Brilio.net - Jika berbicara mengenai kisah kehidupan miris seseorang memang nggak ada habisnya. Namun, kisah-kisah ini selalu berhasil mengundang empati orang lain. Tidak hanya soal kesedihan, tapi orang juga bisa belajar dari pengalaman orang lain dan belajar bersyukur akan hidupnya.

Kali ini kisah yang cukup menyentuh hati datang dari seorang tukang becak bernama Taat. Pria paruh baya ini terpaksa harus berjuang sendiri untuk bertahan hidup.

Kisahnya diketahui usai seorang pengguna akun TikTok @thia.octria menceritakan pengalamannya menggunakan jasa Taat. Sepanjang jalan mereka banyak mengobrol, Taat pun menceritakan perjalanan hidupnya sekarang ini begitu sulit.

"Nggak sengaja pulang dari luar kota lihat bapaknya menawarkan becak ke saya. Tanpa pikir panjang, naik becak bapaknya karena kasihan lihat beliau bersemangat menawarkan ke saya," tulisnya.

Pria 78 tahun itu mengaku diusir anaknya dari rumah. Tentu ini suatu yang cukup mengiris hati siapapun yang mengetahuinya. Di usianya yang sudah tua, harusnya mendapatkan kasih sayang dan perlindungan dari anak-anaknya, namun ia justru harus berjuang mati-matian sendiri.

"Sepanjang perjalanan, kita ngobrol. Namanya Pak Taat (78) dan beliau ini diusir sama anaknya," sambungnya.

Kisah miris tukang becak diusir anak TikTok

foto: TikTok/@thia.octria

Tak sampai di situ, pemilik akun @thia.octria kembali dikejutkan dengan penghasilan perhari Taat, yakni Rp 7.000. Meski dirinya mendapatkan tumpangan tempat tinggal di rumah temannya, namun tetap saja penghasilan segitu tidak akan cukup memenuhi kebutuhan sehari-harinya, terutama untuk makan.

"Dia tinggal menumpang di rumah temannya dan penghasilan per hari cuma Rp7 ribu-an," lanjutnya.

Taat menyadari, saat ini orang sudah tidak tertarik untuk naik becak. Mereka lebih senang menggunakan jasa kendaraan online, selain praktis juga lebih cepat. Namun bagi orang seperti Taat, berada di tengah-tengah kecanggihan teknologi seperti sekarang ini tentu tidak mudah. Bahkan dalam sehari belum tentu ada orang yang menggunakan jasanya.

Kisah miris tukang becak diusir anak TikTok

foto: TikTok/@thia.octria

"Dia curhat sekarang sepi karena banyak orang lebih memilih pakai kendaraan online. Sedih banget dengar ceritanya. Kadang beliau gak bisa makan kalau sepi penumpang," cerita pemilik akun @thia.octria.

Video singkat dan penuh haru itu pun mengundang banyak perhatian. Tak sedikit warganet yang merasa sedih. Mereka juga kesal dengan perlakuan sang anak pada ayahnya itu.

Pengguna @thia.octria juga menambahkan di kolom komentar bahwa dirinya kembali bertemu Taat. Mirisnya Taat belum makan dari pagi dikarenakan hanya memegang uang Rp 3.000.

"Barusan aku nyari beliau dan ketemu. Nggak makan dari pagi karena cuma uang Rp 3.000. Terus aku kasih buat uang makan," ujarnya.

@thia.octria

Terharu denger kisah pejuang nafkah macam beliau ##berbagi ##kebaikan ##kindness ##pejuangnafkah ##fyp

Kamu dan Kenangan - Original Soundtrack Habibie & Ainun 3 - Maudy Ayunda