Brilio.net - Pernahkah kamu melihat ular dengan warna dominan hijau cerah di semak atau pepohonan? Umumnya manusia yang melihat ular ini memilih untuk menghindarinya karena dianggap berbahaya. Namun apa yang dilakukan orang-orang dalam video ini malah sebaliknya. Mereka tak takut untuk mendekati ular itu bahkan mengambilnya satu per satu lalu dimasukkan ke dalam jala.

Jumlah ular yang berada di pohon tersebut diperkirakan mencapai puluhan ekor. Menurut netizen, video yang diunggah akun Dewa Chan ini juga menunjukkan jika ular hijau itu sengaja dipelihara.

"Ular ini diternak. Thailand & Vietnam ternak ini buat konsumsi dan obat kuat," tulis Dewa Chan seperti dikutip brilio.net, Senin (12/9).

Menurut laman iucnredlist.org, ular hijau tersbeut memang dapat ditemukan di Thailand, Vietnam, Myanmar, China, Hong Kong dan Indonesia (Jawa dan Sumatera). Trimeresurus albolabris atau akrab dipanggil ular truno bamban oleh masyarakat di Pulau Jawa ini termasuk keluarga Viper yang berbisa kuat dan mematikan.

"Kemungkinan untuk diternakkan (ular hijau di video), mengingat jarak pohon dengan tanah di sekitarnya tidak jauh serta di kelilingi pagar tembok tinggi dan dilengkapi parit. Untuk genus merujuk ke Trimeresurus. Untuk identifikasi sampai tingkat spesies harus dipastikan dengan menghitung sisik tubuh dan kepalanya. Distribusinya di Asia Tenggara, termasuk Thailand dan Vietnam," kata Hastin Ambar Asti, herpetologist di salah satu perusahaan konsultan lingkungan.

Hastin menambahkan jenis bisa ular ini hemotoxin yang cukup kuat. Efeknya bisa ini merusak sel darah merah dan menyebabkan rasa nyeri di titik gigitan, pusing serta sakit kepala. Selain itu bisa ular ini dapat masuk hingga ke ginjal manusia.

Berikut foto-foto ular hijau yang dipanen tersebut:

1. Puluhan ular berwarna hijau di pepohonan.

panen ular pohon © 2016 brilio.net

 

2. Ular ini meski bisanya mematikan diketahui sengaja diternak untuk dikonsumsi dan sebagai obat kuat.

panen ular pohon © 2016 brilio.net

 

3. Ular ini dikenal dengan nama truno bamban oleh masyarakat Jawa.

panen ular pohon © 2016 brilio.net

 

4. Nah, ini videonya: