizen geram. Meski begitu, ada banyak daftar hitam dari tayangan yang telah berjalan 9 tahun ini. Dahsyat pernah kena sanksi penghentian sementara pada selama 3 hari pada Maret 2013.

Penghentian itu sebagai buntut pernyataan Raffi Ahmad pada salah satu episode bulan Desember 2012 kepada bintang tamu, Chef Renne Tanjung, "Kamu Natal nggak?" dan kemudian Chef Renne menjawab, "Nggak!" Lalu Raffi bertanya, "Kamu nggak Natal ya?" Chef Renne menjawab, "Nggak, saya Islam prose*an." Jenis pelanggaran ini dikategorikan sebagai pelanggaran atas penghormatan terhadap nilai-nilai agama dan perlindungan anak dan remaja.

Selain itu, Dahsyat sudah beberapa kali mendapatkan surat teguran. Bahkan, Dahsyat juga pernah mendapatkan sanksi berupa pengurangan durasi tayang.

4. Inbox.

acara dihentikan sementara KPI © 2017 istimewa foto: dok. istimewa

Pada waktu yang hampir bersamaan dengan Dahsyat, acara musik Inbox juga mendapat sanksi berupa penghentian sementara selama 3 hari pada bulan Maret 2013. Penghentikan itu dijatuhkan karena tayangan 7 Januari 2013. Pada tayangan itu, ditampilkannya adegan dari para host yang melecehkan seorang perempuan lanjut usia sehingga ibu tersebut menjadi bahan olok-olok.

Selain sanksi itu, Inbox juga telah beberapa kali mendapatkan sanksi dari KPI.

5. Pesbukers.

acara dihentikan sementara KPI © 2017 istimewa

foto: Instagram.com/@pesbukers_antv

Acara yang sudah bertahun-tahun tayang ini cukup banyak membuat netizen geram. Telah berkali-kali mendapatkan sanksi dari KPI nyatanya acara ini tetap ditonton dan mendapatkan rating yang bagus.

Pesbukers pernah mendapatkan sanksi penghentian sementara pada Januari 2013 lalu selama 5 hari. Selain itu Pesbukers juga pernah mendapatkan sanksi pengurangan durasi tayang. pada tahun 2016 saja Pesbukers mendapatkan 3 surat peringatan dari KPI. Bahkan KPI mengakui jika ada lebih dari 60 aduan terkait tayangan Pesbukers. Masyarakat yang mengadu menilai Pesbukers seharusnya tak pantas lagi tayang.