1. Home
  2. ยป
  3. Wow!
14 September 2022 09:23

Pengertian mukjizat menurut Islam, ketahui unsur-unsur dan jenisnya

Mukjizat adalah apa yang dibawa oleh seorang manusia yang memperoleh penguatan dari Allah dan tidak mampu didatangkan oleh orang lain. Dewi Suci Rahmadhani
Unsur-unsur mukjizat

Unsur-unsur mukjizat.

foto: Unsplash/Zwaddi

BACA JUGA :
Pengertian wakaf dalam Islam beserta syarat, rukun, dan tujuannya


Terdapat beberapa unsur yang terdapat di dalam mukjizat yaitu sebagai berikut:

1. Mukjizat harus berupa peristiwa luar biasa. Terdapat hal yang luar biasa tetapi tidak dikatakan sebagai mukjizat karena kejadiannya merupakan sesuatu yang biasa. Hal ini sebagaimana peristiwa alam yang terjadi setiap hari. Setiap yang dikatakan mukjizat adalah sesuatu yang luar biasa dan keadaannya tidak dapat dipelajari.

2. Mukjizat harus disampaikan oleh para nabi. Kejadian yang luar biasa mungkin terjadi kepada nabi atau kepada orang yang taat beribadah kepada Allah. Adapun kejadian luar biasa yang terjadi kepada seseorang yang kelak menjadi nabi dikatakan sebagai irhash.

BACA JUGA :
Pengertian akhlak menurut Islam beserta ruang lingkup dan jenisnya

3. Mukjizat harus mengandung tantangan terhadap yang meragukan kenabian. Tantangan yang dikemukakan seseorang mungkin saja dilakukan saat menjadi nabi atau sebelum menjadi nabi. Hal yang perlu diperhatikan adalah kandungan tantangan tersebut harus sejalan dengan ucapan nabi.

4. Mukjizat tidak bisa dilawan atau dikalahkan dari para penentangnya.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags