Dia mengumpulkan batu bata dari rumah mereka dan mengangkutnya menggunakan sepeda. Batu bata itu dikumpulkan untuk membangun tanggul di makam sang ayah. Dalam waktu yang terkesan lama ia berhasil menyelesaikan tanggul tersebut, mengingat usianya yang masih tergolong belia. 

"semen beli ka Shopee, pasir?," lanjutnya. 

"he.em ,pasir ambil ke belakang," jawab bocah laki-laki  

"kok budak bisa buat ni kubur sendiri ya untuk bapak dia, walau berminggu-minggu," tanya sang perekam video. 

anak bentengi makam ayahnya © 2023 brilio.net

foto: Tiktok/@akhmarsalehudin 

Dalam akhir video tersebut dibanjiri oleh beberapa komentar dari warganet, mereka merasa simpati atas perjuangan bocah laki-laki tersebut dalam memuliakan ayahnya meskipun sudah lama dipanggil oleh Yang Maha Kuasa. Meskipun bentuknya tidak sempurna, namun akhirnya tembok kecil di sekeliling makam ayahnya itu pun selesai dibuatnya.  

"Semoga menjadi anak yang soleh...," tulis dari akun @Ezlinda Ismail. 

"kasih sayang mengatasi segala kesukaran," sambung dari akun @Deeja. 

"semoga bila dah besar menjadi ank2 yg sholeh soleha Amin," dari akun @Cthajar. 

"Apa yg dia paham..kubur lain blh buat cantik2 n dia pun nk buat kubur ayhnya cantik2.allahuakbarr moga ank brjaya dunia akhirat..am," ujar akun @RatuBalkhis_Ladyboss88. 

"niat dia nk cantik kan kubur arwah ayah dia sama mcm kubur org lain..tahniah dik, awk mmg anak yg baik," kata akun @zuhin. 

@akhmarsalehudin Ketabahan adik nie untuk membuat kurbur ayahnya seperti kubur2 lain dengan adanya kepuk dibina sendiri!! Baru berumur 11 Tahun geng.. #kasihsayang #kisahnyata #anaksoleh original sound - Tan Tin Tun