Awalnya, sang pemilik akun mengira kakek tersebut menjual map karena ia terlihat menjajakan beberapa map-nya ke meja pengunjung. Karena merasa kasihan dengan upaya kakek tersebut, ia pun menghampiri kakek. Kakek itu berjalan sambil menghampirinya dengan sopan kemudian menyodorkan beberapa map kepadanya. Usut punya usut, sosok kakek tersebut bernama Pak Sahri. Alasan kenapa ia menjajakan map tersebut ialah untuk membiayai operasi bedah saraf di kepalanya.

Tulisan tersebut berbunyi, "Nama pak sahri mohon minta bantuan donasi kepada dermawan yang terhormat untuk biaya operasi bedah syaraf tulang kepala di Rumah Sakit Ujung Berung Bandung Jawa Barat Terima kasih,". Di dalam map tersebut terdapat beberapa lampiran berkas dan data diri Pak Sahri. Diduga kuat untuk menyakinkan calon donatur bahwa ia benar-benar membutuhkan dana serta tidak ada unsur penipuan.

Kisah pilu kakek penjual map © 2023 brilio.net

foto: TikTok/@alyafuadiyah

Unggahan yang telah dilihat sebanyak lebih dari 9,8 juta penayangan dan disukai sebanyak lebih dari 1,2 juta kali oleh sesama pengguna TikTok itu pun menuai beragam komentar. Reaksi warga TikTok melihat hal semacam itu memunculkan berbagai macam komentar yang bermaksud untuk memuji kebaikan pemilik akun serta mendoakan Pak Sahri diantaranya sebagai berikut.

"yaAllah kakek semoga d angkat penyakitnya di limpahkan rezekinya ya kakek Aamiin" kata @Ginaaaa

"Ya Allahh semoga Allah selalu melindungi kakeknya aamiin Ya Allah up up biar org org pd tau" sahut @sunkisses

"Panjang umur orang baik semoga kesehatan dan rezeki yang banyak menyertai kalian, aamiin" ujar @dendiprtmar_

Kepedualian warga TikTok tidak berakhir di sini, mereka juga menginisiatif diri mereka sendiri untuk mengadakan open donasi, Bahkan tak segan mereka menandai akun orang ternama dan selebritis seperti Ridwan kamil,Vilmei,Baim Wong,Raffi Ahmad tujuannya untuk mempercepat pengumpulan dana, nantinya dari hasil tersebut akan disalurkan kepada kakeh Sahri untuk biaya operasinya.

"Buka open donasi buat kakek nya itu bisa ga ya?" kata @Novembryan Prayitno Putra

"open donasi dongg kakk" @dinnnnn

"@ridwankamil.official maaf ya pak izin tag " kata @MAS R

"@vilmeijuga maaf kak ijin tag " sahut @selviacuty

"@Instagram: @hasanjr11 @Baim Wong aku bantu tag mereka ya kakk" tutur @acadailys

"@RaffiNagita1717 asalamualaikum aa maaf ngetag" dari @Vanillatte

@alyafuadiyah Suka keinget sm orangtua sendiri kalo liat bpk”/kakek” dijalan yg lg membutuhkan apalagi sakit kaya gini #percaya #fyp #fyp #fypdongggggggg #viral #bandung #trending janji setia - gabut woi