Brilio.net - Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang digadang-gadang tampil di hari kedua gelaran IdeaFest 2016 ternyata batal hadir, Sabtu (24/9). Alhasil, rencana berkolaborasi dengan YouTubers pun gagal. Semula Jokowi dijadwalkan akan menjadi pembicara pada pukul 10.10 WIB di sesi Conference dan akan membawakan materi mengenai bakat dan potensi anak muda untuk membawa Indonesia naik level.

Yah lumayan lah masih bisa dengerin musik penampilan DJ.

Jokowi IdeaFest 2016 © 2016 brilio.net

foto: brilio.net/yani andryansjah

Namun dalam pantauan brilio.net, sejak pagi tak ada persiapan super ketat di sekitar lokasi penyelenggaraan. Cuma pengamanan umum yang dilakukan petugas pengamanan dalam gedung JCC Senayan. Maklum, umumnya jika presiden akan hadir di suatu acara, maka wilayah sekitar disterilisasi, termasuk menyiapkan pintu deteksi metal di pintu masuk. Namun hingga jadwal waktu yang ditentukan, tak ada kegiatan protokoler kepresidenan. Tak ada tanda-tanda Jokowi akan datang.

Udah nunggu dari pagi, Jokowi malah nggak jadi datang.

Jokowi IdeaFest 2016 © 2016 brilio.net

foto: brilio.net/yani andryansjah

Akhirnya acara Conference dibuka oleh Festival Director IdeaFest 2016, Chaerany Putri. Ia menyampaikan permohonan maaf kepada parta pengunjung sekaligus memberitahukan jika Presiden Jokowi nggak jadi hadir.

"Mungkin ada acara yang lebih penting ketimbang IdeaFest 2016. Namun, dengan ada atau tidak ada Presiden Jokowi, kami melanjutkan acara ini," katanya.

Festival Director IdeaFest 2016 Chaerany Putri membuka sesi Conference sambil mengumumkan batalnya kehadiran Jokowi.

Jokowi IdeaFest 2016 © 2016 brilio.net

foto: brilio.net/yani andryansjah

Padahal, para pengunjung ingin sekali melihat kolaborasi Jokowi dengan Youtubers. Tapi pengunjung tetap antusias mendengarkan pembicara lain seperti Anies Baswedan yang baru saja mendeklarasikan maju pada Pilkada DKI-1 dan Ridwan Kamil, Walikota Bandung. Dua tokoh ini juga nggak kalah keren dengan materi yang dibawakannya.