Brilio.net - Anjing sejak lama dikenal sebagai binatang peliharaan yang patuh dan setia. Ada pepatah yang mengatakan, 'anjing adalah sahabat terbaik manusia.' Ungkapan tersebut barangkali ada benarnya. Kisah berikut ini mungkin jadi bukti kesetiaan anjing yang mau melakukan hal apa pun yang diperintahkan kepadanya. Bahkan sekali pun tindakan tersebut bisa mengancam keselamatan dirinya sendiri.

Pada tanggal 16 April 2016 lalu, terjadi peristiwa gempa bumi hebat di Ekuador. Dilansir brilio.net dari the independent, Selasa (3/5), gempa bumi berkekuatan 7,8 Skala Richter itu telah menewaskan sedikitnya 700 jiwa. Dayko, seekor anjing berusia empat tahun yang memang sejak kecil dilatih untuk membantu polisi pun siap mengemban tugasnya.

Dayko diminta untuk mencari korban jiwa yang tertimbun di reruntuhan bangunan. Satu per satu korban akhirnya ditemukan berkat penciuman Dayko yang tajam. Namun saat proses penyelamatan korban masih berlangsung, anjing tipe labrador itu mengalami gangguan pernapasan akibat asap kebakaran.

BACA JUGA: 8 Bahasa tubuh anjing ini ternyata berisi pesan penting, kamu belum tentu tahu

Fisik dan kesehatan Dayko semakin menurun. Pihak Pemadam Kebakaran yang bekerjasama dengan Dayko saat itu mengumumkan bahwa nyawa Dayko tidak bisa diselamatkan. Warga Ekuador pun berduka atas kematiannya. Ia sudah dianggap pahlawan yang mempertaruhkan nyawanya sendiri untuk menyelamatkan para korban.

Loading...

Berikut foto-foto aksi Dayko saat menyelamatkan korban gempa. KLIK NEXT