Brilio.net - Masa anak-anak adalah masa di mana harusnya menghabiskan waktu untuk belajar dan bermain. Namun, ternyata tak semua anak merasakan hal itu. Tak sedikit yang rela mengorbankan waktu belajar dan bermainnya karena suatu keadaan.

Seperti kisah yang baru-baru ini viral di media sosial TikTok tentang seorang anak perempuan yang sudah 8 tahun merawat ayahnya sakit stroke

Anak tersebut diketahui hanya tinggal berdua dengan ayahnya di Desa Lebakharjo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Video tersebut diunggah oleh akun TikTok @gerryprayudi pada (3/9) lalu.

Kisah anak perempuan rawat ayah stroke selama 8 tahun TikTok

foto: TikTok/@gerryprayudi

Dalam video yang berdurasi satu menit 18 detik tersebut pengunggah membagikan kisah seorang anak perempuan yang diketahui bernama Amel. Saat ini Amel berusia 13 tahun. Sejak usianya baru lima tahun, ia harus merawat ayahnya seorang diri. Bahkan, ia hanya tinggal bersama ayahnya sejak usia tiga tahun. Saat itu ibunya meninggalkan Amel tanpa kejelasan.

"Hidupnya Amel berat, tapi pundaknya jauh lebih kuat. Hatinya terluka, tapi wajahnya tersenyum manis," tulis pengunggah sebagai keterangan video, seperti yang telah brilio.net lansir dari akun TikTok @gerryprayudi, Selasa (6/9).

Kisah anak perempuan rawat ayah stroke selama 8 tahun TikTok

foto: TikTok/@gerryprayudi

Selama delapan tahun, Amel harus merawat ayahnya yang terkena penyakit stroke. Karena hal itu, setiap hari Amel harus melakukan berbagai pekerjaan rumah, seperti memasak, mencuci, menyuapi ayahnya hingga menyipkan segala kebutuhan sang ayah.

"Sejak umur 5 tahun, Amel harus merawat Ayahnya yg sakit stroke seorang diri," tulis pengunggah dalam cuplikan video.

Meskipun sedang stroke, sang ayah tetap bekerja untuk menghidupi dirinya dan anak perempuan satu-satunya tersebut. Sang ayah bekerja di pantai ditemani Amel. Dalam video itu, terlihat Amel tengah menuntun sang ayah yang tampak kesulitan berjalan akibat penyakit yang dideritanya.

Kisah anak perempuan rawat ayah stroke selama 8 tahun TikTok

foto: TikTok/@gerryprayudi

"Meskipun stroke dan susah jalan, sang ayah tetap bekerja di pantai Licin bantu-bantu nelayan, ditemani Amel," tutur pengunggah.

Kesibukannya sehari-hari membuat Amel kehilangan masa kecilnya untuk bersekolah dan bermain bersama teman-temannya. Oleh karenanya, ia sempat tak mau melanjutkan sekolah. Ia sudah dua tahun terakhir memilih untuk putus sekolah. Pemilik video mengatakan ia membujuk Amel untuk melanjutkan sekolah lagi. Bahkan, Amel diberi seragam dan peralatan sekolah.

"Kita beliin semua kebutuhan Amel dan akhirnya Amel mau sekolah lagi," lanjut si pengunggah.

Sampai pada akhirnya, Amel berjanji untuk rajin bersekolah meskipun harus membagi waktunya dengan mengurus pekerjaan rumah dan merawat sang ayah. Dan yang lebih mengharukan adalah, meskipun hidup serba kekurangan dan kehilangan masa kecilnya yang indah, Amel tetap tersenyum dan tidak pernah mengeluh bahkan menyerah dalam menjalani hidupnya.

Kisah anak perempuan rawat ayah stroke selama 8 tahun TikTok

foto: TikTok/@gerryprayudi

"Beberapa anak terlahir beruntung dibesarkan di tengah keluarga yg berkecukupan materi. Sebagiannya lagi lebih beruntung diberi hati dan tulang yang kuat untuk bisa berusaha sendiri," kata pengunggah menutup videonya.

Kisah mengharukan sekaligus menginspirasi ini sontak mengundang atensi warganet. Hingga kini video tersebut sudah ditonton sebanyak 3,4 juta kali dan menuai lebih dari 9.100 komentar beragam. Tak sedikit yang ikut terharu dengan kisah Amel, dan banyak juga yang mendoakannya agar menjadi anak yang sukses.

"Semoga kelak jadi orang hebat ya syg," tulis pemilik akun @giyashop.

"someday Allah akan angkat derajatmu nak. Aamiin," doa dari akun @phiphiets.

"knp aq nangiiiissss.....Amel alangkah kuat km nak memikul beban hidup ini...smg kelak kau bahagia," ungkap pemilik akun @maisya.111982.com yang ikut terharu dengan kisah hidup Amel.

"dia masih bisa tertawa, sungguh kuat km nak,,,malah sya yg menagis," komentar dari akun @jawasunda53.

"ya Allah... moga adik Amel di permudahkan urusannya dan di murahkan rizqinya amiiinn," doa dan harapan dari pemilik akun @kecik838.

@gerryprayudi Hidupnya Amel berat, tapi pundaknya jauh lebih kuat. Hatinya terluka, tapi wajahnya tersenyum manis #fyp suara asli - Gerry Prayudi