Dalam video pendek yang dihimpun brilio.net dari Instagram @video_medsos pada Kamis (26/1), terlihat momen prosesi akad nikah lengkap dengan seorang penghulu dan beberapa saksi. Kemudian penghulu dan calon pengantin hendak melakukan ijab kabul. Beberapa menit kemudian, penghulu memulainya dengan nada tegasnya, sampai terdengar suara lato-lato yang mengganggu konsentrasinya. Sang penghulu pun salah dalam menyebutkan nama ayah dari calon mempelai. Diduga karena gangguan suara lato-lato tersebut, ia kehilangan konsentrasi.

Decak tawa tamu hadirin pun pecah ketika penghulu salah menyebutkan nama ayah dari calon mempelai. Momen sakral dan menegangkan tersebut seketika menjadi ramai. Meskipun ramai dengan tawa dari tamu hadirin, terlihat kedua mempelai tetap khusyuk mengikuti prosesi akad. Seolah tidak terjadi hal yang lucu di mata kedua mempelai tersebut.

"Wahai saudara Supriyono bin Taman, lato-lato," ucap sang penghulu.

konsentrasi penghulu buyar usai dengar suara lato-lato © 2023 brilio.net

foto: Instagram/@video_medsos

 

Setelah menghentikan akad untuk sementara karena gangguan dari suara lato-lato, lantas sang penghulu melanjutkan kalimatnya dan mengimbau kepada tamu undangan supaya menghentikan orang yang sedang bermain lato-lato untuk diam. Seketika tamu undangan yang tadinya tertawa menjadi diam seribu bahasa setelah mendengar ucapan tegas dari sang penghulu. Lantas penghulu pun mengulangi kalimat ijab kabulnya dari awal.

"Lato-lato, diam. Lato-lato, diam. Gandeng, berisik. Ulangi," kata sang penghulu.

Warganet ikut membanjiri komentar dengan beberapa ucapan lucu. Mereka ada yang menceritakan kekesalan dengan suara lato-lato yang dianggap berisik serta mengganggu ketertiban umum.

"Bisa bisanya calon pengantin gak ketawa," kata @Reno_van_hauten.

"jgn bilang nama nya jg anak2, tp kn anak2 harus tau jg adab dan sopan nya saat berada di acara orng lain .. penting nya jd orngtua untuk ajarkan si anak baik di tmpt orng," ujar akun @d14.y16.

"kemarin gw nglatih anak2 main hadroh.. tapi mereka banyak yang bawa latto latto.. pengen tak polesi tapi anakke wong," kata akun @kanasik128.

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by VIDEO_MEDSOS (@video_medsos)