Brilio.net - Seni fotografi yang ngehits kini mulai merambah dunia anak-anak. Beberapa tahun terakhir, hobi foto bayi menjadi sesuatu yang banyak digemari orang. Berbeda dengan pemotretan orang dewasa, untuk mendapatkan foto bayi yang bagus ternyata membutuhkan perjuangan yang tidak mudah. Hal ini dikarenakan bayi tidak dapat menerima intruksi dari fotografer sehingga  harus sabar mengikuti tingkah sang bayi.

Meski cukup sulit, namun bukan berarti tidak bisa dilakukan. Banyak fotografer dunia berbagi teknik memotret bayi supaya tetap terlihat lucu dan menggemaskan. Seperti apa tipsnya? Intip yuk, 10 tips cerdas memotret bayi sebagaimana dilansir brilio.net dari Digital Photography School, Senin(4/4):

1. Tema foto

foto : pelfind.net

Tema foto juga berpengaruh untuk mendapatkan foto bayi yang menarik lho. Biasanya untuk pemotretan bayi memilih tema kostum atau pun tema dokumenter.

2. Sudut pandang foto

foto :www.pinterest.com

Loading...

Salah satu tantangan dalam pemotretan bayi adalah menemukan sudut pandang yang bagus. Ada tiga teknik yang sering digunakan yaitu Get Down Low, Close Ups dan Nursed Shots.

Teknik Get Down Low lebih kepada mengikuti berbagai tingkah bayi dan mengambil gambar keseluruhan gerak bayi setelah itu baru dipilih yang terbaik. Close Ups adalah teknik mengambil foto bayi dari dekat sedangkan Nursed Shots mencoba meletakkan bayi diberbagai tempat seperti duduk atau di atas bahu orangtuanya.

3. Gunakan mode makro

foto : funnygifmania.blogspot.com

Menggunakan mode makro sangat mendukung untuk pemotretan bayi sebab semakin detail lekuk tubuh bayi tergambarkan maka akan semakin menggemaskan foto yang dihasilkan. Detail seperti jemari, kaki, telinga dan mulut sangat baik untuk ditonjolkan dalam foto bayi.

4. Pilih momen yang tepat

foto : www.photosjunction.com

Mendapatkan foto yang memberikan kesan bayi bahagia dan tersenyum memang cukup sulit diperoleh. Namun kamu harus sabar menunggu momen tertentu di mana bayi akan kelihatan begitu ekspresif. Momen itu biasanya saat bayi mandi atau saat makan dan sebisa mungkin hindari memotret bayi saat bayi kelelahan di sore hari.

5. Selalu sediakan kamera saat bersama sang bayi

foto : beautifulfashionphotos0.blogspot.com

Suasana hati bayi memang tidak mudah untuk ditebak. Maka sebaiknya senantiasa membawa kamera saat bersama bayi sehingga kamu tidak akan kehilangan momen-momen menyenangkan untuk memfotonya.

 

Imut-imut ya, fotonya? KLIK NEXT untuk melihat yang lebih menggemaskan.

2 dari 2 halaman


6. Pengambilan gambar secara teratur

foto : hdwallpaperbackgrounds.net

Bayi mengalami perubahan setiap harinya terutama pada bulan-bulan pertama. Maka sebaiknya pemotretan bayi dilakukan dengan teratur sebelum terjadi perubahan yang signifikan.

7. Hindari editan airbrush yang berlebihan

foto : beautifulfunnybabies.blogspot.com

Yakin dan percaya bahwa foto bayi akan lebih cantik saat natural. Mungkin kamu menginginkan berbagai hal yang sempurna namun jangan sampai membuat bayi tampil tidak natural.

8. Gunakan warna yang terang

foto : www.funnypica.com

Memotret bayi diberbagai tempat yang memiliki warna akan memberikan kesan ceria.

9. Gunakan pencahayaan yang tidak langsung

foto : www.goodfon.su

Meski foto dengan pencahayaan maksimal akan memberikan hasil yang baik, tapi jangan sampai mengesampingkan kesehatan kulit bayi dengan menggunakan pencahayaan lampu yang menimbulkan panas. Apapun itu kulit bayi cukup sensitif dan tidak baik untuk cahaya yang berlebihan.

10. Gunakan mode pengambilan gambar otomatis

foto :www.goodfon.su

Dalam proses pemotretan bayi tidak bisa tinggal diam, jadi mode pengambilan gambar secara terus-menerus bisa sangat membantu.