Brilio.net - Sudah menjadi kelaziman sebagai orangtua untuk selalu memenuhi kebutuhan si kecil yang masih balita. Kebutuhan tersebut tak bisa ditunda-tunda. Tapi biasanya mengurus si kecil cukup merepotkan, sampai-sampai tak sempat keluar rumah untuk berbelanja.   

Apalagi saat ini kita dianjurkan untuk meminimalisir kegiatan di luar rumah. Tapi tak perlu gusar. Saat ini berbelanja online menjadi solusi. Nah dari sekian banyak e-commerce, moms bisa mengandalkan Toko SehatQ, fitur yang menyerupai marketplace online yang ada di platform konsultasi kesehatan SehatQ. Lantas apa saja sih kebutuhan si kecil yang harus selalu tersedia di rumah?

1. Popok sekali pakai

7 Kebutuhan bayi © 2021 brilio.netsgbuyersguide.com

Repot jika harus mengganti celana si kecil terus-menerus setiap kali ia buang air kecil atau buang air besar. Apalagi, intensitas buang air kecil si kecil bisa setengah jam sekali pada waktu newborn. Popok sekali pakai pun menjadi pilihan banyak orang agar lebih praktis mengurus si kecil.

Menggunakan popok sekali pakai nyatanya juga bisa mengurangi risiko infeksi pada si kecil karena area vitalnya tidak telanjur basah dalam jangka waktu lama tiap kali buang air kecil.

2. Sabun mandi

7 Kebutuhan bayi © 2021 brilio.netbabylist.com/Foto: @bricarroll22

Kulit bayi tidak sama sepereti orang dewasa. Moms sebaiknya memberikan sabun khusus bayi untuk membersihkan tubuh si kecil. Pilih sabun yang cocok untuk kulit bayi yang super sensitif dan cenderung mudah mengalami alergi.

3. Botol susu

7 Kebutuhan bayi © 2021 brilio.netcleanipedia.com

Tentunya moms perlu punya botol susu di rumah untuk wadah minum si kecil. Pemberian air susu ibu (ASI) perah pun bisa lebih mudah menggunakan botol susu.

4. Salep ruam

7 Kebutuhan bayi © 2021 brilio.netpampers.com

Pemakaian popok sekali pakai tidak jarang memberikan dilema. Pasalnya, bayi bisa berisiko mengalami ruam. Moms bisa mencegah dan menghilangkan ruam tersebut menggunakan salep ruam. Jika memungkinkan, konsultasikan terlebih dahulu pemakaiannya dengan dokter anak.

5. Minyak telon

7 Kebutuhan bayi © 2021 brilio.netbabyologist.com

Minyak telon biasa dipakaikan kepada bayi setiap kali habis mandi. Minyak telon bisa membuat tubuh anak menjadi lebih hangat. Pasalnya, tubuh bayi relatif lebih mudah merasa dingin.

6. Susu Formula

7 Kebutuhan bayi © 2021 brilio.nethappyfamilyorganics.com

Pemberian susu formula kepada bayi bukanlah hal tabu. Apalagi jika ASI moms tidak mencukupi dan berat badan bayi seret, pemberian susu formula sah-sah saja dan justru malah dianjurkan. Carilah susu formula yang cocok untuk bayi. Pertimbangkan komposisi juga reaksi si kecil. Jika aman, tetaplah pada merek susu tersebut dan jangan bergonta-ganti merek agar sang buah hati tidak perlu sulit beradaptasi dengan susu formula baru.

7. MPASI fortifikasi

7 Kebutuhan bayi © 2021 brilio.netparenting.firstcry.com

Untuk makanan si kecil di atas 6 bulan, moms memang bisa membuatnya sendiri di rumah. Tapi bisa juga memilih produk MPASI fortifikasi. Sebab MPASI fortifikasi jelas lebih praktis dan juga bisa membantu tumbuh kembang sang buah hati.

Salah satu keunggulan MPASI fortikasi adalah kandungan gizi yang lebih terukur dibandingkan moms mengira-ngira kandungan gizi saat harus membuat makanan homemade. Moms bisa membeli banyak jenis MPASI fortifikasi di SehatQ, mulai dari makanan utama ataupun camilan.

(brl/red)

(brl/red)