Brilio.net - Spa ikan merupakan cara perawatan tubuh, khususnya bagian kaki yang populer belakangan ini. Ikan yang digunakan pun ikan khusus yaitu Garra Rufa atau yang dikenal sebagai Doctor Fish. Ikan ini nantinya akan menggigit kulit-kulit mati yang ada di sekitar kaki sehingga membuat kulit halus dan sehat.

Spa ikan memang menyehatkan, tapi bukan berarti kamu bisa sembarang masuk ke tempat spa tersebut. Kamu sebagai pengguna juga harus teliti karena jika ikan yang digunakan bukan ikan jenis Garra Rufa, bisa jadi malah kamu terkena penyakit tertentu. Bukannya sehat malah jadi sakit.

Dilansir brilio.net dari laman worldofbuzz, seorang cewek asal New York, Amerika Serikat, menderita sebuah penyakit yang menyebabkan kuku kakinya rontok semua. Penyakit itu ia dapatkan setelah melakukan spa ikan.

spa ikan kondisi kaki miris © worldofbuzz.com

foto: worldofbuzz.com

Loading...

Ya, cewek 20 tahun ini terkena penyakit tersebut setelah enam bulan sebelumnya datang ke dan memasukkan kakinya ke sebuah kolam spa ikan. Ikan-ikan yang menggigit kakinya ini bukannya membuat kulit sehat, namun malah menyebarkan penyakit. Alhasil kuku kaki cewek ini rontok semua.

Rupanya kejadian serupa pernah beberapa kali terjadi. Melansir dari jurnal JAMA Dermatology, penyakit ini disebut onychomadesis. Penyakit tersebut bisa menyebar salah satunya dari spa ikan yang tidak menggunakan Garra Rufa. Onychomadesis menyebabkan kuku akan terkelupas dari kaki dan membutuhkan waktu yang lama untuk tumbuh kembali.

spa ikan kondisi kaki miris © worldofbuzz.com

foto: worldofbuzz.com

Merawat tubuh memang sangat diperlukan demi kesehatan. Namun jangan asal merawat, harus teliti sebelum melakukannya. Jangan sampai nasib tubuh yang dirawat malah jadi rusak, ya!