1. Home
  2. ยป
  3. Wow!
4 Agustus 2022 22:42

Stakeholder adalah pemangku kepentingan, kenali perannya di perusahaan

Stakeholder adalah setiap kelompok di dalam atau di luar perusahaan yang memiliki peran dalam menentukan keberhasilan suatu perusahaan. Dewi Suci Rahmadhani
foto: unsplash.com

Brilio.net - Stakeholder adalah para pemangku kepentingan yaitu pihak atau kelompok yang berkepentingan baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap eksistensi atau aktivitas perusahaan. Stakeholder pada dasarnya dapat mengendalikan atau memiliki kemampuan untuk memengaruhi pemakaian sumber-sumber ekonomi yang digunakan oleh perusahaan.

Oleh karena itu, kekuatan stakeholder ditentukan oleh besar kecilnya kekuatan yang dimiliki stakeholder atas sumber tersebut. Kekuatan tersebut dapat berupa kemampuan untuk membatasi pemakaian sumber ekonomi, akses terhadap media yang berpengaruh, serta kemampuan untuk mengatur perusahaan.

BACA JUGA :
Inventaris adalah semua barang milik institusi, ini penjelasannya


Teori stakeholder menyatakan bahwa perusahaan memiliki pihak yang mempunyai kepentingan terhadap perusahaan meliputi konsumen, karyawan, pemasok, pemerintah, dan masyarakat sekitar.

Nah untuk mengetahui penjelasan yang lebih rinci mengenai stakeholder, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Kamis (4/8).

BACA JUGA :
Arti visi dan misi, ketahui pengertian, perbedaan, dan manfaat

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags