1. Home
  2. ยป
  3. Wow!
17 Agustus 2022 22:45

Pengertian teater, ketahui jenis-jenis, fungsi, dan unsurnya

anggung teater juga bisa dianggap sebagai salah satu representasi dari "sikap" sosial-politik masyarakat di mana seni berproses. Dewi Suci Rahmadhani
foto: unsplash.com

Brilio.net - Seni teater mengandung pengertian sebagai sebuah bentuk penampilan atau penyajian seni pentas yang menggunakan kisah atau cerita baik secara lisan maupun tertulis yang diungkapkan dengan gerakan baik suara, nyanyian, atau tari yang diiringi oleh musik. Teater merupakan seni kolektif yang melibatkan lebih dari satu orang di dalamnya.

Seni teater juga merupakan tindakan ekspresif yang memperlihatkan gejolak rasional dan emosional seorang teaterawan dalam bentuk artistik panggung. Panggung teater juga bisa dianggap sebagai salah satu representasi dari "sikap" sosial-politik masyarakat di mana seni berproses dan mendapatkan audiensnya.

BACA JUGA :
4 Fakta Indonesia Menuju Broadway 2021, jalan ke panggung dunia


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teater adalah gedung atau ruangan tempat pertunjukan film, sandiwara, dan sebagainya. Teater bersifat profan untuk memenuhi salah satu kebutuhan manusia terhadap naluri estetiknya.

Untuk mendapatkan penjelasan yang lebih rinci mengenai teater, berikut brilio.net merangkumnya dari berbagai sumber pada Rabu (17/8).

BACA JUGA :
Taksu Ubud, cara seniman Ubud ekspresikan rasa pada alam dan pencipta

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags