Brilio.net - Sama seperti kupu-kupu, katak juga melalui proses metamorfosis sempurna yang dimulai dari telur, kecebong, katak muda baru kemudian menjadi katak dewasa. Biasanya dari telur hingga menjadi kecebong, ukurannya hanya sebesar ikan-ikan kecil. Bahkan tidak jarang banyak yang salah mengira kecebong dengan ikan kecil.

Tapi apa jadinya jika kamu menemukan kecebong berukuran raksasa? Mungkin kamu akan terkecoh dan mengiranya sebagai ikan. Namun hal ini benar-benar terjadi, pasalnya seorang perempuan bernama Alina Downer tidak sengaja menemukan seekor kecebong berukuran raksasa.

kecebong raksasa © 2018 Twitter

foto: Twitter/@Afro_Herper

Relawan dari American Museum of Natural History's Southwestern Station (SWRS) ini tidak sengaja menemukan kecebong raksasa itu ketika dirinya tengah menyusuri lumpur setinggi lutut. Dilansir dari laman livingalongsidewildlife.com, Jumat (27/7), Alina awalnya mengira bahwa itu adalah seekor ikan, namun saat dilihat lebih jelas ia terkejut karena yang ditemukannya adalah seekor kecebong berukuran sangat besar.

kecebong raksasa © 2018 Twitter

foto: Twitter/@Afro_Herper

Kecebong yang kemudian diberi nama Goliath oleh tim peneliti ini menyita perhatian banyak orang setelah dibagikan melalui cuitan Earyn McGee. Pemilik akun Twitter @Afro_Herper ini merupakan seorang herpetologist (seseorang yang mendalami ilmu tentang reptil dan amfibi), karena rasa penasaran akhirnya ia mendatangi tempat dimana kecebong itu dirawat dan diteliti untuk melihat secara langsung.

kecebong raksasa © 2018 Twitter

foto: Twitter/@AlongsideWild

Dari cuitan yang diunggah pada 13 Juni 2018 itu diketahui bahwa Goliath memanglah seekor kecebong. Namun kecebong berukuran raksasa itu mengalami kelainan hormon yang tidak seimbang, sehingga tidak dapat berubah menjadi katak pada umumnya.

kecebong raksasa © 2018 Twitter

foto: Twitter/@Afro_Herper

Saking besarnya, kecebong raksasa ini bisa disamakan dengan ukuran sebuh pisang dan satu kaleng minuman soda. Bahkan kecebong yang diperkirakan berusia tiga tahun itu masih akan terus bertambah besar ukurannya.