Brilio.net - Menstruasi adalah keluarnya darah dari vagina yang terjadi sebagai dampak dari siklus bulanan. Siklus yang menjadi bagian dari proses organ reproduksi wanita dalam mempersiapkan kehamilan ini berlangsung secara alami. Namun, berbeda dengan kisah wanita yang baru-baru ini mengunggah video di TikTok di akun @daysofkim tentang kisahnya yang mengalami menstruasi tiga kali dalam sebulan.

Kisah wanita alami menstruasi 3 kali sebulan TikTok

foto: TikTok/@daysofkim

Dalam video yang berdurasi 10 detik tersebut, wanita yang bernama Haniifah Nadaa Amadea yang tak lain adalah pemilik akun menunjukkan bahwa pada awalnya ia telat menstruasi selama satu bulan dan menganggap hal itu biasa. Namun, bulan berikutnya tanpa disangka ia mengalami menstruasi sebanyak tiga kali dalam satu bulan.

Setelah melakukan pemeriksaan ternyata ia mengalami Adenomyosis. "Wakakaka hidupku penuh dgn kebadutan," tulisnya dalam video unggahannya tersebut.

Dirinya juga mengalami gejalanya seperti sakit hingga pendarahan yang hebat saat menstruasi. Ternyata diketahui bahwa Nadaa mengalami Adenomyosis ketika berumur 15 tahun dan pada saat itu ia belum begitu mempermasalahkan dengan kondisinya, gejala yang ditimbulkan adalah ketika mengalami menstruasi bisa sampai 1,5 bulan lamanya.

Ia juga sudah sempat dinyatakan sembuh oleh dokter, karena dirinya rutin melakukan terapi hormon. Namun, pada 2022 Nadaa kembali mengalami kondisi serupa. Bahkan pada April 2022 itu dia mengalami tiga kali haid dalam sebulan. Diketahui bahwa Adenomyosis bisa terjadi kepada wanita semua usia, tapi belum bisa dijelaskan penyebab utamanya.

Kisah wanita alami menstruasi 3 kali sebulan TikTok

foto: TikTok/@daysofkim

Perlu diketahui bahwa Adenomyosis merupakan kondisi yang terjadi saat jaringan lapisan rahim tumbuh ke dalam dinding otot rahim. Jaringan ini, setiap siklus menstruasi akan menebal, pecah, dan berdarah, seperti yang dilansir dari Mayo Clinic.

Hingga pada akhirnya, ia pun kembali memeriksakan kondisinya dan didiagnosis menderita adenomyosis. Tetapi, dokter hanya bisa memberikan obat terapi hormon. Bahkan, Nadaa juga selalu merasa sakitnya ketika menstruasi seperti layaknya meremuk dan memutar botol minuman kemasan.

Meski hingga saat ini siklus menstruasinya masih belum lancar, namun dia masih rutin kontrol dan mengonsumsi obat resep dari dokter kandungannya. Karena hal itulah videonya viral dan menjadi sorotan publik.

Kisah wanita alami menstruasi 3 kali sebulan TikTok

foto: TikTok/@daysofkim

Seperti yang brilio.net lansir dari TikTok @daysofkim hingga Rabu (8/6), videonya telah dilihat sebanyak 1,1 juta kali dan menuai 463 komentar beragam dari warganet, khususnya para kaum hawa. Ada yang berbagi cerita hal yang sama hingga mendoakan Nadaa agar cepat sembuh.

"Lah gue jg nganggepnya biasa aja ni gue soalnya suka gitu. Dan gue belom mens lg, jadi takut." tulis akun @alyssailys

"gua skrng lg telat sebulan" komentar akun @didonggggg

"semangat aku pernah hampir 1 tahun kok." tulis pemilik akun @destinyx.x._

"Cepet sembuh ya kakk" doa pemilik akun @shafiraakhiria

"bagus kak. ga diabaikan.. banyak cwe mengabaikan siklus mens, semoga lekas sembuh." komentar pemilik akun @gudieparfumee.