Brilio.net - Ada ratusan anak yang dinyatakan hilang tiap tahunnya di seluruh dunia. Salah satunya disebabkan oleh aksi penculikan. Karena itulah, penting membekali pengetahuan untuk menyelamatkan diri dalam kondisi berbahaya.

Baru-baru ini, beredar kisah seorang remaja yang selamat dari penculikan pedofil berkat video TikTok. Dilansir brilio.net dari BBC pada Rabu (10/11), gadis berusia 16 tahun ini menirukan gestur tangan yang pernah dilihatnya di video viral TikTok.

Saat berada di dalam mobil penculik, remaja ini menghadapkan telapak tangan ke arah lawan bicara, menyelipkan ibu jari ke dalam, lalu menutupinya dengan jari lainnya. Menurut Canadian Women's Foundation. Gerakan tangan ini awalnya berarti seseorang mengalami kekerasan dalam rumah tangga dan meminta bantuan. Namun tanda ini juga dapat digunakan seseorang saat dalam kesulitan.

selamat dari penculikan berkat tiru video TikTok © 2021 brilio.net

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

foto: Liputan6.com via Boredpanda

Untunglah, ada seorang pengemudi yang mengenali gestur tersebut. Pengemudi itu kemudian menelepon ke polisi, mengatakan bahwa ada remaja yang berada dalam kesulitan dan sedang bersama laki-laki yang lebih tua.

"Seorang penumpang wanita di dalam kendaraan membuat gerakan tangan yang dikenal di platform media sosial TikTok untuk mewakili kekerasan di rumah, tanda butuh bantuan dalam kekerasan dalam rumah tangga," demikian pernyataan Kantor Sheriff Kabupaten Laurel.

Ternyata remaja tersebut memang dalam pencarian polisi. Orang tuanya sudah melaporkan keberadaannya yang hilang sejak Selasa (2/11) pagi dan berhasil ditemukan 2 hari setelahnya.

(brl/lin)